Ilustrasi kesejahteraan (Sumber gambar: Unsplash/Morgan Housel)

5 Cara Menabung untuk Menyiapkan Masa Tua yang Sejahtera

30 July 2022   |   17:54 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Menabung pangkal kaya. Demikian istilah yang sering terdengar sejak lama. Jika seseorang ingin kaya, salah satu caranya adalah dengan menabung. Namun, bukan hanya urusan mengumpulkan uang, menabung juga merupakan jalan agar masa tua tidak mengalami kesusahan. 

Menabung sepatutnya dilakukan sejak masih muda, ketika masih produktif bekerja dan memiliki penghasilan setiap bulannya. Sebab, bagaimana pun seseorang akan bertambah umur setiap tahunnya dan memasuki masa tua. Ketika pada fase ini, seseorang tidak lagi produktif bekerja karena staminanya sudah mulai menurun. 

Baca juga: First Jobber, Ini Tips Menabung untuk Kalian

Oleh sebab itu, menabung menjadi penting untuk mempersiapkan masa tua. Menjelang masa pensiun, kebutuhan pastinya tidak akan berhenti sehingga perlu perencanaan keuangan untuk mengantisipasi hal tersebut. Lalu bagaimana cara menabung untuk masa tua. Dihimpun dari Bisnis Indonesia Weekend edisi 25 September 2017, berikut ulasannya: 
 

1. Sisihkan Penghasilan

Bila sekarang ada niat untuk menabung, sebaiknya segera wujudkan. Sisihkan sebagian dari pendapatan untuk tabungan setiap bulannya. Setidaknya 20 persen dari penghasilan untuk tabungan masa tua. 
 

2. Tekan Pengeluaran

Bukan persoalan mudah untuk menabung, jika masih banyak kebutuhan yang dirasa belum terpenuhi. Salah satu cara untuk bisa menabung adalah dengan menekan biaya pengeluaran sehari-hari agar tidak terlalu besar. Dari upaya penghematan itu akan menghasilkan uang yang bisa dialokasikan untuk menabung. Contoh sederhana, yaitu mengurangi intensitas makan di restoran agar tidak ada pengeluaran berlebih untuk makan. 
 

3. Tentukan Tujuan

Menabung haruslah memiliki tujuan. Sebab tujuan ini yang akan memotivasi seseorang untuk menabung. Contohnya, mendirikan usaha di masa depan, pergi Umrah dan bahkan untuk investasi. Bisa saja ketika memasuki pensiun, seseorang akan terjun ke dunia usaha untuk mengisi hari-hari tuanya. 
 

4. Asuransi

Asuransi diperulkan karena akan bertindak sebagai penjamin hidup. Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, asuransi sebaiknya juga diikuti supaya kehidupan jauh lebih nyaman dan aman terutama menjelang masa tua nanti. 

Baca juga: Bisnis Lapis Legit Usai Pensiun, Wanita Ini Raup Omzet Ratusan Juta Perbulan
 

5. Mulai Berinvestasi

Begitu terbiasa menabung, membayar asuransi, maka cobalah berinvestasi. Tujuannya supaya mendapat keuntungan. Ada berbagai cara untuk berinvestasi seperti investasi emas, saham atau reksa dana. Sepatutnya pilih jenis investasi yang berpeluang mendatangkan keuntungan maksimal dan aman. 

 

SEBELUMNYA

Cara Meningkatkan Kebiasaan Literasi Anak

BERIKUTNYA

Promosikan Lifestyle Vegan, MARHEN J Produksi Tas dari Kulit Apel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: