Ilustrasi pertemanan yang tidak baik-baik saja (Sumber gambar: cottonbro/Pexels)

Kata Cut Off Viral di TikTok, Apa Ya Artinya?

29 June 2022   |   20:30 WIB

Di media sosial, apapun bisa menjadi topik perbincangan, apapun bisa menjadi viral. Baru-baru ini, kata cut off menjadi perbincangan di platform TikTok setelah kreator konten Bella Tobing mengucapkan kata tersebut dalam sebuah acara talkshow.

Dalam talkshow yang diunggah di akun TikTok I Talk pada Selasa (28/6/2022), Bella Tobing membeberkan cerita kehidupan personalnya termasuk hubungan pertemanannya dengan sesama kreator konten di TikTok.

Masih dalam video yang sama, Bella juga mengungkapkan alasannya tidak lagi berteman dengan kreator konten Reizuka Ari. Dia mengaku tidak cocok dengan karakter kreator yang akrab disapa Rei itu, sehingga dia memutuskan untuk tidak menjalin pertemanan lagi.

Baca juga: TikTok dan Cinta Laura Berkolaborasi Dorong Konten Edukatif 

"Gue pasti kasih beberapa hal untuk dikomunikasiin tetapi ternyata beberapa kalinya itu tidak disambut dengan baik, akhirnya gue memutuskan untuk yaudah gue cut off dia," kata Bella kepada sang host, dikutip Rabu (29/6/2022).
 
@justitalk setelah lama bungkam, akhirnya @bellzky16 pertama kalinya mengungkapkan kenapa alasanya gak lagi berteman baik dengan….? Siapa ya insertizen? #bellatobing? #bellatobing #selebtiktok #viraltiktok #fyp ? Jalan Tengah - Cover - Mononoke Records


Cuplikan video itu pun viral di media sosial. Sampai saat ini, video itu telah ditonton lebih dari delapan juta kali dan telah disukai lebih dari 500.000 likes. Istilah cut off pun menjadi pembicaraan, dan banyak warganet yang mencari tahu apa arti dari cut off tersebut.

Secara harfiah, cut off merupakan kata bahasa Inggris yang terdiri dari dua suku kata yakni cut yang berarti memotong dan off yang berarti mati.

Menurut Oxford Learner's Dictionaries, cut off berarti titik atau batas ketika seseorang menghentikan sesuatu. Sementara definisi lain dari cut off menurut Collins Dictionary adalah memotong sesuatu atau memisahkan mereka dari hal-hal yang biasanya berhubungan dengan mereka.

Meski begitu, makna cut off dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia tidak selalu memiliki satu arti yang pasti. Makna dari kata tersebut bergantung dengan konteks pembicaraan yang sedang terjadi.

Namun, jika merujuk pada konteks percakapan yang diucapkan Bella Tobing, kata cut off diartikan sebagai sikap memutuskan hubungan pertemanan dengan seseorang. 

Seseorang yang melakukan cut off ini biasanya melakukan pemutusan hubungan secara sepihak. Dengan keputusan itu, mereka biasanya tidak ingin mengetahui apapun lagi tentang orang tersebut.

Sementara itu, selain cut off, masih banyak istilah lain yang juga viral dan digunakan oleh warganet di platform TikTok. Beberapa diantaranya yakni 'ygy' yang berarti ya gaes ya, 'ysy' yang memiliki arti ya sayang ya, dan 'POV' yang berarti point of view (sudut pandang).

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Orang Tua Jangan Bingung, Begini Pola Pengasuhan Anak di Masa Transisi Pandemi

BERIKUTNYA

Vivan VPS-P400, Powerbank dengan Kapasitas 72.000 mAh Hadir di Indonesia 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: