Rendang (Sumber gambar: Bawah Reserve/Unsplash)

7 Ide Olahan Daging Kurban agar Tahan Lama, Bisa Buat Stok Lauk!

10 July 2022   |   14:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Hari Raya Iduladha identik dengan ritual penyembelihan hewan kurban. Hal ini pun membuat banyak orang memiliki stok daging di rumah yang melimpah, baik itu daging sapi maupun kambing. Dengan kondisi seperti itu, diperlukan ketepatan pengolahan agar daging yang ada tidak mubazir.

Meski memiliki daging yang melimpah, tentu memasaknya sekaligus dalam satu waktu akan sedikit merepotkan. Untuk menyiasatinya, kalian bisa membuat menu olahan daging yang cukup tahan lama. Dengan begitu, kalian akan memiliki stok lauk yang bisa dimakan sewaktu-waktu.

Baca juga:  5 Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tidak Bau dan Tahan Lama

Berikut adalah 7 cara untuk mengolah daging agar awet dan tahan lama.


1. Rendang

Rendang adalah salah satu olahan daging yang bisa tahan lama. Karena dimasak dalam waktu yang lama, rendang bisa dimasak sampai kering hingga awet dalam jangka waktu lama.

Baca jugaResep Rendang khas Minang, Cocok untuk Sajian saat Iduladha

Makanan satu ini membutuhkan setidaknya lebih dari 8 jam untuk daging benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. Karena proses pemasakan yang lama, rendang menjadi tahan lama bahkan bisa digunakan sebagai bekal jika berlibur atau saat bepergian jarak jauh. 


2. Abon

 

Abon (Sumber gambar: Dashu83/Freepik)

Abon (Sumber gambar: Dashu83/Freepik)


Olahan daging agar tahan lama selanjutnya adalah abon. Makanan satu ini bahkan bisa disimpan hingga sebulan di dalam toples. Olahan daging yang dicincang halus dan dikeringkan ini umumnya memiliki citarasa manis dan gurih.

Selain disantap dengan nasi hangat, abon juga dapat dijadikan campuran kue atau dimakan secara langsung.


3. Serundeng

Serundeng adalah makanan berbahan daging dan kelapa, yang dimasak dalam waktu lama hingga kering. Serundeng memiliki tekstur agak renyah karena kepala parut yang dikeringkan, serta suwiran daging kering.

Baca jugaBiar Tahan Lama, Daging Kurban Dibikin Serundeng Aja

Kelapa yang digunakan untuk serundeng harus dimasak sampai benar-benar kering sehingga tidak cepat rusak ataupun basi. Dengan demikian, daging juga bisa awet dalam waktu yang lama.


4. Dendeng

Dendeng adalah makanan berbahan dasar daging sapi yang diiris tipis, kemudian dijemur hingga kering. Makana satu ini bisa awet dalam waktu yang lama karena setelah dibumbui, daging dijemur hingga kering lalu digoreng hingga matang.

Baca jugaBosan Bikin Sate? Berikut 3 Resep Olahan Daging Kambing yang Wajib Dicoba

Dendeng juga biasanya dijual dalam bentuk kering yang dikemas menggunakan plastik kedap udara, kemudian menggorengnya di rumah. Di Indonesia, terdapat beberapa variasi dendeng seperti dendeng manis, dendeng pedas dan sebagainya.
1
2


SEBELUMNYA

Ardhito Pramono Bereksplorasi Tembang Pop Lawas dalam Single Wijayakusuma

BERIKUTNYA

Mau Jalan-Jalan dengan Kereta Api? Yuk Cek Syarat Terbaru Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: