Ilustrasi kalimat slang dalam media sosial. (Sumber gambar: Unsplash)

9 Istilah Bahasa Gaul di Twitter, dari Bub hingga Rent Free

06 July 2022   |   13:59 WIB

Like
Twitter menjadi salah satu media sosial yang memiliki perkembangan yang cukup pesat, baik secara pengguna maupun budaya populer. Salah satu bentuk perkembangan yang tampak adalah penggunaan istilah bahasa gaul atau biasa disebut sebagai slang. 
 
Slang atau bahasa gaul sendiri memiliki fungsi sebagai diksi pengganti sebuah kalimat definisi atau sebagai istilah yang mudah diterima oleh masyarakat secara umum maupun kelompok tertentu. Beberapa istilah bahasa gaul yang populer hingga saat ini adalah bestie, moots, hingga IYKYK.

Baca jugaSelain Nah He Tweakin, Ini 5 Istilah yang Populer di Media Sosial
 
Tahun ini, beberapa istilah bahasa gaul juga semakin berkembang, baik yang diserap dari bahasa Inggris maupun disesuaikan dengan kemudahan bicara di kalangan masyarakat tertentu. Mulai dari istilah gambar profil atau avatar sampai bentuk ekspresi tertentu, simak beberapa istilah yang bisa Genhype temukan di Twitter.
 

1. Ava korea dan Ava wibu

Dua istilah ini merupakan beberapa pengembangan atau rincian dari istilah ava. Ava sendiri digunakan sebagai singkatan dari kata avatar, kata yang memiliki definisi serupa dengan profile picture atau display picture. Bedanya, ava Korea biasanya merujuk pada pengguna Twitter yang menggunakan gambar idola K-pop atau aktor Korea Selatan, sedangkan ava wibu merupakan pengguna yang memakai foto dari anime atau manga yang disukai. 
 

2. Bub

Istilah ini umum digunakan dalam teknis blokir sebuah akun di Twitter, yaitu Block Un-Block. Penggunaannya ditujukan sebagai tindakan memblokir akses sebuah akun milik orang lain dan hal yang sama dilakukan oleh pengguna tersebut kepada yang bersangkutan. Nantinya, dampak dari interaksi ini biasanya akan terkait dengan akses cuitan maupun pesan pribadi.
 

3. Burjek

Sekilas istilah ini mungkin terdengar seperti singkatan dari bubur kacang hijau atau burjo. Namun, istilah ini sempat populer kala Twitter masih dipimpin oleh CEO Jack Dorsey dan merujuk pada akun Twitter yang sering mengalami masalah pada akunnya. Beberapa masalah yang sering dijumpai adalah pembatasan atau limit cuitan dan following akun, pemblokiran atau suspend akun, dan akun yang tergembok.
 

4. Spill

Berangkat dari istilah idiom spill the tea, spill sendiri didefinisikan sebagai istilah untuk membocorkan atau mengungkapkan sebuah hal yang sedang viral untuk bergosip. Menurut Urban Dictionary, istilah spill the tea memiliki arti kegiatan menceritakan hal yang menarik dari sebuah gosip atau rumor, skandal, maupun hal-hal yang terkesan kurang baik.
 

5. Flop

Meski kata ini telah digunakan sejak lama, istilah ini sebenarnya cukup populer bagi pengguna Twitter. Merujuk pada sejumlah praktik dan definisi dari Urban Dictionary, kata ini biasa digunakan untuk menyebut upaya yang gagal setelah mengirimkan sebuah cuitan, terutama karena tidak ada pengikut yang menanggapinya.
 

6. ISTG

Singkatan bahasa Inggris ini memiliki kepanjangan I Swear to God atau Demi Tuhan. Mengutip definisi dalam Urban Dictionary, ISTG digunakan untuk mengekspresikan rasa jujur tentang sesuatu atau kekesalan yang besar terhadap seseorang. 

Baca jugaMulai dari Visual hingga All-Kill, Ini 17 Istilah K-pop yang Wajib Diketahui
 

7. Rent free

Jika Genhype pernah menonton video pendek dengan kucing dan anjing yang bertindak layaknya tuan rumah, bisa jadi Genhype pernah menjumpai istilah rent free. Biasanya, istilah ini digunakan untuk merujuk pada seseorang, seekor hewan peliharaan, maupun sebuah video atau foto yang tidak bisa dilepaskan dari benak layaknya tidak memiliki tanggungan atau biaya yang harus dibayarkan.
 

8. Caught in 4K

Kata slang ini mungkin lebih familiar untuk berbagai cuitan dalam bahasa Inggris, di mana kalimat ini dipakai ketika seseorang tertangkap basah melakukan sesuatu tanpa pengawasan Biasanya, istilah ini akan hadir bersamaan dengan penyajian bukti digital seperti bukti cuitan di media sosial atau video tertentu. Pemilihan kata 4K digunakan karena istilah ini merujuk pada kualitas video tertinggi pada saat ini.
 

9. Understood the assignment

Kalau Genhype ingin mengekspresikan kekaguman karena sesuatu yang berkesan, kalimat understood the assignment bisa kalian gunakan lho. Kalimat ini sebenarnya merujuk pada pujian kepada seorang selebrita yang mampu tampil sesuai dengan peran atau gaya yang ditampilkan. Ujaran slang ini tidak terbatas pada selebrita saja, tapi masyarakat umum yang dianggap bisa melakukan hal yang sesuai dengan baik dan patut diancungi jempol.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Efek Samping Sering Menggunakan Headset, Salah Satunya Bisa Picu Kerusakan Otak

BERIKUTNYA

Pelesiran Asyik ke Mildura Australia, Menyusuri Sungai Murray Menggunakan Kapal Uap Kincir Abad ke-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: