59%, rumah produksi milik Daniel Kaluuya (kiri) akan memproduksi Barney (kanan) dalam rupa film live-action. (Sumber gambar: Warner Bros. Pictures/ HIT Entertainment)

Aktor Daniel Kaluuya Sebut Film Live-Action Barney Masih Dikembangkan

18 July 2022   |   13:00 WIB

Penggemar karakter animasi Barney kini perlu bersiap karena versi live-action atau tampilan langsung dari dinosaurus berwarna ungu-hijau itu akan hadir dalam beberapa waktu ke depan. Hal ini disampaikan oleh aktor Daniel Kaluuya saat melakukan wawancara bersama The Hollywood Reporter.

Dalam wawancara tersebut, dia menyatakan bahwa live-action yang diangkat dari kartun anak-anak itu tengah dalam proses pengembangan awal. Bahkan, disebutkan juga bahwa film yang dikerjakan di rumah produksi miliknya, 59%, kini memasuki tahapan pengerjan ulang naskah sebelumnya. 

Meski tidak banyak yang disampaikan terkait dengan proyek tersebut, dia mengatakan bahwa film ini nantinya akan menghadirkan berbagai hal terkait Barney yang tidak sesimpel jargon ikoniknya, yaitu "Saya cinta kamu, kamu cinta saya, kita adalah keluarga yang bahagia."

Baca JugaDiadaptasi dari Novel Klasik 1817, Film Persuasion Dikemas Lebih Modern

Secara tidak langsung, pernyataannya mengarahkan bahwa film live-action berdasarkan dari karakter Barney ini akan memiliki kesan yang menyayat hati dan akan memiliki kesan yang lebih gelap dibandingkan serial televisinya. Hal ini dia sampaikan dalam diskusi mengenai ketertarikannya terhadap proyek tersebut.

"Beberapa film saya yang terakhir terkait dengan apa yang saya perjuangan sebagai orang dewasa. Namun, ada banyak hal yang saya ingin lakukan sebagai orang dewasa. Saya suka film anak-anak. Bagaimana semua orang bisa masuk ke dalam film? [Melalui] tontonan film anak. Saya tidak ingin membatasi diri pada batasan dari apa yang saya tanggapi," jelas Kaluuya.
 

Sudah Sejak Lama 

Proyek live-action dari Barney mulai diberitakan sejak 2019. Collider melaporkan kala itu bahwa Barney akan diadaptasi ke dalam film oleh rumah produksi 59?rsama dengan Mattel Films. Adaptasi ini merupakan yang terbaru setelah film musikal komedi Barney's Great Adventure pada 1998.

Aktor sekaligus produser kelahiran tahun 1989 itu menyebut bahwa Barney merupakan sosok figur yang banyak mengisi masa kecil sebagian anak di berbagai negara. Kemudian pada 2020, Entertainment Weekly mengabarkan bahwa premis dari film ini nantinya akan lebih menyayat hati.

"Barney mengajarkan kita tentang 'Saya cinta kamu kamu cinta saya, apakah seharusnya kamu mengatakan kamu cinta saya juga?' Itu adalah lagu yang saya ingat, tapi apa yang terjadi jika hal itu tidak benar?" Tanyanya dalam sebuah wawancara untuk promosi film Judas and the Black Messiah.

Dia juga bercerita bahwa dia merasa pertanyaan tersebut cukup masuk akal dengan adanya hal yang tidak terduga, di mana hal tersebut pedih tapi juga optimis. Hal itulah yang membuatnya merasa bahwa pemikiran tersebut sangat dibutuhkan.

Baca Juga5 Rekomendasi Tayangan Film & Serial Disney+ Hotstar Juli 2022


Serial Orisinal Barney 

Karakter Barney berasal dari serial televisi Barney & Friends yang rilis pada 1992 sampai 2009. Serial ini awalnya dihadirkan oleh Sheryl Leach pada 1988 melalui tayangan home-video Barney and the Backyard Gang sebelum akhirnya tayang sebagai serial televisi di stasiun PBS. Tidak hanya Barney, serial ini juga menghadirkan beberapa karakter dinosaurus lain seperti Baby Bop, B.J., Riff, dan lainnya.

Kartun ini sempat mendapatkan adaptasi perdananya pada 1998 melalui Barney's Great Adventure. Digarap oleh Steve Gomer dengan Sheryl Leach sebagai salah satu penulis cerita, film ini mendapatkan respons yang buruk dengan pendapatan sebanyak US$12 juta dari bujet US$15 juta. Tak sampai di sana, film ini juga mendapatkan ulasan buruk pada aspek produksi hingga pengembangan karakter.

Semula, acara ini sempat dikabarkan akan tayang kembali pada 2017, tapi tidak ada perkembangannya saat itu. Terbaru, Barney juga akan memiliki serial dokumenter tiga bagian yang diproduksi oleh layanan over-the-top Amerika Serikat Peacock pada 2022 bersamaan dengan film live-action milik Kaluuya.

Editor : Syaiful  Millah 
SEBELUMNYA

Yuk Kenali Manfaat Rutinitas Keluarga Bagi Kesehatan Mental Anak

BERIKUTNYA

Si Kecil Baru Masuk Sekolah, Begini Cara Membuat Mereka Semangat Belajar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: