Musik bisa menjadi faktor pendukung dalam pembentukan kepribadian diri dan kesan di mata orang lain. (Sumber gambar: Unsplash/Soundtrap)

5 Tipe Orang Berdasarkan Genre Lagu Kesukaan, Kalian yang Mana?

11 July 2022   |   13:30 WIB

Setiap orang memiliki musik atau lagu favorit, di mana biasanya pilihan dan preferensi sebuah musik bisa mempengaruhi kesan dan kepribadian yang dibangun. Bahkan, musik juga bisa jadi cara untuk mengenalkan diri kepada orang lain pada saat pertemuan pertama, lho!

Menurut pakar terapis musik asal Taiwan, Vicky Chiu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa selera musik memiliki keterkaitan dengan kepribadian, perasaan, bahkan pikiran seseorang. Inilah mengapa musik bisa jadi cara anak muda merepresentasikan diri di media sosial.

Baca juga4 Ide Alas Kaki Sesuai Kepribadian, Genhype yang Mana?

"Musik berperan sebagai ice breaker yang efektif, tapi percakapan yang tuluslah yang mengantarkan ke jenjang selanjutnya," tambahnya.

Berdasarkan riset internasional yang dikumpulkan Tinder dari 300.000 peserta selama 17 tahun terakhir, yuk simak lima tipe kesan seseorang dari pilihan lagu mereka.
 

1. Tipe mudah bergaul dan karismatik

Orang-orang yang memiliki kesan ini biasanya merupakan orang dengan kepribadian supel dan karismatik serta memiliki hal yang menarik dalam dirinya. Umumnya, mereka yang berada dalam tipe ini menyukai musik yang sederhana dan santai, misalnya aliran country atau jenis musik unplugged.

Penggambaran orang dengan kesan ini biasanya mudah beradaptasi serta penasaran dan ingin mencari tahu akan hal-hal baru, misalnya berpetualang atau berlibur. Beberapa orang dalam kategori ini juga suka bernostalgia serta melakukan hal-hal yang maksimal.
 

2. Tipe pemberani dan antusias

Mereka yang berada dalam tipe ini adalah orang yang cenderung to the point atau langsung ke inti percakapan sekaligus tahu akan hal-hal terbaru serta sedang menjadi tren dalam kultur pop. Biasanya, orang-orang ini juga cenderung proaktif, ekspresif, dan enerjetik layaknya musik aliran elektronik seperti musik dansa (EDM), rap, hingga Euro-pop.
 

3. Tipe otentik dan romantis

Mereka yang berada dalam kategori ini biasanya merupakan orang yang romantis, jujur, dan menyukai hubungan bermakna dengan orang lain. Vicky beranggapan bahwa beberapa aliran seperti soft rock, R&B, sampai adult contemporary bisa jadi preferensi yang dimiliki orang-orang dengan karakter ini.

Baca jugaKenali Kepribadian Seseorang dari Warna Pakaian
 

4. Tipe keren dan independen

Seseorang yang memiliki karakter unik, misalnya orang yang memiliki kesan pertama yang cenderung 'dingin' tapi kesannya berbeda setelah berkenalan bisa jadi orang-orang yang masuk ke tipe ini. Biasanya, hal ini terjadi karena individu tersebut bukan sosok yang mudah terbawa arus dan memiliki perspektif yang berbeda tentang dunia.

Orang-orang dalam kategori ini mungkin akan dianggap memiliki kesan rebel yang asyik, sehingga beberapa aliran musik yang intens, penuh distorsi, berisik dan agresif seperti rock klasik, heavy metal, hingga power pop bisa menjadi preferensi atau pilihan mereka saat mendengarkan lagu.
 

5. Tipe yang pintar dan dewasa

Jika pernah melihat seseorang yang cenderung stabil, menyukai film klasik, bahkan hal-hal berbau seni serta menyukai eksplorasi hal baru dan bertukar pikiran dengan teman, maka bisa jadi mereka adalah orang yang dewasa dan cerdas.

Dengan kepribadian mereka yang kompleks dan dinamis, beberapa genre musik seperti klasik, operatic, avant-garde, sampai jazz tradisional bisa jadi pilihan mereka lho.


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Resep Sop Daging Sapi, Ide Mengolah Daging Kurban yang Praktis

BERIKUTNYA

Digelar Malam Ini, Gercep! Tiket Konser The Boyz Masih Bisa Dibeli On The Spot

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: