Ilustrasi tirai pelindung rumah (Sumber gambar: Unsplash/Mark Boss)

5 Jenis Tirai Pelindung Rumah, Enggak Cuma Meredam Panas Tapi Juga Bikin Hunian Kalian Tampak Indah

11 June 2022   |   17:43 WIB

Indonesia merupakan negara tropis dengan paparan sinar matahari yang cukup banyak.  Hal ini menguntungkan untuk membuat hunian kalian senantiasa mendapatkan pencahayaan secara alami. Sayangnya, paparan sinar matahari tersebut juga berpotensi untuk menaikan suhu ruangan, sehingga membuat penghuninya merasakan panas yang berlebihan.  

Namun, jangan khawatir ada beberapa cara untuk mengantisipasi persoalan tersebut. Mulai dari pemasangan windows blinds hingga oversatage. Tidak hanya mengejar fungsi, cara-cara ini juga bisa membuat rumah kalian lebih estetik. 

Apa saja? Simak informasi berikut ini dihimpun dari Bisnis Indonesia Weekly edisi 5 April 2015. 
 

1. Window blinds 

Salah satu cara yang digunakan untuk menahan panas yang berlebihan dengan menggunakan tirai pelindung atau window blinds di beberapa sisi jendela. Window blinds selama ini dikenal dengan fungsinya untuk menyaring cahaya di jendela rumah dan perkantoran.  Penggunaan window blinds membuat sinar matahari yang masuk dalam ruangan dapat terpapar dengan lebih merata. 

Baca juga: Pasang Wallpaper pada Area Ini, Rumah Kalian Bakal Tampil Lebih Hype
 

2. Model Kisi-kisi

Pilihan lain untuk menjaga suhu ruangan adalah menggunakan penutup jendela dengan model kisi-kisi.  Sarana penutup jendela ini dibuat dengan beragam bahan dan biasa digunakan pada bangunan yang dipengaruhi arsitektur kolonial. 
Fungsinya ampir sama, yakni mengurangi paparan sinar matahari langsung, dengan tetap membiarkan sirkulasi udara masuk ke dalam ruang.  
 

3. Awning atau kanopi

Pilihan lain yang dapat kalian gunakan untuk menahan paparan sinar matahari adalah menggunakan awning atau jenis kanopi. Perbedaan antara awning dan kanopi adalah bentuknya yang menyerupai tenda tetapi dibuat dari bahan yang masih memungkinkan tertembus sinar matahari. 

Meskipun masih tertembus paparan matahari, tetapi tidak terlalu banyak, sehingga tidak membuat suhu ruangan meningkat drastis. Pada umumnya, awning dipasarkan dalam dua warna, yakni cerah dan buram. 

Awning berwarna cerah memiliki banyak pilihan warna yang menarik, tetapi fungsi menahan paparan sinar matahari lebih rendah dibandingkan awning berwarna buram.  
 

4. Kaca film

Jika kalian tidak ingin repot memasang tiga jenis pelindung hunian dari sinar matahari,  kalian dapat memasang kaca film ke setiap  kaca jendela. Pelindung kaca ini dapat meredam panas sehingga suhu ruang di dalam rumah tetap terjaga. Di sisi lain, penempelan kaca film tidak akan menghalangi pandangan kalian untuk melihat ke luar ruangan, tetapi privasi kalian di dalam rumah tetap terjaga.  
 

5. Overstage atau overhag

Perangkat lain yang dapat kalian jadikan pilihan adalah memasang atap overstage atau overhang. Benda ini berbentuk atap yang menjorok ke depan melewati dinding. Biasanya ditempatkan di atas jendela, teras, dan balkon.  Atap jenis ini berfungsi sama dengan awning, hanya berbeda dari bahan pembuatannya.  

Baca juga: Trik Sederhana Mendesain Kamar Anak yang Nyaman & Aman

Overhang biasanya dibuat dari material kayu dan genteng. Namun, jika kalian memilih perangkat jenis ini, perlu kejelian dan persiapan yang menyesuaikan dengan desain hunian, karena sifatnya yang permanan. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah agar atap overhang tidak merusak dekorasi dan desain rumah.  

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Apa Itu Sindrom Ramsay Hunt yang Diderita oleh Justin Bieber? Ini Penjelasan, Gejala, & Tindakan Pencegahannya 

BERIKUTNYA

Ini Daftar Permainan Video Game yang Diumumkan Pada Ajang Netflix Geeked 2022 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: