Ilustrasi lampu gantung (Sumber gambar: Unsplash/Federico Lancellotti)

Pahami 5 Hal Ini Sebelum Menghadirkan Lampu Gantung di Rumah

26 April 2022   |   22:26 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Lampu adalah salah satu elemen penting dalam hunian. Selain memancarkan cahaya sebagai sumber penerangan, kehadiran benda ini juga menjadi elemen dekoratif dan menciptakan suasana. Salah satu jenis lampu yang banyak dilirik oleh pemilik rumah adalah lampu gantung. 

Tidak hanya menerangi, lampu gantung juga dapat mempercantik atau memperkuat karakter sebuah ruangan. Hal ini karena lampu tersebut juga memiliki fungsi sebagai elemen dekoratif. Bagi kalian yang tertarik menghadirkan lampu jenis ini di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 
 

1. Pahami jenis lampu gantung

Ada dua jenis lampu gantung yang biasa dijual di pasaran. Pertama, lampu gantung yang memiliki fungsi utama menerangi ruangan. Dengan demikian, lampu gantung jenis tersebut sangat vital sebagai penerang ruangan.

Kedua, lampu gantung yang memiliki peran seabgai pendukung suasana atau atmosfer ruangan. Sebagai elemen pendukung, lampu jenis ini dapat dipasang sesuai dengan kebutuhan. 
 

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Untuk menghadirkan lampu gantung dengan fungsi penerangan utama, kalian mesti selaraskan dengan luas ruangan. Hal ini penting agar cahaya yang dihasilkan lampu tersebut maksimal, serta sesuai dengan kebutuhan. Pastikan seluruh ruangan dapat disinari oleh lampu tersebut.
 
Sementara itu, untuk lampu gantung dengan fungsi pendukung, kalian bisa sesuaikan dengan konsep ruangan. Biasanya lampu ini dihadirkan untuk memberikan aksen tertentu pada sebuah ruangan. Misalnya, kalian bisa memasang lampu gantung dekoratif untuk menyoroti dinding atau lukisan.  
 

3. Penempatan lampu gantung

Lampu gantung dengan fungsi general, yaitu sebagai penerang utama, maka bisa ditempatkan di tengah ruangan. Dengan cara ini, cahaya akan terdistribusi merata ke seluruh sudut ruangan. Adapun lampu gantung dekoratif, kalian bisa tempatkan pada sudut-sudut tertentu. Misalnya di ruang tamu, atau ruang tidur.
 

4. Pemilihan bahan lampu gantung

Dalam memilih lampu gantung, kalian juga perlu perhatikan materialnya. Kalian disarankan tidak terpaku pada bola lampu, melainkan juga bagian pelindung atau penutupnya. Untuk jenis lampunya, ada dua tipe yang biasa menjadi pilihan, yaitu LED dan lampu pijar.

Sementara untuk pelindung lampu, jika diletakkan dalam hunian bisa menggunakan material gelas, akrilik atau plastik. Sedangkan, untuk ruangan yang besar, bisa  menggunakan material metal dan akrilik.

Pemilihan material ini juga bergantung pada tema ruangan dalam hunian kalian.  Misalnya, jika rumah kalian menggunakan tema modern, lampu gantung yang digunakan juga dengan tema sama. 

Sementara untuk pemasangan, mesti disesuaikan dengan tinggi ruangan.  Jika rumah kalian memiliki ruangan yang tinggi, maka besar kemungkinan untuk memasangnya dengan jarak yang tinggi. Namun, untuk ruangan yang memilki langit-langit pendek, sebisa mungkin peletakannya di atas kepala. 

Kemudian, akan berbeda jika kalian meletakkan lampu gantung ini di ruang makan. Untuk ruangan ini kalian disarankan memasang lampu gantung lebih rendah, sehingga akan memunculkan kesan yang hangat di meja makan. Meski begitu, kalian juga bisa memasangnya pada posisi tinggi, sehingga menampilkan efek elegan. 
 

5. Perawatan lampu gantung

Untuk memudahkan perawatan, kalian disarankan memilih lampu gantung dengan desain sederhana. Kenapa? Sebab lampu dengan desain tersebut cenderung lebih mudah dilepas, serta dibersihkan. Tentunya jika rutin dirawat, lampu gantung kalian akan lebih awet.  


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Kenalan dengan Kain Drill, Cek Kelebihan & Kekurangannya

BERIKUTNYA

Lenovo Boyong Laptop Legion 5i Series dengan Intel Core Generasi 12

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: