Kamera menjadi sektor penting dari sebuah smartphone (Sumber gambar: Unsplash/Aneta Pawlik)

5 Smartphone dengan Kamera Terbaik Pertengahan 2022 

13 June 2022   |   16:30 WIB

Spesifikasi dan keandalan kamera merupakan salah satu faktor penting seseorang dalam pembelian ponsel pintar (smartphone). Tak ayal para vendor penyedia berlomba-lomba menghadirkan sektor kamera terbaik untuk menarik minat penggemar. 

Foto dan video yang dihasilkan oleh kamera ponsel tentunya memiliki sedikit sifat subyektifitas para penggunanya, sehingga sulit menentukan mana kamera terbaik untuk semua orang. Akan tetapi, dalam industri ponsel ada sejumlah situs/perangkat yang bisa digunakan sebagai tolok ukur (benchmark).

Baca jugaKebiasaan Buruk Ini Bikin Smartphone Kamu Cepat Rusak

Salah satu benchmark yang paling populer untuk sektor fotografi dan videografi ponsel adalah DXOMark. Mereka melakukan pengujian kamera secara ketat dan terukur baik di kondisi dalam ruangan atau situasi di luar ruangan. 

Berikut ini adalah smartphone dengan skor DXOMark kamera tertinggi hingga pertengahan tahun 2022: 
 

1. Honor Magic4 Ultimate 

Belum lama ini, tepatnya pada Maret 2022 Honor memperkenalkan ponsel pintar terbarunya bernama Magic4 Ultimate. Sebagaimana namanya, produk ini memiliki spesifikasi dan fitur unggulan termasuk dari kameranya yang superior. 

Ponsel ini menyematkan konfigurasi lima lensa pada kamera belakangnya. Lensa utama 50 megapiksel (MP), ultra lebar 64MP, telefoto periskop 64MP, kamera lebar 50MP, dan lensa TOF 3D. Bagian depannya hanya menyematkan lensa 12MP. 

Berdasarkan pengujian DXOMark, ponsel ini mendapatkan skor total 146 dan menempati urutan pertama dari kategori ini. Honor Magic4 Ultimate lebih spesifik lagi menempati posisi puncak untuk subkategori foto dengan skor 146 dan pembesaran (zoom) dengan skor 153 poin. 
 

2. Huawei P50 Pro 

Vendor rekanannya yakni Huawei dengan produk ponsel Huawei P50 Pro harus rela turun peringkat menjadi runner-up di bawah Honor. Biasanya Huawei selalu menempati posisi puncak benchmark ini karena fokusnya yang tinggi untuk sisi fotografi dan videografi. 

Huawei P50 Pro pertama kali dirilis pada Juli 2021 dengan spesifikasi kamera sebagai berikut,  kamera utama 50MP, kamera telefoto periskop 64MP, kamera ultra lebar 13MP, dan kamera black white 40MP. 

Ponsel pintar ini mendapatkan skor 144 poin secara keseluruhan, tertinggal 2 poin dari sang juara. Kamera ponsel ini dinilai memiliki tingkat noise yang rendah dan HDR yang lebar di semua kondisi untuk kamera utama dan lebarnya. 
 

3. Xiaomi Mi 11 Ultra 

Tiga besar penguasa kamera terbaik versi DXOMark diisi oleh penyedia ponsel dari negera China. Setelah Honor dan Huawei, posisi ketiga ini dilengkapi oleh Xiaomi dengan smartphone flagship perusahaan Xiaomi Mi 11 Ultra. 

Perangkat yang dirilis pada Maret 2021 ini punya konfigurasi triple camera pada bagian belakangnya. Lensa utama/lebar 50MP, lensa telefoto periskop 48MP, dan lensa ultra lebar 48MP. Ditambah dengan kamera untuk swafoto resolusi 20MP. 

Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra mendapatkan nilai dari DXOMark sebesar 143 poin. Ponsel ini mendapatkan predikat hebat dan serba bisa dengan rentang dinamis yang lebar dan bidang pandang yang lebih luas untuk kamera ultra lebar dibandingkan pesaingnya. 
 

4. Huawei Mate 40 Pro + 

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Huawei merupakan salah satu brand yang ponselnya seringkali menempati posisi atas benchmark DXOMark, karena memang kualitas kamera yang jempolan, termasuk perangkat lamanya Huawei Mate 40 Pro +. 

Ponsel yang dirilis Oktober 2020 ini memiliki keandalan kamera yang masih lebih baik ketimbang banyak ponsel rilisan lebih baru. Pengaturan kameranya adalah lima lensa; lebar 50MP, tegoto 12MP, telefoto periskop 8MP, ultra lebar 20MP dan TOF 3D. 

Berdasarkan penilaian DXOMark, ponsel ini mendapatkan skor 139 poin. Punya keunggulan performa fotografi malam yang andal dengan stabilisasi gambar optik yang efektif dan tingkat detail gambar yang tinggi di sebagian besar kondisi pemotretan. 
 

5. iPhone 13 Pro 

Posisi lima besar ponsel dengan kamera terbaik diisi oleh brand Amerika Serikat Apple, dengan produk paling terkininya yakni iPhone 13 Pro. DXOMark mencatat ponsel ini punya skor yang sama dengan saudaranya iPhone 13 Pro Max. 

Dalam hal spesifikasi perangkat keras, iPhone 13 Pro mengusung format quad camera dengan 12MP lensa utama/lebar, 12MP lensa telefoto, 12MP lensa ultra lebar, dan lensa TOF 3D LiDAR scanner atau lensa sensor depth

Baca jugaIPhone 13 Pro Max Dinobatkan Sebagai Smartphone dengan Tampilan Terbaik

DXOMark memberikan skor 137 poin untuk perangkat terbaru dari Apple tersebut. Mereka mencatat kamera ponsel ini memiliki gambar berkualitas tinggi dan warna yang bagus di semua situasi pemotretan serta menjadi standar baru dalam videografi ponsel. 


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Memilih Persalinan Normal atau Caesar? Ini Penjelasan dari Ahlinya

BERIKUTNYA

Angkat soal Poligami, Film Atas Nama Surga Tayang Serentak di Empat Negara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: