Smartphone Tecno Pova 3 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

Review Hypeabis: Smartphone Tecno Pova 3 

25 July 2022   |   15:36 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Bermain gim saat ini telah menjadi hiburan banyak orang, lantaran aktivitas tersebut bisa dilakukan lewat ponsel pintar. Kini, vendor elektronik juga banyak yang menghadirkan ponsel pintar yang dirancang atau menonjolkan unsur gim (smartphone gaming). 

Salah satu yang terbaru merilis produk tersebut adalah Tecno Mobile, yang belum lama ini menghadirkan ponsel gim kelas menengah anyarnya ke Indonesia. Tidak lain adalah Tecno Pova 3. Kali ini, Hypeabis.id berkesempatan menjajal langsung ponsel tersebut. 

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Smartphone Gaming Tecno Pova 3 Resmi di Indonesia 

 

(Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

(Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

 

Performa Gaming 

Tecno Pova 3 dibekali dengan chipset MediaTek Helio G88 dengan fabrikasi 12 nanometer. Prosesor gim kelas menengah ini sejatinya sudah mumpuni untuk digunakan bermain gim-gim kasual atau gim esports

Contoh nyata, bermain gim-gim seperti Mobile Legends: Bang Bang bisa dilakukan dengan pengaturan tinggi tanpa ada kendala kinerja. Begitu juga dengan Arena of Valor yang punya feel serupa, meskipun perangkat ini masih belum mendukung grafis Ultra HD. 

Sementara itu, untuk gim Player Unknown Battleground (PUBG) Mobile, ponsel anyar Tecno ini mampu memainkannya hingga grafis Balance Ultra atau HD High. Sayangnya spesifik untuk judul gim battle royale yang membutuhkan Gyroscope guna meningkatkan pengalaman, perangkat ini masih belum maksimal.  

Penulis juga menguji gim kelas berat seperti Genshin Impact pada smartphone ini. Hasilnya, sudah bisa ditebak bahwa ponsel cukup mampu menjalankan permainan dengan catatan hanya pada pengaturan bawaan (default) grafis low dan frame rate 30fps. 
 

(Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

(Sumber gambar: tangkapan layar)


Tecno Mobile membekali ponsel ini dengan perangkat lunak gaming lab bernama Game Space. Di dalamnya terdapat fitur Panther Engine, yang memungkinkan pengguna melakukan pengaturan untuk optimalisasi bermain gim. 

Di antaranya adalah  mode untuk memblokir notifikasi panggilan masuk, penyempurnaan grafis, dan mode kesehatan dengan mengaktifkan pengingat. Selain itu, sebagai penyeimbang aktivitas bermain gim, ada juga fitur anti kecanduan untuk melakukan pembatasan. 
 

Baterai 

Salah satu nilai jual utama dari Tecno Pova 3 adalah baterai berukuran jumbo 7.000 mAh. Tidak sekadar besar, efisiensi dayanya juga boleh diacungi jempol. Selama pengujian, baterai ponsel ini tidak pernah habis digunakan dalam kurun waktu sehari. 

Padahal, penggunaannya sudah cukup intens dan berat. Kombinasi antara bermain gim selama berjam-jam, menonton film, mengambil gambar, serta aktivitas berselancar di mesin pencari dan media sosial. Akan tetapi selalu ada sisa dari baterai besar tersebut. 

Dengan konfigurasi baterai ini, para penggemar gim bisa berlama-lama menikmati permainan favoritnya, tanpa perlu khawatir kehabisan daya baterai di tengah jalan. Hanya saja, imbal balik yang dirasakan adalah pengisian daya yang cukup memakan waktu. 

Tecno memang telah membekali ponsel ini dengan pengisi daya 33 watt porta Type-C, yang bisa mengisi daya dari 5 persen hingga 50 persen dalam kurun waktu sekitar 50 menit. Akan tetapi untuk dapat mengisinya hingga penuh membutuhkan waktu lebih dari 2 jam. Berdasarkan pengujian bisa mencapai sekitar 2 jam 20 menit. 

Baca Juga: Perhatikan, Begini Cara Aman Pengisian Baterai Smartphone Supaya Awet 
 

Visual & Audio 

 

(Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

(Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)


Selain baterainya, Tecno Pova 3 juga punya layar berukuran besar yang bisa jadi daya tarik bagi para penggemar gim. Ponsel ini punya bentang 6,9 inci, yang memberikan bidang pandang luas. Spesifikasi layar lainnya adalah resolusi FHD+ dan refresh rate 90Hz. 

Konfigurasi tersebut sangat memanjakan mata untuk menikmati konten-konten visual. Menonton film atau serial di perangkat ini terasa sangat lega dan warna yang disuguhkan juga sangat on point. Hanya saja, lantaran baterai dan layar yang besar, bobotnya tidak bisa dibilang ringan. 

Smartphone gaming mid-range ini punya bobot 230 gram, yang sangat terasa. Apalagi, jika kalian menggunakan ponsel ini dalam jangka waktu yang lama, bobotnya akan terasa cukup berat. Ini juga barangkali bisa jadi pertimbangan bagi mereka yang lebih senang punya ponsel berukuran ringan dan kecil. 

Beralih ke bagian audionya, Tecno Pova 3 telah dibekali dengan speaker stereo yang terletak di bawah bawah dan atas perangkat. Speaker ini mampu menghasilkan suara lantang yang enak untuk menemani kegiatan bermain gim dan menonton. 
 
Ponsel juga masih dibekali dengan input audio jack 3.5mm yang selalu diidam-idamkan para gamers. Akan tetapi, posisinya berada pada bagian kiri bawah, yang menyebabkan bermain gim secara horizontal dengan earphone menjadi kurang nyaman. 
 

Kamera 

 

(Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

(Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)


Bagian kameranya, Tecno menyematkan konfigurasi triple camera pada bagian belakang dan satu kamera depan. Keseluruhan kameranya adalah 50MP kamera utama dan dua kamera tambahan bagian belakang, serta kamera depan resolusi 8MP. 

Secara umum kamera belakang pada ponsel ini cukup mampu diandalkan pada kondisi siang hari (daylight). Pada kondisi minim cahaya, detail beberapa bagian mulai hilang, begitu juga dengan situasi malam hari. 
 

 Perbedaan on-off Mode Super Malam (Sumber gambar: Syaiful)

Perbedaan on-off Mode Super Malam (Sumber gambar: Syaiful)


Akan tetapi, kamera utamanya juga telah dilengkapi dengan fitur night mode bernama Mode Super Malam. Saat diaktifkan, fitur ini memberikan peningkatan eksposur gambar yang cukup signifikan, dibandingkan dengan mode auto yang di perangkat ini bernama AI Cams. 

Selain itu, Tecno Pova 3 juga punya sederet pilihan moda kamera utamanya. Termasuk Mode Super Malam, Potret, Mode Cantik, AI Cam (utama), Video, dan Video Singkat. Ya, ponsel ini punya fitur video singkat yang akan merekam video dalam durasi 15 detik, untuk keperluan media sosial seperti TikTok dan Reels yang lebih mudah. 

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Kamera Terbaik Pertengahan 2022 
 

Fitur Lain & Harga 

Fitur lain yang tersedia di perangkat ini adalah fitur keamanan berupa sidik jari (fingerprint) dan pengenalan wajah (face recognition) yang cepat dan akurat dan near field communication (NFC) yang penting bagi banyak pengguna saat ini. 

Tecno juga menyediakan varian ponsel bernama Electric Blue yang punya desain khas smartphone gaming lengkap dengan lampu LED pada bagian belakangnya. Sementara itu, tersedia juga varian non-LED bernama Eco Black dan Tech Silver - yang diuji oleh Hypeabis.id

Dengan konfigurasi RAM 6GB dan memori penyimpanan 128GB, Tecno Pova 3 di Indonesia dibanderol seharga Rp2,59 juta untuk varian Eco Black  dan Tech Silver serta Rp2,69 juta untuk varian Electric Blue Gaming Edition. 



Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Citayam Fashion Week, Tumbuh di Jalan Bukan di Panggung Peragaan

BERIKUTNYA

Semangat Keindonesiaan Seniman Kontemporer Bergelora di Pameran Manifesto VIII Galnas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: