Menjadi seorang pengusaha harus rajin membaca buku (Sumber gambar: Unsplash/ Ben White)

5 Rekomendasi Buku Wajib Buat Kalian Para Calon Founder Startup

26 July 2022   |   17:33 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Ketika kalian baru saja memulai bisnis sendiri terutama perusahaan rintisan, tidak semuanya bisa dipelajari di tempat kerja. Jadi, sangat penting untuk mencari nasihat dari literasi-literasi, terutama saat pertama memulai.
Boleh dibilang salah satu investasi terbaik adalah membaca buku.

Tidak peduli apa tahap dan tujuan bisnis kalian, meluangkan waktu untuk membaca dan mendidik diri sendiri akan menjadi hal terbaik yang Anda lakukan untuk diri sendiri dan bisnis.

Ada begitu banyak buku yang harus dibaca bila kalian ingin menjadi pengusaha andal. Namun, untuk langkah pertama dari perjalanan kalian menjadi founder dan leader perusahaan rintisan, Hypeabis memilihkan buku-buku wajib untuk dibaca.

Baca juga5 Rekomendasi Buku Buat Kalian yang Ingin Belajar Investasi Saham

5 buku dibawah ini akan membantu kalian mengambil langkah selanjutnya sebagai chief executive officer (CEO) yang penuh percaya diri.
 

1. The Mom Test: How to Talk to Customers and Learn If Your Business is a Good Idea when Everyone is Lying to You, Rob Fitzpatrick

 

The Mom Test: How to Talk to Customers and Learn If Your Business is a Good Idea when Everyone is Lying to You (Sumber gambar: Goodreads)

The Mom Test: How to Talk to Customers and Learn If Your Business is a Good Idea when Everyone is Lying to You (Sumber gambar: Goodreads)

Buku yang pertama rilis 2013 ini mengajarkan untuk tidak bertanya pada ibu kalian mengenai ide bisnis yang ingin kalian wujudkan. Sebab, ibu sangat menyayangi kalian, maka dia bisa saja berbohong untuk menyenangkan hati kalian.

Orang-orang yang dekat dengan kalian cenderung tidak memberikan jawaban yang benar atas pertanyaan kalian, karena tidak ingin menyakiti perasaan. Oleh sebab itu, penting untuk dipahami bahwa mengajukan pertanyaan yang tepat sama pentingnya dengan mendengarkan jawaban.

Baca juga5 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Kamu yang Hobi Membaca

The Mom Test: How to Talk to Customers and Learn If Your Business is a Good Idea when Everyone is Lying to You akan menjelaskan bagaimana kalian dapat menghindari kesalahan saat berbicara dengan pelanggan, serta menggunakan komunikasi dengan pelanggan untuk keuntungan perusahaan.

Pelajaran utama yang diperoleh dari The Mom Test: How to Talk to Customers and Learn If Your Business is a Good Idea when Everyone is Lying to You adalah untuk tidak menyampaikan ide kalian pada pelanggan, gali dan berikan banyak pertanyaan hingga kalian memperoleh fakta dan data, jangan hanya mendengar opini, dan yang paling penting compliments means nothing.
 

2. The Lean Startup, Eric Reis

 

The Lean Startup (Sumber gambar: Goodreads)

The Lean Startup (Sumber gambar: Goodreads)

Buku Lean Startup (2104) menggambarkan startup sebagai organisasi yang didedikasikan untuk menghasilkan produk, layanan, business plan, atau peluang pasar baru. Buku ini menjelaskan bagaimana kalian dapat menggunakan metode ilmiah baru yang lebih efektif untuk untuk membangun startup di tengah kondisi yang penuh dengan ketidakpastian.

Penulis Lean Startup, Eric Ries yang merupakan entrepreneur dan penulis blog populer ini menerjemahkan metode yang akan membantu para enterpreneur untuk mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan dan mana yang harus segera disingkirkan dalam membangun sebuah startup

Beberapa hal yang bisa kalian ketahui dari buku The Lean Startup, misalnya kenapa perusahaan rintisan harus membangun manajemen gaya baru agar sukses, bagaimana cara uji coba dan evaluasi startup di tengah pasar, kenapa pengusaha sebaiknya mencoba produksi skala kecil terlebih dahulu, hingga bagaimana agar startup dapat tumbuh.
 

3. Fast Forward, Martin Giese & Matthias Hilpert

 

Fast Forward (Sumber gambar: Amazon)

Fast Forward (Sumber gambar: Amazon)

Fast Forward adalah buku hebat yang didedikasikan untuk membantu kalian menemukan, mendapatkan, dan mempertahankan pelanggan. Dengan strategi penjualan business to business, pembaca akan belajar bagaimana menumbuhkan pendapatan bisnis.

Ditulis oleh Martin Giese dan Matthias Hilpert, dua pakar startup berpengalaman, buku ini mengulas pengalaman 40 tahun lebih pendiri startup, CEO, eksekutif senior, dan mentor di bidangnya. Fast Forward juga mencakup saran dari lebih dari 30 pendiri startup B2B tingkat atas yang pastinya penting untuk Anda tahu.
 

4. Crossing the Chasm, Geoffrey A. Moore

 

Crossing the Chasm (Sumber gambar: Amazon)

Crossing the Chasm (Sumber gambar: Amazon)


Buku ini merupakan buah pikiran dari Geoffry A. Moore, dengan edisi pertama terbit pada 1991 dan edisi paling terbaru (ke-3) terbit pada 2014.  Crossing the Chasm adalah salah satu buku langka yang harus dibaca oleh setiap calon entrepreneur di bidang teknologi. sebelum menjadi seorang co-founder.\

Buku ini memberikan kerangka yang sempurna untuk melihat momen yang akan kita hadapi dengan Industri 4.0. Crossing the Chasm juga menunjukkan bagaimana perjalanan dari sebuah perusahaan rintisan teknologi dari masa merintis yang berfokus pada pengembangan teknologi hingga akhirnya berhasil menguasai mayoritas pasar.

Di dalam perjalanan tersebut, ada sebuah fase yang sangat kritis yang membuat banyak perusahaan rintisan akhirnya gugur di fase ini. Untuk melewati periode kritis tersebut, Moore menyampaikan strategi yang dapat dapat diimplementasikan perusahaan.

Cara penyampaiannya juga sangat menarik karena strategi dituliskan seperti bahasa novel yang membuat pembaca berimagimansi sehingga mempermudah mereka untuk mempraktikkannya.
 

5. Disciplined Entrepreneurship, Bill Aulet

 

Disciplined Entrepreneurship (Goodreads)

Disciplined Entrepreneurship (Goodreads)

Pertama kali dirilis pada 2013, Disciplined Entrepreneurship akan mengubah cara berpikir kalian tentang memulai bisnis. Dengan 24 langkah yang telah terbukti, buku ini menguraikan langkah-langkahnya sehingga siapa pun dapat mempelajari dan menerapkannya untuk membangun perusahaan rintisan yang sukses.

Baik pengusaha pemula atau yang sudah berpengalaman, Disciplined Entrepreneurship akan memandu kalian membuat produk yang diinginkan orang.

Baca juga7 Buku Inspiratif untuk Momen Hari Perempuan Internasional

Tak hanya untuk dibaca oleh enterpreneur yang menginginkan kesuksesan dalam membangun perusahaan rintisan, buku-buku ini juga penting dibaca para pengembang produk dan mahasiswa atau siapa saja yang ingin menekuni dunia startup. Memulai bisnis tidak harus berlebihan, tapi membaca ke lima buku ini akan membantu kalian agar tidak terjebak hanya pada satu problem saja. 

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Ini Manfaat Aerobik Untuk Alzheimer

BERIKUTNYA

2 Mobil Baru Mazda Siap Meluncur dengan Kisaran Harga Rp330 juta-Rp790 juta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: