Bung Karno memberikan pidato sambutan pada Rapat Raksasa di Solo, Jawa Tengah, 17 Mei 1947 (Sumber gambar: ANRI)

Mengenal Sarinah, Sosok Pengasuh Bung Karno saat Kecil

27 July 2022   |   07:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like

Sarinah di Mata Bung Karno

Dalam otobiografinya, Bung Karno Penjambung Lidah Rakjat Indonesia, yang disusun oleh Cindy Adams, Bung Karno mengungkapkan bahwa Sarinah adalah gadis pembantu keluarga orang tuanya yang turut berjasa dalam membesarkannya.

"Sarinah adalah bagian dari rumah tangga kami. Tidak kawin. Bagi kami, dia adalah seorang anggota keluarga kami. Dia tidur dengan kami, tinggal dengan kami dan memakan apa yang kami makan. Akan tetapi dia tidak mendapat gaji sepeser pun," ujar Bung Karno.

Menurut Bung karno, dari Sarinah lah dia mengenal dan belajar tentang arti cinta kasih. Terutama yang berkaita dengan kecintaan kepada rakyat jelata. Bung Karno ingat saat memasak di gubuk kecil dekat rumah orang tuanya, Sarinah kerap berbicara kepada Bung Karno kecil yang duduk di sebelahnya mengenai cinta kasih.

"Karno, yang utama kamu harus mencintai ibumu. Akan tetapi kemudian engkau harus mencintai rakyat jelata. Engkau harus mencintai manusia pada umumnya," kata Sarinah.

Begitu dekatnya Bung Karno dan Sarinah hingga saat tidur pun, Bung Karno kecil tak pernah bisa lepas dari perempuan sederhana tersebut. Ke mana pun Sarinah pergi, anak lelaki itu selalu menguntitnya.

"Bagiku dia adalah satu kekuasaan yang paling besar dalam hidupku," kata Bung Karno.

Editor: Fajar Sidik 
1
2


SEBELUMNYA

Ramai-Ramai Patenkan Citayam Fashion Week, Apa Itu HAKI?

BERIKUTNYA

Calon Kreator Konten Merapat! Kuy Ikutan Kelas Podcast Gratis dari Noice

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: