Ilustrasi (Sumber gambar: George Milton/Pexels)

Calon Kreator Konten Merapat! Kuy Ikutan Kelas Podcast Gratis dari Noice

27 July 2022   |   07:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Belakangan ini, profesi content creator atau kreator konten kian populer. Salah satu faktornya adalah profesi satu ini tidak terbatas usia dan siapapun dapat menjadi pembuat konten. Salah satu konten yang bisa kalian tekuni adalah konten audio seperti podcast.

Sebelum mulai membuat konten podcast, tentu penting untuk memiliki ilmunya. Bagi kalian yang ingin mencoba, platform konten audio, Noice, resmi menghadirkan Noicemaker Academy melalui program Kelas Podcast, sebuah wadah edukasi online gratis yang akan membantu para kreator pemula untuk merealisasikan mimpinya berkarya di industri konten audio. 

Baca juga: Mau Jadi Kreator Konten Memasak? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Lewat Kelas Podcast, para kreator pemula berkesempatan mendapat edukasi langsung dari podcaster ternama Adriano Qalbi, yang juga dikenal sebagai Bapak Podcast Indonesia, serta tim konten di Noice, mengenai seluk beluk dunia podcast, cara memproduksi konten yang baik, hingga cara monetisasi konten.

Banyak Talenta Muda
Co-Founder & CBO Noice, Niken Sasmaya, mengungkapkan selama berkecimpung di dunia podcast, pihaknya bertemu banyak kreator pemula dari berbagai daerah di Indonesia dengan talenta luar biasa.

Dengan dukungan dari ekosistem yang ada, menurutnya, mereka akan mampu mendapat akses untuk mengembangkan karyanya hingga dapat menekuni secara serius kariernya di dunia konten audio.

Lewat pengembangan keahlian dan pengetahuan yang dibalut dalam program Noicemaker Academy, pihaknya ingin menemukan dan merangkul lebih banyak lagi bibit-bibit konten kreator audio berkualitas dari berbagai daerah untuk bisa membangun kesuksesan mereka, dan bahkan bisa bersaing dengan podcaster ataupun public figure besar lainnya," kata Niken.

Kelas Podcast sendiri dapat diikuti oleh siapapun secara gratis. Sebagai langkah awal, akan digelar Kelas Podcast online pertama pada tanggal 31 Juli 2022. Adapun, para kreator pemula yang ingin mengetahui informasi dan mendapatkan edukasi seputar cara membuat podcast yang berkualitas dapat melakukan pendaftaran pada laman bit.ly/noiceclass1.
 


Dalam Kelas Podcast kali ini, akan hadir Adriano Qalbi, yang juga merupakan podcaster Noice Original Musuh Masyarakat serta Happy Broken Family, sebagai pembicara yang akan membagikan tips dan trik untuk memproduksi konten podcast dari Abe Adzka selaku Noice Original Lead dan Fajrin Sahaf selaku Noice Creator Program Lead. 

Menurut Adriano Qalbi, podcaster Noice Original Musuh Masyarakat & Happy Broken Family, banyak konten kreator yang bingung mau memulai kariernya dari mana, dan berujung  memulainya secara otodidak dari awal yang melewati banyak trial & eror.

Kelas Podcast
Program Kelas Podcast seperti ini, lanjutnya, bertujuan untuk  mengarahkan dan memberikan edukasi bagi para konten kreator audio khususnya pemula agar mereka bisa memiliki bekal pengetahuan dasar seputar pembuatan podcast yang berkualitas, dengan harapan kedepannya mereka bisa mengembangkan konten  dengan lebih baik dan memahami karakteristik pendengarnya.

Selain itu, Adriano juga mengatakan berkarya di medium konten audio seperti podcast dan audiobook bisa menjadi alternatif bagi para kreator yang tidak percaya diri jika berkarya di ranah visual, yang cenderung mengandalkan penampilan fisik.

"Ini bisa menjadi alternatif yang tepat karena tidak mengandalkan performa fisik dan lebih sederhana dalam proses produksinya. Tetapi tentunya tetap diperlukan skill untuk bisa menghasilkan konten yang berkualitas," ujarnya.

Adapun, para kreator juga dapat mengakses materi lengkap mengenai pembelajaran podcast melalui laman https://academy.noice.id/. Selain itu, para kreator yang mengikuti online workshop pun berkesempatan untuk selanjutnya mengunggah konten mereka di Noice melalui link RSS di platform Noicemaker Studio https://studio.noice.id/. 

Setelah kontennya tersedia di Noice, para kreator secara resmi bergabung ke dalam ekosistem kreator Noice, dan berkesempatan untuk mendapatkan beragam bentuk dukungan mulai dari keikutsertaan di event bulanan Noice, dibimbing langsung oleh mentor andal untuk bisa mengembangkan kualitas konten, hingga mendapatkan modul edukasi khusus seputar cara memproduksi podcast yang baik.

Niken pun mengatakan program Kelas Podcast ini merupakan awal dari rangkaian program terintegrasi Noicemaker Academy telah disiapkan. Setelah ini, pihaknya akan mendatangi langsung para kreator di berbagai daerah melalui offline roadshow Noicemaker Academy dan rangkaian kelas podcast di Bandung, Makassar dan Jakarta serta akan berlanjut di kota-kota lainnya.

Di akhir program ini, papar Niken, akan ada kompetisi podcast yang memberikan panggung bagi para konten kreator untuk unjuk bakat lewat karya mereka dalam format audio.

"Kegiatan ini sekaligus menjadi misi penting kami di tahun ini untuk menemukan talenta-talenta lokal terbaik yang akan semakin mendorong pertumbuhan ekosistem konten audio Tanah Air,” tambah Niken.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Mengenal Sarinah, Sosok Pengasuh Bung Karno saat Kecil

BERIKUTNYA

Serial Live Action Percy Jacksons and the Olympians Siap Tayang 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: