Dell Latitude 9420 (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

Dell Latitude 9420, Laptop Bisnis Premium dengan Segudang Fitur 

17 December 2021   |   16:55 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Komputer jinjing Dell Latitude 9000 Series merupakan laptop bisnis terbaik yang dimiliki perusahaan. Kelasnya sudah jelas premium, dengan tampilan dan desain simpel yang mewah serta fungsionalitas yang komplet.

Hypeabis.id kali ini berkesampatan mencoba salah satu laptop unggulan dari perusahaan asal Amerika Serikat itu, yakni Dell Latitude 9420 2-in-1. Produk ini pertama kali diperkenalkan pada pameran teknologi CES 2021.

Unit yang kami ulas (review) memiliki spesifikasi umum sebagai berikut. Prosesornya adalah Intel Core i7 1185G7 generasi ke-11 dengan prosesor grafik Intel Iris Xe Graphics dan memori 16GB RAM.

Laptop juga sudah memiliki label vPro yang diverifikasi melalui program Evo Intel. Intinya, perangkat mendapat jaminan dari Intel untuk kualitas kinerja yang responsif, pengisian daya cepat, dan segudang fitur penunjang aktivitas.
 

CPU Z Latitude 9420 (tangkapan layar)

CPU Z Latitude 9420 (tangkapan layar)


Berikut ini adalah hasil pengujian becnhmark menggunakan beberapa aplikasi pengetesan paling populer untuk memberikan gambaran kinerja umum prosesor yang digunakan laptop Dell Latitude 9420 ini :
 

Hasil tes Cinebanch R23 (tangkapan layar)

Hasil tes Cinebanch R23 (tangkapan layar)

 

Hasil tes PC Mark 10 (tangkapan layar)

Hasil tes PC Mark 10 (tangkapan layar)

 

Hasil tes CrystalDiksInfo

Hasil tes CrystalDiksInfo (tangkapan layar)


Kinerja
Adapun dalam pengujian kinerja perangkat secara langsung, laptop yang memakai prosesor sentral  premium dari Intel ini tentunya mampu menangani berbagai level komputasi aktivitas pekerjaan seputar kerja dan bisnis. 

Membuka banyak web dalam aplikasi mesin pencari sembari mendengarkan musik atau menyetel video tentu bukan perkara besar. Mengedit foto menggunakan Adobe Lightroom juga sangat lancar dan melakukan pengeditan video sederhana pun bisa dilakukan tanpa hambatan.

Bahkan, perangkat mampu untuk diajak bermain sejumlah gim populer untuk mengisi waktu luang atau bersantai. Berdasarkan pengujian kami, berikut ini rerata frame per second (fps) sejumlah gim yang dicoba di laptop ini :

- League of Legends : 120an fps
- GTA V : 60an fps
- Genshin Impact : 40an fps

Pengujian gim dilakukan dengan format pengaturan bawaan (default). Sebagai catatan, beberapa permainan yang lebih berat menuntut kinerja CPU ekstra dan kipas (fan) yang berputar lebih kencang. Ini membuat suhu laptop meningkat cukup panas hingga sedikit mengganggu kenyamanan.

Perlu dicatat bahwa Dell Latitude 9420 2-in-1 merupakan laptop bisnis, yang berarti tidak dibuat untuk benar-benar bisa bermain gim dengan nyaman. Apalagi bermain gim komputer AAA yang membutuhkan sumber daya besar.

Baterai
Adapun, laptop dibekali dengan baterai 40Whr yang memiliki screen on time sekitar 7 jam, dengan format penggunaan ringan untuk mengakses dokumen, menjelajah di internet, mendengarkan musik, dan menonton serial film.

Ini bukan yang baterai yang paling tahan lama tapi sudah cukup untuk kebutuhan harian. Dibekali juga dengan pengisian daya 65 watt yang mampu mengisi baterai penuh dalam waktu sekitar satu setengah jam. Adapun, klaim perusahaan adalah baterai bisa terisi 80 persen dalam waktu 40 menit.

Dell Optimizer
Untuk produk premium satu ini, Dell mengusung slogan 'Leading The New Age of Intelligence'. Klaim ini diimplementasikan dengan menghadirkan fitur Dell Optimizer yang dirancang untuk membuat laptop menjadi lebih cerdas.

Misalnya, ada fitur Express Sign-In yang secara otomatis membangunkan laptop ketika pengguna ada di dekat perangkat dan menguncinya saat pengguna pergi. Ini juga didukung dengan laptop yang otomatis menyala saat dibuka serta pengamanan berbasis pengenalan wajah dan sensor sidik jari yang sangat responsif.

Fitur lainnya yang masuk dalam Dell Optimizer adalah ExpressConnect yang otomatis mengirim bandwidth paling besar untuk aplikasi konferensi, Express Response untuk performa yang lebih gesit, ExpressCharge seperti yang diklaim sebelumnya, dan Intelligent Audio.

Secara teori, perusahaan menyatakan bahwa Dell Optimizer juga akan mempelajari perilaku penggunanya dari waktu ke waktu dan menyesuaikan berbagai pengaturan mulai dari kualitas audio hingga kecepatan pengisian daya berdasarkan pemakaian. 

Audio & Video
Bicara soal audio, laptop memiliki empat speaker yang dua di antaranya terletak di pinggiran keyboard dan dua lainnya di bagian bawah layar menghadap ke belakang. Suara yang dihasilkan oleh laptop ini merupakan salah satu yang terbaik.

Dell menyebut fitur Intelligent Audio yang ada bisa memfilter suara latar belakang, menstabilkan volume, dan mamprioritaskan suara dengan lebih baik. Ini dilengkapi juga dengan empat mic yang punya fungsi noise cancellation.

Adapun, salah satu hal mengganjal yang ada di laptop ini adalah kameranya yang masih menggunakan resolusi 720p. Mengingat kelasnya sebagai laptop premium, ini jelas bukan yang terbaik di mana umumnya perangkat dibekali dengan kamera 1080p.

Akan tetapi, resolusi itu sudah lumayan untuk memenuhi kebutuhan konferensi video. Kekurangan itu juga ditutupi dengan hadirnya fitur yang dinamai Dell SafeShutte. Fitur ini diklaim perusahaan sebagai yang pertama di industri.

Jadi, kamera laptop memiliki penutup fisik yang bisa secara otomatis mendeteksi pengguna. Penutup akan aktif saat laptop tidak digunakan dan bisa otomatis hilang saat pengguna membuka aplikasi yang membutuhkan akses kamera.

Tentunya, pengguna juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkannya secara manual melalui tombol fisik yang ada pada keyboard. Ini menjadi nilai plus untuk para pengguna yang sangat konsen terhadap isu keamanan privasi.
 

Dell Latitude 9420 (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

Dell Latitude 9420 (dok. Hypeabis.id/Syaiful)


Tampilan
Dell Latitude 9420 punya tampilan layar super. Ukurannya adalah 14 inci dengan rasio 16:10 yang belakangan populer di industri laptop. Dengan rasio tersebut, pengguna memiliki layar yang lebih luas ketimbang format umum seperti 4:3.

Selain itu laptop juga punya bezel atau pinggiran yang tipis merata di seluruh sisi. Bahkan pada bagian atas yang umumnya lebih tebal untuk menyematkan kamera. Perusahaan mencatat screen to body rasionya mencapai 91,6 persen.

Laptop juga dibekali dengan ComfortView Plus yang mengurangi cahaya biru dengan tetap mempertahankan warna yang dihasilkan. Dikombinasikan dengan resolusi layar QHD+ (2560x1600) yang sangat amat memanjakan mata untuk menikmati konten visual.

Layarnya juga dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 6 DX dengan kecerahan 500 nits dan 100 persen sRGB. Adapun, unit yang diuji ini memiliki fitur touch screen mengingat laptop juga menyandang titel perangkat 2 in 1 yang layarnya bisa ditekuk hingga 360 derajat.
 

Dell Latitude 9420 (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

Dell Latitude 9420 (dok. Hypeabis.id/Syaiful)


Desain
Sebagai perangkat bisnis dan premium, laptop ini tentunya hadir dengan desain yang mewah dan sangat simpel. Terbuat dari aluminium yang kokoh dengan warna silver dan hanya logo Dell di bagian tengah.

Beberapa rekan yang melihat tampilan laptop ini mengatakan bahwa perangkat sudah terlihat sebagai 'barang mahal' dari tampilan luarnya saja. Terlebih ketika dibawa, makin terasa feel premium dari laptop ini.

Dell mengklaim laptop ini sebagai laptop bisnis atau komersial 14 inci dengan rasio 16:10 teringan yang ada saat ini. Bobot laptopnya adalah sekitar 1,4 kilogram, yang tidak terlalu berat untuk dibawa-bawa.

Sebagai laptop bisnis, perusahaan juga menyediakan ragam port konektivitas. Di sisi kirinya terdapat dua port Thunderbolt 4, slot microSD, port HDMI 2.0, dan audio jack 3.55mm. Adapun bagian kanannya hanya terdapat satu port USB 3.2 Gen 1 Type-A.
 

Sisi kiri Dell Latitude 9420 (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

Sisi kiri Dell Latitude 9420 (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

 

Sisi kanan Dell Latitude 9420 (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

Sisi kanan Dell Latitude 9420 (dok. Hypeabis.id/Syaiful)


Kesimpulan

Dell Latitude 9420 2-in-1 merupakan laptop bisnis premium yang mumpuni untuk para pelaku bisnis. Ini dilengkapi dengan serangkaian hardware seperti layar dan audio yang luar biasa serta software seperti Express Sign-in dan SafeShutter yang sangat membantu.

Untuk kinerjanya juga terbilang bisa memenuhi kebutuhan komputasi yang diperlukan untuk aktivitas bisnis, bukan untuk komputasi super berat seperti mengedit video yang kompleks atau bermain gim kelas atas.

Selain itu, perlu ditekankan bahwa perangkat ini adalah laptop bisnis, jadi memiliki harga yang relatif tidak murah. Dell menyatakan kepada Hypeabis.id bahwa harganya dibanderol sekitar Rp30 jutaan, tergantung pada spesifikasi yang diminta.

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ilmuwan Temui 7 Produk Picu Risiko Kanker

BERIKUTNYA

Asyik, Taman Rekreasi JungleLand Sentul Dibuka Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: