Sastrawan Budi Darma (dok: American Indonesian Exchange Foundation/Aminef)

Sastrawan Penulis Orang-orang Bloomington Budi Darma Tutup Usia

21 August 2021   |   11:12 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kabar duka datang dari dunia sastra Tanah Air. Sastrawan sekaligus Guru Besar Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) Universitas Negeri Surabaya Budi Darma dikabarkan tutup usia pada Sabtu (21/8/2021). Sastrawan yang terkenal dengan karya-karya seperti Orang-orang Bloomington dan Olenka tersebut wafat pada usia 84 tahun. 

Kabar duka ini dicuitkan oleh akun Twitter Gramedia Pustaka Utama Bidang Sastra @sastragpu.

“Selamat jalan Pak Budi Darma. Sampai jumpa lagi, Maestro. Terima kasih atas karya-karyamu bagi Indonesia. Rest in love, Pak Budi Darma 25 April 1937 – 21 Agustus 2021,” cuitnya, Sabtu, (21/8/2021).

Kabar duka yang sama juga disampaikan Direktur Eksekutif Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet) Damar Juniarto melalui cuitannya.

“Berita Lelayu: Penulis Budi Darma meninggal dunia hari ini. Baru kemarin saya cerita ke anak saya, kalau kamu mau belajar menulis One-shot, hanya ada 1 penulis di Indonesia yang bisa, namanya Budi Darma. Dia juga penulis yg terkenal dengan teknik kolase. Saya merasa kehilangan,” cuitnya melalui akun @DamarJuniarto.

Sementara itu, dilansir Antara, adik dari Budi Darma, Budi Sampurno mengatakan bahwa sang kakak menghembuskan napas terakhir setelah terinfeksi Covid-19 dan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Islam, Wonokromo, Surabaya. Jenazah Budi Darma dimakamkan pada Sabtu (21/8/2021) di Taman Pemakaman Umum (TPU), Keputih, Surabaya. 

Budi Darma yang lahir pada 25 April 1937 dikenal sebagai akademisi dan sastrawan yang telah melahirkan berbagai cerita pendek, novel, esai, dan karya tulis lainnya. Beberapa karyanya antara lain adalah novel Olenka (1983), Raflus (1998), dan Ny. Talis (1996); kumpulan cerpen Orang-orang Bloomington (1980) dan Laki-laki lain dalam Secarik Surat (2008); serta kumpulan esai Solilokui (1983), Sejumlah Esei Sastra (1984), dan Harmonuium (1995).

Salah satu karyanya yang mendunia adalah kumpulan cerita Orang-orang Bloomington ditulisnya pada saat berada di Bloomingtoon, Amerika Serikat (AS) untuk menempuh pendidikan di Universitas Indiana. Sebelum menempuh pendidikan di sana, Budi Darma belajar di Universitas Hawaii, Honolulu, AS dan Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta).


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Lutesha dan Jerome Kurnia Perkuat Karakter dalam Film Penyalin Cahaya

BERIKUTNYA

Hadiah dan Bonus Khusus dari BNI untuk Penerima Kartu Prakerja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: