Dior Couture Autumn-Winter 2022-2023 by Maria Grazia Chiuri. (Sumber gambar: Dior)

Mengenal Istilah Haute Couture dalam Dunia Mode

25 July 2022   |   18:07 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Genhype, ada yang tahu arti dari istilah haute couture? Sebagian dari kalian mungkin sudah paham bahwa secara harfiah, dalam bahasa Prancis haute berarti tinggi dan couture berarti menjahit. Untuk mengartikannya dalam bahasa yang lebih sederhana, ini adalah produk fesyen yang dibuat secara eksklusif oleh rumah mode.

Istilah yang menggambarkan kemewahan ini secara khusus mengacu pada pakaian buatan tangan para desainer terkemuka dengan selera seni dan teknik pengerjaan berkualitas tinggi serta material kain pilihan dan dijahit dengan sangat memperhatikan detail oleh tim pengrajin yang paling terampil.

Meskipun istilah ini kental dengan budaya Prancis dan eksistensi negara tersebut sebagai pusat mode, rumah mode haute couture ternyata pertama kali diciptakan oleh seorang warga negara Inggris, Charles Frederick Worth pada 1858.


Apa Perbedaan Antara Couture dan Haute Couture?

Couture adalah setiap bagian fesyen yang dibuat dengan tangan dan memiliki keunikan. Sedangkan haute couture adalah busana high fashion atau juga dikenal dengan high-dressing yang dibuat oleh atelier/rumah mode yang diatur oleh pemerintah Prancis.

Baca jugaCitayam Fashion Week Viral, Yuk Intip Gaya Fesyen dari 7 Negara Ini
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dior Official (@dior)


Sebagai klub eksklusif di dunia fesyen Tidak semua rumah mode dan label fesyen bisa menggunakan istilah haute couture, Genhype. Untuk memenuhi syarat sebagai rumah mode haute couture resmi, calon anggota harus merancang pakaian yang dibuat berdasarkan pesanan untuk klien pribadi, dengan lebih dari satu fitting.

Rumah mode yang ingin disebut sebagai haute couture wajib menggunakan atelier (workshop) yang mempekerjakan setidaknya lima belas staf penuh waktu. Mereka juga harus memiliki dua puluh pekerja teknis penuh waktu di salah satu atelier mereka.

Baca jugaBiar Enggak Salah, Ini Fakta-fakta Paris Fashion Week

Terakhir, rumah mode haute couture harus menciptakan koleksi dengan tidak kurang dari 50 desain asli — baik pakaian siang maupun malam — kepada publik setiap musim, pada bulan Januari dan Juli.

Adapun, Fédération de la Haute Couture et de la Mode merupakan organisasi mode paling penting di Prancis yang bertanggung jawab untuk mengatur industri haute couture di Paris.

Haute couture adalah istilah yang sangat eksklusif. Tidak ada desainer yang bisa menyebut diri mereka seorang desainer atau rumah mode haute couture. Melansir situs Explore France, Hanya ada 19 rumah mode dan desainer yang menyandang label haute couture (sampai dengan 2019), antara lain:
  1. Adeline André
  2. Alexandre Vauthier
  3. Alexis Mabille
  4. Balenciaga
  5. Balmain
  6. Bouchra Jarrar
  7. Chanel
  8. Dior
  9. Dolce & Gabbana
  10. Franck Sorbier
  11. Giambattista Valli
  12. Givenchy
  13. Jean-Paul Gaultier
  14. Julien Fournié
  15. Maison Margiela
  16. Rabih Kayrouz
  17. Maurizio Galante
  18. Schiaparelli
  19. Stéphane Rolland
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @chanelofficial


Meski berbasis di Prancis, Fédération de la Haute Couture et de la Mode juga memilih sejumlah koresponden rumah mode dan desainer dari luar negeri yang dianggap layak untuk menyandang label haute couture seperti Ateliers Versace, Azzedine Alaïa, Elie Saab, Fendi Couture dan lain lain.

Dari segi presentasi, peragaan busana untuk koleksi haute couture mungkin sama atau lebih meriah dari pertunjukan teater. Seluruh detil dari lokasi, material, konsep panggung, musik, hingga pemilihan model dilakukan dengan teliti. Tidak heran jika orang-orang dari industri fesyen sangat menantikan pekan mode di Paris yang secara khusus menampilkan karya fenomenal dari rumah mode dan desainer pilihan.

Untuk harganya, koleksi haute couture bergantung pada desain dan garmennya dengan harga item couture blus sederhana berkisar antara £10.000 hingga £40.000. Sementara setelan couture Chanel mungkin berharga US$40.000-US$80.000. Jangan lupa bahwa harga yang tinggi ini sepadan dengan pelayanan dan kualitas yang ditawarkan.

Klien akan mendapatkan pakaian yang diinginkan sempurna. Tenaga kerja manual yang dibutuhkan untuk memproduksi pakaian dengan cara ini membutuhkan waktu antara 100-150 jam untuk setelan jas dan hingga 1.000 jam untuk gaun malam yang dihias. Gaun malam sering kali memiliki ribuan manik-manik yang dijahit tangan oleh ahli bordir dan manik-manik Paris yang terkenal dari Lesage, yang didirikan pada tahun 1922 oleh Albert Lesage.

Eksklusifitas ini membuat sebuah rumah couture seperti Chanel misalnya hanya akan memiliki sekitar 150 klien tetap yang membeli koleksi couture dan rumah couture seperti Dior akan membuat sekitar 20 gaun pengantin couture setahun.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Komisi Eropa Setujui Vaksin Imvanex untuk Atasi Cacar Monyet

BERIKUTNYA

ITZY Raih Capaian Baru, Album CHECKMATE Masuk Top 10 Billboard 200

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: