Thunderbird (sumber gambar Modzilla)

Layanan Email Thunderbird Siapkan Versi Ponsel

28 July 2022   |   18:42 WIB

Genhype butuh alternatif untuk membuat email? Sebenarnya, cukup banyak layanan email di luar yang biasa dipergunakan, khususnya aplikasi bawaan sistem operasi. Salah satunya adalah Thunderbird. Layanan itu kini siap merilis untuk aplikasi ponsel.

Thunderbird saat ini merupakan salah satu pilihan banyak orang sebagai aplikasi email atau surat elektronik (surel) di komputer pribadi. Aplikasi yang dirilis oleh Mozilla ini tersedia untuk banyak sistem operasi (Windows, macOS, Linux), dan memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan aplikasi bawaan Windows dan macOS.

Karena Thunderbird dari awal dikembangkan sebagai aplikasi desktop, sampai baru-baru ini aplikasi ini tidak tersedia untuk ponsel. Pengguna ponsel yang ingin memakai aplikasi surel alternatif harus mencari opsi lain.
 
Kmail/tangkapan layar
Pengembang Thunderbird baru saja mengumumkan bahwa mereka akan merilis Thunderbird untuk Android. Namun mereka tidak akan mulai dari nol. Pengembang Thunderbird berencana untuk mendasarkan aplikasi baru ini pada aplikasi yang sudah ada, yaitu K9 Mail.

Pengembang K9 Mail sudah direkrut menjadi pengembang Thunderbird, dan aplikasi surel ponsel tersebut nantinya akan berganti nama menjadi Thunderbird for Android. Namun perubahan ini tidak akan langsung terjadi sebelum dilakukan perubahan desain, fungsi, dan antarmuka K9 Mail agar setara dengan Thunderbird di desktop.

Sumber Terbuka

Seperti juga Thunderbird, K9 Mail adalah aplikasi sumber terbuka. Sumbernya bahkan sebenarnya berasal dari proyek Android itu sendiri, yaitu aplikasi surel Android yang sudah dimodifikasi.

Kebanyakan ponsel Android sendiri lebih banyak menggunakan aplikasi Gmail (dari Google) atau aplikasi buatan vendor ponsel itu sendiri.

Saya sebelumnya sudah pernah mencoba K9 Mail sebelum kembali ke aplikasi Gmail. Namun setelah mengetahui bahwa aplikasi ini akan menjadi dasar Thunderbird for Android, saya kembali memasangnya untuk melihat perkembangannnya saat ini.

Antarmukanya sendiri saat ini belum banyak berubah, meskipun ini mungkin akan lain ceritanya dalam beberapa bulan ke depan. Antarmukanya masih mirip dengan aplikasi Android generasi awal (Android 2.0-4.0). Namun di sisi lain, K9 Mail lebih ringan dan kompak bila dibandingkan dengan aplikasi seperti Gmail.

Berbeda dengan Gmail yang saat ini juga merangkap sebagai aplikasi chat, K9 Mail saat ini hanya berfungsi sebagai aplikasi surel. Belum ada rencana untuk menambahkan fitur lain seperti kalender yang ditemukan di Thunderbird versi desktop.

Pada saat ini K9 Mail mendukung akun surel jenis IMAP (Internet Mail Access Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol version 3).  Karena itu aplikasi ini bisa digunakan dengan kebanyakan layanan surel publik yang tersedia saat ini. Namun K9 Mail tidak mendukung Microsoft Exchange.

Pengguna K9 Mail yang hendak memakai aplikasi ini dengan akun Google akan mengalami kesulitan, karena aplikasi ini belum mendukung otentikasi Google. Kita masih bisa mengakses akun Google sebagai akun IMAP biasa dengan nama pengguna dan kata sandi.

Namun bila Anda menggunakan otentikasi dwifaktor, K9 Mail hanya bisa digunakan dengan skema aplikasi khusus untuk aplikasi (app password). Karena itu proses pembuatan akun pada awalnya agak sedikit merepotkan.

K9 Mail mendukung enkripsi surel menyeluruh (end-to-end encryption) dengan bantuan aplikasi terpisah (Open Keychain).

Mengingat bahwa saat ini enkripsi menyeluruh sudah jadi fitur terintegrasi dari Thunderbird versi desktop, ada kemungkinan aplikasi tambahan ini tidak akan diperlukan lagi di masa datang. Namun sementara ini, bila Anda membutuhkan enkripsi, Anda harus memasang aplikasi tambahan.

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Tips Membangun Impresi Kuat pada Hari Pertama Kerja 

BERIKUTNYA

Waspadai, Ini Tipe-tipe Hepatitis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: