Herstori by Esensia, salah satu brand lokal di Sarinah (Sumber gambar : Nina Nugroho)

Sarinah Kini Menjadi Panggung Unjuk Gigi Produk Dalam Negeri

24 July 2022   |   20:53 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype sudah pernah berkunjung ke Sarinah usai berganti wajah baru? Ya mal pertama di Indonesia ini kembali beroperasi, tampil cantik sebagai etalase Indonesia usai diresmikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Juli 2022.

Fetty Kwartati, Direktur Utama Sarinah mengatakan bahwa Sarinah sebelumnya sudah melaksanakan soft opening ceremony sejak   21 Maret 2022, sehingga masyarakat sudah dapat menyaksikan dari dekat Sarinah  yang kini tampil lebih modern dan kekinian itu.

Menurut Fetty, Sarinah merupakan representasi etalase produk dalam negeri, karena menempati posisi strategis di jantung ibu kota DKI Jakarta. Dicanangkan pada 17 Agustus 1962  dengan luasan awal 28.864 m2, kini Sarinah menempati area luasan 32.506,6 m2.

Baca juga: Intip Wajah Baru Sarinah yang Lebih Kekinian

Sarinah kini dilengkapi dengan ruang terbuka hijau yang sengaja dihadirkan sebagai spot bersantai, menikmati pertunjukan musik, dan berbagai kegiatan oleh para pengunjung.

Meski tampil modern, tetapi ruh Sarinah untuk menjaga keutuhan warisan para pendiri bangsa tetap dipertahankan dengan etnik dan budaya yang kental, terutama interior gedung, dengan sentuhan modern yang estetik.

Lebih lanjut Fetty mengatakan sejak 2020 awal dimulai renovasi, pihaknya telah mengonsep ulang bisnis modelnya, menyegarkan kembali brand Sarinah hingga melakukan kurasi produk. Transformasi tersebut  diharapkan  mengembalikan Sarinah kepada kejayaannya saat pertama kali didirikan.

“Bicara  mengenai Sarinah, yaitu  sebagai departemen store pertama di Indonesia, pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, dan gedung pencakar langit pertama di Indonesi. Secara sejarah saja sudah sangat kaya, bahwa saat itu presiden Soekarno membangun Sarinah dengan maksud agar mempunyai wadah untuk mempromosikan produk-produk  Indonesia yang dihasilkan oleh masyarakat agar  menjadi pelepor ekonomi kerakyatan,” ungkapnya, dalam acara Nina Nugroho Solution #gerakanakuberdaya

Dia menambahkan, per Juni 2022, Sarinah telah menggandeng 500 mitra usaha dan memiliki cabang di enam titik, yaitu Sarinah De Braga, Bandung; Sarinah Banyumanik, Semarang; Sarinah Basuki Rahmat, Malang; Sarinah Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali; Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, dan Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin.
 

Brand lokal

Sarinah juga menjadi etalase bagi brand lokal untuk memperkenalkan produk mereka secara luas. Salah satu brand yang berkesempatan memamerkan produknya di etalase Sarinah, tepatnya di lantai 2  adalah Herstori by Esensia, brand terbaru dari Nina Nugroho
 

Brand herstori by esensia (sumber gambar : Nina Nugroho)

Brand herstori by esensia (sumber gambar : Nina Nugroho)



Kekuatan Herstori by Esensia ada pada kolaborasi antara fashion dengan sejarah. Sebuah terobosan baru yang belum pernah ada selama ini di mana Nina Septiana, Desainer brand Nina Nugroho sekaligus inisiator gerakan #akuberdaya menggandeng Sinta Ridwan.

Dia adalah seorang filolog dan mahasiswi S-3 Arkeologi muda yang mengkonsentrasikan dirinya pada upaya mengalihwahanakan hasil risetnya mengenai sejarah masa lalu yang terbaca dalam manuskrip kuno yang menjadi keahliannya.

Herstori adalah riset yang dilakukan secara mendalam. Tidak hanya dilakukan berdasarkan catatan sejarah yang telah terbukukan dalam sejumlah literatur, melainkan juga melalui manuskrip kuna dan terjun langsung mengunjungi situs peninggalan para perempuan berdaya tersebut.

‘’Selama ini sejarah perempuan Indonesia seolah terpinggirkan, kita sulit menemukan catatan mengenai mereka yang ternyata sejatinya adalah figur luar biasa. Tidak hanya di dalam keluarga, tetapi juga di panggung politik, ekonomi, agama, budaya dan sosial di lingkungan sekitarnya,’’ terang Nina Septiana.

Sosok yang diangkat adalah mereka yang meninggalkan bukti-bukti budaya, kehebatan, pemikiran, upaya dan perjuangannya sebagai sosok yang berperan penting bagi segala aspek kehidupan. 

Baca juga: Distrik Seni Sarinah Diharapkan Dapat Bangkitkan Gairah Seni Rupa di Jakarta

Nina Septiana berharap melalui Herstori, perempuan millenial akan tergugah kesadaran dan kecintaan mereka pada sejarah. Pada akhirnya akan menjadikan figur hebat tersebut sebagai inspirasi bagi masa kini dan masa depannya, saat berkarya dan berupaya melejitkan keberdayaannya sendiri.

Penasaran apa saja produk yang ada di Sarinah? Yuk Genhype, kita berkunjung ke satu-satunya pusat perbelanjaan yang berstatus cagar budaya ini.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Memahami Kecemasan Anak Cacat Wajah

BERIKUTNYA

Ini Alasan Pentingnya Merencanakan Kehamilan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: