Outdoor yang tidak mengeluarkan hawa panas salah satu tanda kemungkinan freon habis (sumber gambar ilustrasi: pexels/Ron Lach)

Ciri-ciri Freon AC di Rumah Kalian Sudah Habis, Salah Satunya Ada Tetesan Air

06 July 2022   |   16:31 WIB

Air conditioner atau pengatur suhu ruangan merupakan barang yang kini hampir selalu ada di setiap rumah. 
Perlengkapan rumah tangga ini dibutuhkan untuk menyejukkan ruangan, mengingat kita tinggal di negara tropis, di mana suhu panas hampir sering terjadi. Kemampuan AC menghasilkan suhu dingin dan sejuk berasal dari freon di dalamnya. 

Freon adalah sebuah gas atau zat cair. Jika freon yang terdapat di dalam AC habis, suhu ruangan tidak akan menjadi dingin atau sejuk dan berpotensi membuat tidak nyaman. Lantaran pentingnya freon bagi AC, kalian pun perlu mengecek kondisinya.

Bagaimana caranya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri freon yang ada di dalam AC sudah habis.

Baca juga: Tanpa Pendingin Ruangan, Ini 5 Cara Mudah untuk Atasi Kepanasan di Rumah
 

Suhu Ruangan Tidak Dingin

Ciri yang paling utama ketika freon AC habis adalah AC tidak dapat membuat ruangan menjadi dingin meskipun sudah disetel pada tingkat yang paling rendah, yakni 16 derajat celcius. Individu hanya akan merasakan hembusan kipas dari mesin indoor AC.
 

Lampu Indikator

Setiap AC memiliki petunjuk yang berbeda saat freon AC yang ada di dalam ruangan sudah habis. Namun, pada umumnya, tanda yang diberikan di lampu indikator adalah berkedip. Jadi, cek kembali buku petunjuk yang didapat saat membeli AC untuk memastikan apakah tanda yang diberikan oleh lampu indikator adalah tanda freon AC habis.
 

Tidak Mengeluarkan Hawa Panas

Pada umumnya, bagian outdoor AC akan mengeluarkan angin panas yang berhebus ketika AC dinyalakan, dan unit indoor akan mengeluarkan udara yang sejuk. Jika unit di dalam ruangan tidak mengeluarkan suhu dingin dan unit outdoor tidak mengeluarkan panas, segera cek ketersediaan freon di dalam AC.  
 

Air menetes akibat bocor

Freon yang habis dapat mengakibatkan gumpalan di evaporator, yakni sebuah alat untuk menguapkan cairan yang terdapat di dalam AC. Gumpalan-gumpalan ini membuat kebocoran, dan air akan menetes dari unit indoor.

Baca juga: Rumah Kalian Terlanjur Menghadap Barat, Ini Trik Biar Enggak Kepanasan
 

Tagihan Listrik Lebih Mahal

Freon yang habis akan membuat sensor yang terdapat di unit indoor tidak dapat menangkap suhu ruangan yang disetel lantaran suhu tidak mengalami penurunan sesuai dengan yang disetel. Kondisi ini membuat kinerja mesin outdoor AC terus menyala dan berakibat pada penggunaan daya yang besar, sehingga membuat tagihan listrik lebih mahal.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Bunda, Kekurangan Berat Badan selama Kehamilan Berisiko Stunting pada Bayi

BERIKUTNYA

4 Alasan Kalian Harus Nonton Serial Dear M yang Sudah Masuk Season Finale

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: