Kreator konten bisa menyajikan konten seputar buku dengan ragam pendekatan, mulai dari rekomendasi sampai ulasan. (Sumber gambar: Unsplash)

4 Jenis Konten Media Sosial Seputar Edukasi Buku

07 July 2022   |   17:57 WIB

Edukasi mengenai pentingnya membaca dan meningkatkan minat baca bisa dilakukan dengan berbagai cara. Biasanya, beberapa upaya ini dilakukan melalui distribusi konten media sosial dari berbagai pihak, termasuk kreator konten yang selama ini memiliki beberapa peran edukasi kepada pengikutnya dari berbagai kalangan.

Konten tentang buku kini menjadi salah satu jenis konten edukasi yang sedang digemari masyarakat. Biasanya, konten ini populer di beberapa media sosial seperti Instagram (biasa disebut sebagai bookstagram), Twitter, dan baru-baru ini di TikTok. 

Baca juga6 Rekomendasi Genre Buku Anak untuk Kembangkan Imajinasi

Bagi Genhype yang tertarik dan ingin memulai pembuatan konten buku di media sosial, ini rekomendasi jenis konten yang bisa kalian buat.
 

1. Insight dari buku

 

Konten buku ini biasanya memuat ulasan tentang sebuah buku yang sudah dibaca secara keseluruhan buku. Insight ini bisa berupa hal-hal yang didapat dari sebuah buku. Misalnya pesan moral atau hal yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari dari buku yang bisa dibaca atau kutipan terbaik dari sebuah buku.

Dalam membuat ulasan buku atau insight dari sebuah buku, penyampaiannya perlu dilakukan secara mendalam dan biasanya terdapat beberapa pendapat pribadi serta penilaian kuantitatif dalam bentuk bintang atau angka. Jangan lupa untuk bermain dengan berbagai caption di dalam konten maupun dalam unggahan media sosial.
 

2. Rekomendasi buku

 
@arumijiwa Balas @biruorange_ #booktok #booktokindonesia #bookrecommendations ? suara asli - GeryGany

Konten rekomendasi menjadi salah satu konten yang menarik karena jenis ini bisa menunjukkan bahwa Genhype memiliki pilihan buku yang ditawarkan kepada audiens atau pengikut di media sosial. Agar konten ini bisa menarik, Genhype bisa memberikan visual yang ciamik dan caption yang simpel untuk mengomunikasikan alasan mengapa buku-buku yang dipublikasi harus dibaca oleh orang lain.

Biasanya, konten ini hadir dalam bentuk video panjang dan pendek. Namun, tren media sosial yang mempopulerkan video pendek seperti Instagram Reels dan TikTok bisa jadi salah satu cara untuk memulai konten tentang buku.
 

3. Tips dan trik tentang buku

 

Untuk tips dan trik, beberapa topik yang bisa dibawakan bisa seputar tips dan trik menata buku di laci atau shelfie, tips merawat sebuah buku, tips membeli buku, hingga tips membangun suasana membaca di tempat yang disediakan khusus untuk hobi tersebut.

Tak hanya sebagai cara untuk menunjukkan inspirasi dan kiat-kiat, beberapa cara in secara tidak langsung juga memperlihatkan beberapa koleksi buku yang mungkin membuat audiens atau pengikut tertarik untuk membaca jika melihat dari bagian samping atau spine.


Baca juga4 Tips Ini Bikin Kamu Jadi Hobi Baca Buku
 

4. Update buku bacaan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BRENDA WAWORGA (@br.enda)


Konten alternatif yang bisa Genhype buat adalah proses membaca buku, baik secara harian, mingguan, maupun bulanan. Beberapa kiatnya bisa menunjukkan buku yang sudah dibaca, sedang dibaca, atau akan dibaca dalam satu foto, menumpuk buku-buku tersebut dengan caption to be read atau akan dibaca, serta buku-buku yang baru dibeli atau biasa disebut book mail.

Konten ini bisa dibawakan dalam bentuk foto dengan caption yang cukup panjang maupun video berdurasi pendek. Bahkan, dalam konteks book mail, konten ini bisa dibuat dengan cara melakukan unboxing untuk menunjukkan koleksi buku terbaru di dalam laci Genhype.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Mengenal Konsep Alokasi Aset & Kapan Waktu yang Tepat Berinvestasi

BERIKUTNYA

Profil Brisia Jodie, Dari Dunia Tarik Suara Kini Sukses Buka Ratusan Gerai Es Teh Kekinian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: