Dengan jumlah pra-pembelian (pre-order) hingga lebih dari 1,1 juta stok album, ATEEZ kini mendapatkan predikat million seller. (Sumber gambar: KQ Entertainment)

ATEEZ Semakin Populer, Album The World Ep.1: Movement Capai 1,1 Juta Pre-Order

24 July 2022   |   17:08 WIB

Boy group ATEEZ kini mendapatkan capaian baru dalam penjualan album menjelang comeback pada 29 Juli 2022. Hingga Minggu (24/7/2022), grup dengan tujuh orang itu resmi menyebut bahwa album mini (EP/Extended Play) THE WORLD EP.1: MOVEMENT telah terjual lebih dari 1,1 juta stok pra-pembelian (pre-order).

KQ Entertainment menyatakan bahwa capaian ini menjadi yang tertinggi sepanjang karier ATEEZ yang sudah berjalan selama lebih dari tiga tahun. Tak hanya itu, album ini juga mencetak rekor terbaru sebagai album pertama yang terjual sebanyak 1 juta stok pada masa pre-order atau pra-pembelian.

Baca juga: ATEEZ Rilis Teaser Album & Lagu Misterius Menjelang Comeback

Angka ini dinilai telah melewati penjualan album sebelumnya, ZERO: FEVER PART.3 yang mencapai lebih dari 810.000 album. Meski kini angka tersebut telah melewati 1,1 juga stok, ATEEZ diperkirakan akan menambah angka tersebut pada penjualan hari pertama pada pekan depan dan angka ini bisa meningkat hingga pekan pertama pada awal Agustus 2022.

Sebelumnya, ATEEZ dikonfirmasi akan melakukan comeback dengan beberapa bocoran sejak 23 April 2022 atau pada masa tur dunia THE FELLOWSHIP: BEGINNING OF THE END di Eropa. Bocoran ini hadir dalam rupa poster-poster yang tersebar di Madrid, Spanyol dan Hongdae, Korea Selatan dengan menyertakan QR Code yang mengarah pada video teaser yang hanya dilihat dengan laman terbatas.

Kemudian pada akhir Juni 2022, sebuah QR code bertuliskan PROPAGANDA tersebar di media sosial ATEEZ (Instagram dan Twitter) selama beberapa menit, sebelum akhirnya dihapus serta melalui fitur AirDrop saat penampilan spesial untuk lagu Utopia di acara The Show milik SBS MTV. Poster ini mengarahkan penggemar pada audio pendek berdurasi 40 detik dengan suara sirine hingga kode morse.
 
Teaser MOVEMENT bagian pertama. (Sumber video: Youtube/KQ Entertainment)
Teaser MOVEMENT bagian kedua. (Sumber video: Youtube/KQ Entertainment)

Promosi ini resmi diumumkan dengan beberapa rangkaian perilisan foto konsep, trailer film, hingga cuplikan video koreografi. Foto konsep album telah rilis sejak 5 Juli dengan empat konsep (dua konsep MOVEMENT dan dua konsep GUERILLA), lalu dilanjutkan dengan poster The Awakening of Summer pada 10 Juli dan trailer pertama untuk konsep MOVEMENT pada 11 Juli.

Setelahnya, trailer kedua tayang pada 12 Juli, pengumuman showcase luring di Hall Daeyang Universitas Sejong sehari sebelum perilisan album dan poster, lalu pengumuman GUERILLA sebagai lagu utama dan daftar enam lagu lainnya resmi beredar pada 14 Juli, hingga poster dan video penampilan lagu utama tersebut hadir pada 19-20 Juli.
 

Seperti apa isi album THE WORLD EP.1: MOVEMENT?

Album THE WORLD EP.1: MOVEMENT merupakan bagian baru dari seri album THE WORLD. Secara kronologi cerita atau narasi konsep, kisah dalam album ini akan mengambil latar waktu setelah seri TREASURE dan sebelum seri FEVER. Narasi yang dibawakan akan terkait dengan keinginan untuk beralih ke dunia baru yang lebih bebas.

Merujuk pada konsep pada foto-foto grup, individu, hingga poster daftar lagu, album ini diperkirakan akan mengambil aliran musik yang mengarah pada unsur cyberpunk. Meski demikian, aliran ini diperkirakan tidak akan jauh dari akar musik ATEEZ yang kerap kali menggunakan unsur elektronik, pop, dansa, dan hip hop.
 
Sebagaimana dilansir dari Sports Donga dan Newsen, ada tujuh lagu yang hadir dalam album EP terbaru pelantun Wave tersebut: PROPAGANDA, SECTOR 1, CYBERPUNK, GUERILLA, THE RING, WDIG (Where Do I Go), dan NEW WORLD. Semua lagu ini dikerjakan oleh tim produser Edenary yang dipimpin oleh musisi EDEN, kolaborator ATEEZ sejak debut.

Tak hanya itu, beberapa nama seperti Hongjoong dan Mingi ATEEZ juga turut mengisi proyek ini sebagai penulis lagu. Ada juga penyanyi Maddox, artis satu agensi dengan EDEN dan ATEEZ, yang menarik perhatian dengan keterlibatannya dalam bagian penulisan lirik dan komposisi lagu.
 

Lebih rinci, GUERILLA merupakan lagu yang menyimpan pesan tentang keinginan dalam mengubah masyarakat yang tidak bisa merasakan perasaan cinta, kesedihan, dan kebahagiaan sebagai dampak dari pembatasan dan kontrol pihak-pihak berkuasa. Sekilas, lagu ini memiliki lirik tentang menciptakan pemberontakan dan suara psychedelic yang kental dengan unsur gitar dan elemen elektronik.

Laporan OSEN kemudian menyebutkan tarian untuk lagu ini melibatkan peran Sienna Lalau, koreografer Amerika Serikat yang terlibat dalam tarian lagu ON milik BTS, serta kolaborator tim koreografi BB Trippin. Koreografi ini identik dengan gerakan yang intens serta energi yang cenderung kuat.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Korea Selatan yang Pernah Jadi Lokasi Syuting

Video pranala penampilan GUERILLA kini telah disaksikan lebih dari 1,39 juta orang sejak pekan lalu. Saat perilisannya, video ini masuk ke peringkat ke-20 untuk kategori Music Video Trending Worldwide serta populer di 30 negara, termasuk Korea Selatan, Jepang, Jerman, Prancis, hingga Kanada.

Sementara itu, ATEEZ juga tengah menyiapkan tur dunia terbaru sekitar dua bulan setelah comeback kali ini. Dengan judul THE FELLOWSHIP : BREAK THE WALL, tur ini diselenggarakan di Korea Selatan, Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang mulai 29 Oktober sampai 12 Desember 2022.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Intip 7 Film & Serial MCU yang Dibocorkan dalam San Diego Comic Con 2022

BERIKUTNYA

Kekayaan Intelektual Bisa Jadi Jaminan Utang, Begini Respons Perbankan & Otoritas Jasa Keuangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: