Bersedih secara berlebihan dapat memiliki dampak negatif terhadap anak (sumber gambar ilustrasi: pexels/ Rodnae Productions)

Dampak Positif & Negatif Jika Orang Tua Memperlihatkan Kesedian di Depan Anak-anak

07 July 2022   |   16:34 WIB

Sebagian orang tua, mungkin dapat menyimpan kesedihan mereka di depan anak-anak. Sekalipun sedih, mereka tetap berusaha ceria di depan buah hati mereka. Namun, tak jarang ada pula orang tua yang tidak dapat menahan air mata di depan anak-anak mereka. Apakah memperlihatkan kesedihan di depan anak memiliki dampak negatif bagi tumbuh kembang mereka?

Ternyata, terlihat sedih atau bahkan menangis ternyata memiliki dua sisi bagi perkembangan anak saat terlihat oleh anak. Ainul Yaqin, Wakil Kepala Rumah Main Cikal, menuturkan bahwa menunjukkan kesedihan di hadapan anak dapat menjadi salah satu peluang memperkenalkan emosi manusia pada anak. Namun, menunjukkan kesedihan juga dapat berdampak negatif pada anak.

Baca juga: Jangan Sepelekan Dampak Kekerasan Psikis pada Anak
 

Dampak positif

Bersedih dapat dapat menjadi ruang bagi anak untuk belajar empati. Hal ini terjadi ketika orang tua yang bersedih memberikan penjelasan kepada anak tentang perasaan mereka. Dari titik itu, lanjutnya, anak akan belajar berempati dan memahami cara mengekspresikan diri dari nilai dan makna yang disampaikan orang tua.

Penjelasan orang tua terhadap perasaan mereka dinilai perlu, karena tanpa hal tersebut anak akan berusaha menyimpulkan sendiri atas apa yang mereka lihat. Diskusi atau penjelasan yang disampaikan oleh orang tua, paparnya, merupakan kesempatan untuk menanamkan nilai moral maupun keluarga yang ingin dimiliki oleh anak.
 

Dampak negatif

Sementara itu, bersedih atau menangis akan memberikan dampak negatif kepada anak. Sebab kesedihan bisa jadi membuat anak merasa tidak aman dan nyaman dengan lingkungannya. Apalagi jika orang tua menunjukkan rasa yang sedih yang berlebihan.

Tidak hanya itu, rasa bersedih juga dapat memberikan dampak negatif, jika alasan bersedih yang dihadapi oleh orang tua disampaikan dengan penjelasan yang tidak tepat. Selain itu dampak negatif juga akan muncul bila kesedihan dan tangisan itu ditampilkan berulang-ulang atau berlama-lama hingga menangis histeris.

Baca juga: Jangan Emosi Ya Bun, Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum

Di samping memberikan rasa tidak aman dan nyaman dengan lingkungan, kondisi tersebut juga akan membuat anak belajar menyalahkan diri sendiri. “Jika kesedihan orang tua berhubungan dengan hal-hal yang dilakukan oleh anak yang kemudian akan berdampak pada penilaian diri yang negatif.”

Editor: Dika Irawan
 
SEBELUMNYA

Galnas Gelar Pameran Sketsa Bertajuk Konsistensi Tarik Garis Bambang Harsono

BERIKUTNYA

Mengenal Konsep Alokasi Aset & Kapan Waktu yang Tepat Berinvestasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: