Ilustrasi (Photo by National Cancer Institute on Unsplash)

6 Aktivitas Seru buat Meriahkan Hari Keluarga, Yuk Kita Coba!

29 June 2021   |   13:29 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Luangkan waktu hari ini untuk menghargai orang-orang yang membuat hidup kita bermakna. Ternyata, Indonesia merayakan Hari Keluarga Nasional (Harganas) setiap tanggal 29 Juni sejak 1992 dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan.

Meski sudah lebih dari satu tahun ini kita rasanya selalu berkumpul selama 24 jam sehari bersama anggota keluarga serumah, Harganas mengingatkan kita kembali akan pentingnya meluangkan waktu berkualitas dengan keluarga, termasuk dengan si kecil. 

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan meluangkan waktu bersama keluarga. 

Dengan meluangkan waktu bersama, orang tua dan anak-anak bisa berdiskusi tentang banyak topik seperti hal-hal yang lebih ingin diketahui anak dan juga masalah yang sedang dihadapi anak. Anak pun bisa jadi lebih terbuka untuk bercerita dengan orang tua.

Saat meluangkan waktu bersama anak dapat menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mencari tahu kekuatan dan kelemahan anak. Dengan memaksimalkan kekuatan dan membantu menghadapi kelemahan anak, orang tua dapat membantu anak untuk menjadi semakin percaya diri.

Saat anak sedang bersama orang tua, mereka akan melihat hal apa saja yang dilakukan dan meniru orang tua. Di saat ini lah orang tua bisa memberikan contoh yang baik agar bisa juga diikuti oleh anak-anak dan menjadi kebiasaan yang baik.

Meluangkan waktu dengan anak juga berarti memberikan perhatian kepada mereka dan membuat anak merasa penting. Melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama-sama membuktikan bahwa orang tua mementingkan anak dibandingkan kegiatan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah bersama keluarga untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama seperti dilansir dari Greenfields Indonesia:

1. It’s family game time!
Bermain adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan juga bermanfaat untuk anak. Tidak hanya seru, anak juga bisa belajar menghadapi masalah dan meningkatkan kemampuan motorik saat bermain. Pilihlah permainan yang bisa dimainkan sekeluarga, seperti board games.

2. I love movie nights!
Yuk, ajak si kecil nonton bareng film favoritnya. Setelah selesai menonton, ajak ia menceritakan ulang bagian film yang paling disukainya dan tanyakan juga alasannya. Orang tua juga bisa mengajaknya berdiskusi dan mengajarkannya mengenai hal baik dan buruk yang dapat dipetik dari film tersebut.

3. Let’s go on a virtual trip!
Ajak si kecil untuk menjelajahi dunia di luar rumah secara virtual. Orang tua bisa mencari berbagai perjalanan virtual secara daring. Sebelum memutuskan akan 'bepergian' ke mana, mom and dad bisa menanyakan si kecil kira-kira tempat, kota atau negara mana yang ingin ia kunjungi secara virtual.

Untuk menjadikannya lebih seru, terapkan dress code. Misalnya, biarkan si kecil memakai baju pantai jika dia ingin ke Bali; atau biarkan anak mengenakan baju jersey favoritnya jika ia ingin ke stadion untuk menonton pertandingan sepakbola.

4. When I was your age!
Yuk, bagikan kepada mereka cerita tentang pengalaman orang tua saat seusia si kecil. Ini bisa jadi diskusi yang seru. Dengan iringan musik, suasana akan jadi lebih menyenangkan. Tinggal minta si kecil untuk mencari lagu yang disukai di aplikasi di laptop atau tablet.  

Ceritakan kalau mom & dad dulunya memutar CD atau bahkan kaset. Jika si kecil sekarang berkirim pesan secara daring, dahulu orang tua berkirim SMS atau surat. Kakek dan nenek juga bisa ikut berbagi pengalaman mereka yang pastinya akan lebih seru lagi.

5. Dine at our special restaurant!
Berikan pengalaman yang tak terlupakan untuk si kecil dengan mengajakanya menikmati hidangan istimewa dengan suasana restoran. Siapkan meja dengan semua perlengkapan seperti di restoran, lengkap dengan bunga di vas dan peralatan makan yang tertata rapi.

Persilakan si kecil untuk duduk di kursinya dan berikan kepadanya menu yang ditulis tangan berisikan hidangan-hidangan yang akan dinikmati bersama. Orang tua kemudian secara bergantian berlakon sebagai pelayan dan menyajikan makanan.

6. I love cooking with mom and dad!
Sebelum makan, pastinya kita perlu menyiapkan makanan dulu. Memang sekarang memesan makanan sudah sangat gampang, tapi ada baiknya kalau kita memasak makanan sendiri.

Selain untuk tahu pasti bahan-bahan yang kita pakai, memasak bersama juga bisa menjadi kegiatan yang seru untuk dilakukan bersama anak-anak. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Qualcomm Perkenalkan Prosesor Premium Terkuat Snapdragon 888 Plus

BERIKUTNYA

Tayang 2 Juli di Netflix, Ini Trailer Serial Horor Fear Street Part 1:1994

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: