Ilustrasi mainan kayu (Sumber gambar: Letter in Pine)

Ayah Bunda, Ini Beberapa Kiat Memilih & Membersihkan Mainan Kayu untuk Anak

24 March 2022   |   11:20 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Mainan tak hanya sebagai sumber kesenangan bagi si kecil, tetapi juga dapat mempengaruhi perkembangan sosial dan motorik anak. Sebab, melalui aktivitas bermain itulah mereka akan banyak belajar berinteraksi dan membangun komunikasi dengan lingkungan sekitarnya, termasuk mengembangkan kemampuan motoriknya.

Dari banyaknya jenis mainan anak yang bisa dipilih, para orang tua bisa memilih mainan kayu yang memiliki banyak keunggulan seperti di antaranya minim bahan kimia dan racun berbahaya, lebih ramah lingkungan, mendorong gerak anak, serta cenderung awet digunakan.

Kiat memilih mainan kayu yang aman
Meski demikian, para orang tua juga harus memperhatikan beberapa hal dalam memilih mainan kayu yang aman bagi si kecil seperti berikut ini:
  • Pilihlah mainan kayu yang berstandar BFA atau SNI. BFA merupakan badan standarisasi uji kelayakan konsumsi makanan di Amerika dan Eropa. Jika lolos uji BFA, artinya sebuah produk sudah aman digunakan untuk anak-anak sekalipun dimasukkan ke dalam mulut.
  • Perhatikan label yang ada pada mainan anak. Bila memungkinkan, cari tahu cat yang digunakan untuk mainan kayu. Jangan pilih mainan kayu dengan cat yang bau menyengat.
  • Pilihlah mainan kayu yang memiliki permukaan halus sehingga tidak ada serat yang keluar. Serpihan atau serat yang keluar bisa membahayakan si kecil.
  • Pilihlah mainan kayu yang memiliki ujung tumpul. Pastikan tidak ada ujung atau tepi yang tajam sehingga tidak berbahaya bagi anak.
  • Perhatikan jika ada sekrup atau penyambung lainnya pada mainan, pilih yang kuat dan tidak mudah lepas.
 

g

Ilustrasi mainan kayu (Sumber gambar: Letter in Pine)

(Baca juga: 7 Permainan Seru yang Bisa Tingkatkan Memori Anak)

Cara merawat mainan kayu
Sama seperti dengan jenis mainan lainnya, mainan yang terbuat dari kayu juga memerlukan perawatan yang tepat agar tidak cepat rusak. Letter in Pine merekomendasikan beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Jangan rendam mainan di dalam air
Kayu merupakan material yang berpori-pori, sehingga merendam mainan kayu dapat mengubah bentuk dan cat pada mainan yang dapat menyebabkan mainan cepat rusak. 

2. Lap mainan dengan kain
Untuk menghilangkan debu, lap basah mainan menggunakan air hangat, lalu jemur di bawah sinar matahari untuk membunuh kuman dan bakteri. 

3. Gunakan mild soap
Mainan kayu yang dicat atau dilapisi dengan varnish bisa dibersihkan dengan mild soap atau sabun yang lembut. Caranya, basahi spons dengan mild soap lalu lap mainan hingga bersih. 

4. Gunakan cuka putih atau cuka apel
Noda pada mainan kayu dapat dibersihkan menggunakan cuka putih atau cuka apel yang diencerkan dengan air. Caranya gunakan rasio 1:1 antara cuka dan air, semprotkan pada bekas noda lalu gosok dengan spons.



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Alleira Rilis Koleksi Batik Terbaru untuk Galang Dana Infrastruktur Sosial

BERIKUTNYA

Sempat Ditunda, Akhirnya CRAVITY Rilis Album Baru 'Liberty: In Our Cosmos'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: