Gambar ilustrasi ruangan di dalam rumah (dok. foto Vecislavas Popa dari Pexels)

Ingin Menata Rumah? Ini 5 Langkah Ciptakan Ruang Multifungsi Nyaman

09 September 2021   |   17:24 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Rumah menjadi tempat yang paling penting bagi setiap individu, terlebih pada saat pandemi Covid-19. Pada masa pandemi, aktivitas di rumah lebih banyak jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi karena kita harus di rumah saja ya, Genhype. 

Arsitek Ren Katili menuturkan bahwa sudut ruang rumah yang dijadikan ruang multifungsi makin dibutuhkan, khususnya pada masa pandemi, guna tetap mendukung aktivitas tiap anggota keluarga selama berada di rumah saja. 

“Ruang multifungsi yang tentram dan nyaman perlu didukung dengan produk yang tepat, karena secara otomatis akan memberikan ketenangan hati para ibu. Ruang multifungsi ini juga bisa dijadikan ruang bermain anak agar mereka tetap bisa berkreasi di masa pandemi saat harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja,” katanya dalam rilisnya.

Berikut 5 langkah untuk menciptakan ruang multifungsi di rumah yang nyaman:
 
1. Ruang yang mengalir
Ruang yang mengalir adalah kunci utama agar ruang bisa berfungsi optimal dengan berbagai macam kegiatan di dalamnya. Jadi, penentuan di awal ruang apa saja yang akan digabungkan sebaiknya dilakukan, supaya mudah meletakkan perabotan dengan tepat dalam ruang tersebut.
 
2. Perabot multifungsi
Pilih furnitur yang memiliki fungsi lebih dari satu, yang mudah dipindahkan atau digeser supaya tidak menghabiskan tempat yang ada. Makin sedikit perabotan yang dibeli, akan makin baik.
 

ilustrasi penataan rumah/freepik

ilustrasi penataan rumah/minimalis.com


3. Pencahayaan dan udara alami
Pencahayaan dan udara alami bagian penting dalam menciptakan ruang multifungsi. Pastikan pencahayaan dan udara alami yang cukup dalam ruang tersebut karena hal ini baik bagi kesehatan pengguna ruangan mengingat durasi penggunaan dalam ruang multifungsi ini bisa jadi lebih lama dibanding ruang-ruang lain.
 
4. Perawatan mudah
Pilih material dan perabotan yang mudah dalam perawatan, termasuk pemilihan material penutup lantai dan dinding, mengingat kegiatan yang cukup beragam di ruang multifungsi. 
 
5. Warna dalam ruangan
Warna sangat berpengaruh pada tampilan suatu ruangan. Pilihlah warna-warna natural, serta kombinasikan warna tersebut menjadi dua atau tiga warna dalam satu ruangan.

Dengan pemilihan warna yang pas meskipun multifungsi, ruangan akan terlihat seimbang dan terkoordinasi.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Jangan Berlebihan, Ini Waktu Ideal Berolahraga Dalam Seminggu

BERIKUTNYA

Lee Hi Berdansa dalam Lantunan Disko di Video Klip Red Lipstick

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: