Kenali Ciri-Ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti (Sumber gambar: Tim Mossholder/Unsplash)

5 Tanda Mobil Kalian Harus Ganti Oli Gardan

17 July 2022   |   15:00 WIB

Perawatan mobil merupakan hal yang harus diperhatikan agar kendaraan bisa digunakan dengan baik dalam jangka panjang. Salah satu hal yang bisa jadi perhatian Genhype adalah bagian gardan mobil yang perlu penggantian oli secara berkala dan tak kalah penting dari oli mesin.

Alasannya adalah oli gardan merupakan elemen yang penting sebagai pelumas untuk bagian transmisi otomatis dalam sebuah mobil. Hal ini menjadikan komponen-komponen dalam mobil yang saling bergesekan tidak cepat rusak.

Idealnya, oli gardan diganti sekitar 3-4 bulan sekali hingga dua tahun sekali atau setelah kendaraan sudah menembus angka 40.000 kilometer.

Setidaknya, ada lima tanda-tanda Genhype harus segera mengganti oli gardan, mulai dari adanya perubahan pada segi fisik sampai pengalaman berkendara yang tidak wajar.
 

1. Adanya getaran kencang pada mobil

Oli gardan yang tidak diganti dalam waktu lama membuat mobil bisa berisiko mengalami getaran yang cukup kencang. Biasanya, getaran ini akan sangat terasa saat mobil dibawa melewati jalan lurus maupun tidak, apalagi saat berbelok atau saat meningkatkan kecepatan mobil.

Melansir situs Auto 2000, gejala ini terjadi karena oli gardan sudah mulai tidak mampu melumasi gigi-gigi secara sempurna.

Baca jugaWaspada, Ini 6 Efek Telat Ganti Oli Mobil
 

2. Tercium aroma terbakar pada gardan mobil

Selain getaran, aroma terbakar juga biasa menjadi salah satu ciri bahwa oli gardan harus segera diganti. Bau tidak sedap ini bisa dideteksi dari arah gearbox dan muncul karena gardan yang menjadi terlalu panas serta oli gardan yang kotor atau habis. Tidak hanya itu, bau terbakar ini juga bisa disebabkan karena oli yang digunakan sudah kadaluarsa.
 

3. Suara berisik pada mobil

Suara berisik yang muncul merupakan ciri lain oli gardan harus segera diganti. Bunyi yang menyerupai suara dengungan kencang ini disebabkan karena komponen-komponen pada gardan yang saling bergesekan tanpa adanya pelumas dari oli yang sesuai dengan mobil. 
 

4. Roda mobil jadi sulit dikendalikan

Ketika roda mobil sudah mulai sulit dikendalikan, ini tanda bahwa Genhype sudah mulai mempertimbangkan penggantian oli gardan. Oli yang baik seharusnya bisa mengendalikan kecepatan perputaran roda, tapi kalau oli gardan sudah kotor atau habis maka kecepatan perputaran roda bisa terganggu. Akibatnya, ada risiko bahaya seperti kecelakaan.

Baca jugaPenting, Perhatikan Sejumlah Kondisi di Ban agar Tetap Aman Saat Berkendara


5. Warna dan kekentalan oli berubah

Oli gardan sudah harus diganti saat warnanya berubah menjadi agak putih atau abu-abu metalik gelap karena dua indikator warna ini menunjukkan kualitas oli yang sudah tidak bagus. Tidak hanya dari warna, kekentalan yang cenderung encer atau cair juga mengindikasikan oli gardan harus diganti.

Biasanya, dua hal ini terjadi karena beberapa hal. Pertama, oli terkontaminasi dengan air saat melewati genangan atau banjir yang cenderung sulit dihindari. Kedua, oli sudah terlalu lama digunakan karena tidak pernah diganti sehingga pemeriksaan lannjutan di bengkel lebih direkomendasikan. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah durasi penggantian oli gardan yang dilakukan sesuai dengan batasan dan waktu yang bervariasi serta spesifikasi oli gardan, jenis oli yang dibutuhkan, dan jarak tempuh yang sudah dilalui.

Hal inilah yang menjadikan penggantian oli gardan harus diingat atau dicatat supaya estimasi waktunya bisa sesuai dengan catatan yang dimiliki.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

7 Istilah di TikTok yang Wajib Kamu Tahu

BERIKUTNYA

Mengenal Makna Filosofis dan Sejarah dari Corak Batik Parang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: