Rini S Bon Bon (Sumber gambar: Indonesian Film Center)

Pelawak Rini S Bon Bon Meninggal Dunia, Simak Perjalanan Kariernya

11 July 2022   |   09:47 WIB

Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka. Pelawak Rini S Bon Bon meninggal dunia pada hari Minggu, (10/7/2022). Belum diketahui secara pasti penyebab meninggalnya perempuan bernama asli Irni Yusnita itu. Namun, dia diketahui memiliki riwayat penyakit diabetes.

Mendiang Rini pun dikabarkan akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kawi Kawi, Johar Baru, Jakarta Pusat, pada hari ini, Senin (11/7/2022).

Rini diketahui mengidap diabetes tipe 2 sejak 1996. Hal itu membuat dia harus bolak-balik rumah sakit, hingga memangkas bobot tubuhnya hingga 23 kilogram. Pada 2009, kondisi kesehatan tubuhnya kian memburuk, hingga salah satu kakinya nyaris diamputasi.

Baca juga: 7 Tanda Pradiabetes yang Harus Diwaspadai

Selain menjalani perawatan medis, Rini juga diketahui menjalani pengobatan tradisional dengan mengonsumsi obat-obatan herbal. Pada 2014, kondisi kesehatan Rini sempat membaik dan dia pun kembali beraktivitas.

Irni Yusnita atau yang lebih dikenal Rini S Bon Bon adalah pelawak kelahiran 1971. Dia dikenal sebagai komedian sejak tahun 1990-an. Tak hanya aktif sebagai pelawak, dia juga dikenal sebagai pemain sinetron hingga pembawa acara.

Pada era 1990-an, Rini boleh dibilang salah satu komedian yang memiliki popularitas cukup tinggi, hingga sampai pada puncak kariernya. Lewat celotehannya yang cenderung berlogat Betawi, dia sering membuat publik dan penonton televisi tertawa. Dia juga kerap tampil sebagai bintang tamu di berbagai acara televisi Tanah Air.
 

g

Rini S Bon Bon saat bermain dalam acara komedi Kompor Diamor tahun 1991 (Sumber gambar: MNC TV/YouTube)

Rini pernah bergabung dalam acara komedi televisi Kompor Diamor yang tayang di TPI pada 1991. Dalam acara itu, dia menjadi bintang tamu dan bermain bersama grup lawak legendaris Diamor yang digawangi oleh Komeng, Mamo, Rudy Sipit, dan Jarwo Kwat.

Selain mengisi berbagai acara di televisi, komedian yang ikonik dengan tubuh gemuknya ini juga pernah membintangi salah satu film grup lawak legendaris Warkop DKI berjudul Lupa Aturan Main yang dirilis pada 1990. Bersama Dono, Kasino, Indro, serta Eva Arnaz, Rini sukses membuat film itu kian menghibur lewat pemeran pembantu yang dimainkannya.

Namun, perjalanan Rini sebagai komedian populer terpaksa harus terhenti karena penyakit diabetes yang dialaminya. Dia mengidap penyakit gula darah itu sejak 1996. Penyakit diabetes melitus tipe 2 yang dialaminya bahkan menggerogoti tubuhnya yang dulu dikenal gempal itu.

Selama perjuangannya melawan diabetes, Rini juga sempat menjadi relawan yang memberikan edukasi serta penyemangat bagi orang lain yang mengidap penyakit yang sama dengannya.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Memasuki Masa Dewasa, Ini 3 Komitmen Investasi untuk Gen Z

BERIKUTNYA

Resep Sop Daging Sapi, Ide Mengolah Daging Kurban yang Praktis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: