Cuplikan film John Wick: Chapter 3-Parabellum (Sumber gambar: Thunder Road Pictures)

7 Film Hollywood yang Menyelipkan Kosakata Bahasa Indonesia

12 July 2022   |   19:56 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bahasa Indonesia bukan hanya menjadi bahasa nasional, melainkan juga sebagai alat pemersatu bangsa. Sebab, bahasa merupakan identitas suatu negara. Namun, siapa sangka, bahasa Indonesia juga ternyata telah mendunia.

Setidaknya hal itu dibuktikan dengan beberapa film Hollywood yang menyelipkan bahasa Indonesia di dalamnya, baik dalam kata, frasa, hingga kalimat. Ya, film-film Hollywood selama ini cenderung menggunakan bahasa Inggris, sehingga kemunculan bahasa Indonesia di dalamnya menjadi hal menarik tersendiri.

Lantas, film apa saja yang menyelipkan bahasa Indonesia di dalamnya? Berikut Hypeabis.id telah merangkumnya : 

Baca Juga : Ini Daftar Aktor Indonesia yang Pernah Bermain Film Hollywood 
 

1. Anaconda 2: The Hunt for the Blood Orchid (2004)

Film tentang kengerian si predator melata ini memang menarik banyak penonton. Apalagi, lokasi syuting film besutan sutradara Dwight H. Little itu berlatar di hutan Kalimantan. Film Anaconda 2 juga kian menarik perhatian ketika salah satu aktornya menggunakan kalimat berbahasa Indonesia dalam cuplikan dialog "kami dengar Anda bisa membawa kita orang ke hulu sungai?". 
 

2. Fast & Furious 6 (2013)

Film waralaba yang dibintangi Vin Diesel itu juga sempat menarik perhatian publik lantaran menggaet aktor Indonesia, Joe Taslim, untuk bermain dalam film. Menariknya, dalam sebuah aksi kejar-kejaran, Joe Taslim, yang berperan sebagai villain bernama Jah, mengucapkan frasa dialog berbahasa Indonesia "hantam mereka!". Frasa itu diucapkan ketika dia hendak mengalahkan Dominic Toretto (Vin Diesel) dan komplotannya.
 

3. Minions (2015)

Aksi para karakter kapsul kuning, Minions, memang berhasil menarik banyak penggemar untuk mengikuti kisahnya. Film Minions yang tayang pada 2015 sempat menjadi bahan perbincangan lantaran menyelipkan kata bahasa Indonesia dalam dialognya.

Dalam film itu, Minions mengucapkan kata "terima kasih", "paduka raja", dan "kemari". Setelah ditelusuri, karakter Kevin dalam film ternyata disuarakan oleh sang sutradara yang merupakan keturunan Indonesia, Pierra Coffin. Diketahui, Coffin merupakan anak dari sastrawan Indonesia, NH. Dini.
 

One Race Films

Cuplikan film Fast & Furious 6 (Sumber gambar: One Race Films)


4. Blackhat (2015)

Dibintangi Chris Hemsworth, Blackhat adalah film yang bercerita tentang pengungkapan jaringan hacker yang bermukim di Indonesia. Berkat latar cerita tersebut, film ini pun menyelipkan dua kalimat berbahasa Indonesia dalam dialog aktornya yakni "seperti tidak bertahan lama bos", dan "dia punya mata mata".
 

5. The Accountant (2016)

Film yang dibintangi Ben Affleck ini juga turut menyelipkan dialog berbahasa Indonesia dalam salah satu adegannya. Dikisahkan Christian Wolff yang diperankan oleh Affleck, hidup berpindah-pindah karena tuntutan pekerjaan orang tuanya.

Menariknya, saat kecil, Wolff pernah tinggal di Indonesia dan belajar pencak silat. Dalam satu adegan, guru pencak silat Wolff mengatakan bahwa dia sudah harus beristirahat karena terlalu giat berlatih. Pernyataan itu pun dibalas Wolff dengan kalimat "tidak apa-apa, lanjutkan saja".
 

6. Mile 22 (2018)

Aktor Indonesia lain yang juga pernah membintangi film Hollywood adalah Iko Uwais, salah satunya memerankan karakter Li Noor dalam film Mile 22. Dalam film bergenre aksi ini, ada sejumlah frasa Indonesia yang diucapkan oleh aktor Lauren Cohan. Dalam satu adegan, dia mengumpat menggunakan bahasa gaul khas Indonesia yakni "lu bohongin gua?", ketika dia tengah menginterogasi Li Noor.
 

7. John Wick: Chapter 3-Parabellum (2019)

Film yang dibintangi Keanu Reeves ini sempat menjadi perbincangan karena menggaet dua aktor Indonesia, Yayan Ruhian dan Cecep Arif, yang berperan sebagai shinobi alias ninja mata-mata. Menariknya, dalam salah satu adegan, Keanu Reeves yang berperan sebagai John Wick, menggunakan dialog bahasa Indonesia yakni "sampai jumpa", ketika berhasil mengalahkan shinobi.

Editor : Syaiful Millah 
 

SEBELUMNYA

Jangan Kebanyakan Konsumsi Daging, Risiko Kesehatan ini Mengancam

BERIKUTNYA

12 Cara Cepat Membersihkan Rumah dan Perabotnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: