Ada berbagai cara untuk membuat kabel di dinding tampak rapi (sumber gambar: Charlotte May: https://www.pexels.com)

5 Cara Merapikan Kabel yang Berantakan di Dinding

10 July 2022   |   16:47 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kebel adalah bagian tidak terpisahkan dari rumah, lantaran ada banyak peralatan elektronik yang membutuhkan pasokan arus listrik di beberapa sudut ruangan. Namun, kadang kabel di dinding dapat membuat rumah menjadi acak-acakan dan terlihat semrawut.

Untuk merapihkan kabel di dinding, diperlukan treatment khusus agar keberadaannya tetap dapat membuat rumah menjadi cantik.  Dilansir dari berbagai sumber, ada berbagai macam cara agar kabel di dinding rumah dapat tetap terlihat rapi, dan alat elektronik tetap berfungsi dengan baik.
 

1. Gunakan penutup kabel.

Penutup kabel berguna untuk menyatukan kabel–kabel yang menghubungkan peralatan eletronik ke dalam satu pipa tertutup, sehingga instalasi listrik itu tidak terlihat dan dinding menjadi rapi.

Baca juga: 6 Cara Simpel Merapikan Meja Kerja di Rumah

Ada berbagai macam jenis dan bentuk penutup kabel yang dapat digunakan oleh individu untuk menutupi kabel. Tidak hanya itu, beberapa di antaranya juga memiliki bermacam warna yang dapat membuat rumah tampil lebih cantik selain rapi.
 

2. Pakai pengikat kabel.

Cara lain yang dapat dilakukan agar kabel di dalam rumah tetap rapi adalah menggunakan pengikat kabel. Kabel di dinding tidak jarang terlihat acak-acakan lantaran ukuran yang memanjang dan terdiri atas beberapa saluran.

Dengan pengikat kabel itu, instalasi listrik untuk berbagai peralatan elektronik itu dapat diikat dengan rapi. Tidak hanya itu, pengikat kabel juga memiliki berbagai warna, seperti hitam, putih, merah, dan sebagainya.  
 

3. Klem kabel.

Klem kabel juga menjadi salah satu cara untuk merapikan kabel di dinding. Namun, yang perlu menjadi perhatian saat menggunakan klem kabel adalah harus betul-betul memastikan letak klem karena jika kurang tepat harus dicabut dan akan meninggalkan lubang di dinding.

Jadi pemakaian klem kabel ini harus hati-hati ya. Jangan sampai, niat untuk merapikan kabel dan membuat dinding rumah menjadi cantik, malah sebaliknya lantaran dinding harus bolong bekas klem kabel.
 

4. Tutupi dengan furnitur atau aksesori.

Furnitur yang ada di ruangan dapat dipakai untuk menutupi kabel yang menghubungkan barang elektronik dengan sumber listrik. Salah satu furnitur yang berukuran besar untuk menutupi kabel yang terbentang di dinding adalah dengan meggunakan lemari.

Selain dengan furnitur, aksesori lainnya juga dapat digunakan untuk menutupi kabel berantakan di dinding agar dapat tetap terlihat rapi, seperti hiasan dinding, lukisan, atau cermin.

Baca juga: Suka Timbun Barang di Rumah? Coba 6 Tips Ini untuk Merapikannya

Ada trik lain yang dapat digunakan agar kabel terlihat lebih rapi, yakni membuatnya menempel di dinding bagian pojok atas, atau bagian bawah. serta tidak memasang kabel di tengah-tengah dinding..

Namun, kabel yang dipasang di sudut bawah tembok harus dipastikan aman dan kabel terlindungi agar tidak dimainkan oleh anak-anak.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Keren! Masih Muda Bisa Kurban, Tapi Boleh Makan Dagingnya Enggak Ya?

BERIKUTNYA

3 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: