Ilustrasi Berserk Volume 40. (Dok. Twitter Berserk Project)

Wafatnya Kentaro Miura Tinggalkan Manga Berserk Tanpa Episode Akhir

20 May 2021   |   20:13 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Genhype, hingga hari ini, serial manga Berserk karya penulis Kentaro Miura yang masih berlangsung kemungkinan besar tidak akan selesai. Serial yang memulai debutnya pada 1989 ini  tidak perlu waktu lama untuk berubah menjadi anime dan juga sejumlah adaptasi film.

Serial manga ini sangat populer dan kemudian menjadi salah satu serial manga terlaris sepanjang masa. Video game seperti Dark Souls, Bloodborne dan Final Fantasy serta manga dan anime seperti Demon Slayer, Castlevania dan Vagabond semuanya menunjukkan pengaruh Miura.

Kentaro Miura mulai menggambar pada usia 10 tahun, membuat manga untuk teman-teman sekelasnya. Hobi ini dia realisasikan sebagai karier setelah bekerja sebagai asisten George Morikawa, pencipta manga tinju Hajime No Ippo, pada usia 18 tahun.

Berserk menceritakan kisah Guts. Seorang pendekar pedang bayaran yang berada dalam dunia yang keras dengan pertempuran dan sihir tanpa akhir. Guts sedang dalam pencarian untuk membalas dendam terhadap mantan tuannya Griffith, yang menjadi dewa iblis.

Berserk terkenal karena penceritaan visualnya yang di luar standar atau gaya manga dan seringkali menggamabarkan aksi brutal, yang juga dianggap sebagai salah satu karya seni gambar paling memesona dan terperinci yang pernah ada di dunia manga.

Berkat popularitas Berserk, satu adaptasi anime dengan judul yang sama diproduksi pada 1997. Satu seri film, yang mencakup cerita awal dari manga ini, diproduksi pada tahun 2012, dengan seri tambahan yang dirilis pada 2016. Beberapa video game berdasarkan Berserk juga dirilis.
 
Kentaro Miura, meninggal dunia pada usia 54 tahun. Dia meninggal pada 6 Mei 2021 akibat diseksi aorta akut, menurut pernyataan penerbit Berserk, Hakusensha. Tweet yang dalam bahasa Jepang dari akun Hakusensha dan Berserk Project yang secara kasar diterjemahkan menjadi:

"Laporan kematian sensei Kentaro Miura. Kentaro Miura sensei, penulis Berserk, meninggal dunia pada tanggal 6 Mei 2021, karena diseksi aorta akut. Kami ingin menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Miura sensei dan seninya dan berdoa dari lubuk hati kami agar jiwanya dapat beristirahat dalam damai. "


Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Kelamaan Main Gawai, Awas Kena Trigger Thumb

BERIKUTNYA

Hati-hati! Minum Alkohol Bisa Tingkatkan Risiko Kerusakan Otak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: