Ilustrasi (Dok. Jason Leung/Unsplash)

5 Tips Mencuci Jeans Biar Tidak Cepat Belel & Kusam

21 February 2022   |   08:21 WIB

Celana jeans menjadi salah satu item fesyen yang tentu dimiliki hampir semua orang. Pasalnya, celana yang awet dan basic ini cocok dipadukan dengan item fesyen lainnya. Untuk itu, banyak orang memilih untuk mengoleksi pakaian berbahan jeans, mulai dari celana hingga jaket.

Akan tetapi, masih banyak orang belum tahu cara mencuci jeans yang benar agar tetap awet. Ada yang meyakini, mencuci jeans dengan tangan adalah cara terbaik. Ada juga yang tidak masalah saat mencucinya dengan mesin. Bahkan, ada juga yang percaya, tidak mencucinya sama sekali dapat membuat penampilannya lebih maksimal.

Lantas, bagaimana cara mencuci jeans yang benar agar tetap awet? Berikut 5 tips yang bisa dilakukan.
 

1. Cuci setelah 3 kali pemakaian

Menurut Good Housekeeping Institute Cleaning and Textiles Labs, setiap pakaian berbahan dasar jeans memiliki perawatan yang sama. Mereka menyarankan, mencuci jeans sebaiknya dilakukan setelah tiga sampai empat kali pemakaian agar warnanya tetap bagus dan materialnya pun tetap awet.
 

2. Balik celana jeans saat dicuci

Seringkali air dan deterjen dianggap akan membuat warna jeans memudar. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa membalik celana jeans dengan posisi bagian dalam berada di luar.

Ini akan mengurangi pudarnya celana jeans kamu akibat terkena air dan deterjen. Selain itu, bagian dalam celana yang terbiasa kontak langsung dengan kulit kaki juga  harus dicuci agar terjaga kebersihannya.
 

Ilustrasi (Dok. Maude Frederique/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Maude Frederique/Unsplash)

3. Cuci celana jeans dengan tangan

Mencuci jeans juga bisa kamu lakukan dengan tangan. Hal ini akan mengurangi dampak pudarnya warna akibat air dan deterjen. Mencuci di atas sebuah ember besar berisi air dan larutan deterjen serta air yang mengalir adalah cara yang tepat untuk memulai mencuci jeans kamu dengan tangan.

Kamu bisa gunakan deterjen yang ringan untuk mencuci celana raw denim yang warnanya lebih pekat. Rendam jeans selama 15-30 menit lalu kamu bisa mencucinya terutama di bagian-bagian yang kotor. Tidak perlu disikat jika celana jeans tidak terlalu kotor, cukup gosok dengan tangan. Bilas berkali-kali hingga tidak ada lagi busa deterjen yang menempel.

(Baca juga: Mengenal Istilah Capsule Wardrobe dan 4 Tips Memulainya)

 
4. Jangan diperas

Setelah mencuci, kamu biasanya akan memeras pakaianmu, tapi hal ini sebaiknya tidak kamu lakukan ke celana jeans. Agar warna yang mungkin pudar saat proses pencucian lebih merata, kamu bisa mengganti dengan cara menggulung dan menekannya hingga air yang ada di celana jeans kamu keluar. Cara ini lebih baik dan efektif daripada kamu meremasnya dengan cara dipelintir seperti kamu mencuci pakaian lain, karena bisa merusak serat yang ada di celana jeans.
 

5. Hindari panas berlebih saat pengeringan

Sebisa mungkin hindari mesin pengering yang ada di mesin cuci, karena jeans bisa rusak dan menyusut jika dikeringkan menggunakan suhu udara yang sangat panas seperti pada mesin pengering. Kamu masih bisa mengeringkannya dengan mesin tapi kamu harus mengatur panas pada alat pengering.

Atur ke panas yang paling rendah atau jika di mesin pengeringnya ada, kamu bisa memilih pengeringan menggunakan udara kering. Namun, jika masih ragu dan khawatir mesin pengering akan merusak jeans-mu, kamu bisa langsung menjemurnya dengan cara digantung pada tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

5 Fakta Penting yang Harus Diketahui sebelum Drama Ghost Doctor Tamat

BERIKUTNYA

Universal Music Group Garap NFT lewat Koleksi Digital Musik Musisi Ternama 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: