Perempuan dan pria memiliki perilaku unik saat berbelanja (sumber gambar ilustrasi: pexels/Nataliya Vaitkevich)

6 Perbedaan Menarik Gaya Belanja Pria & Wanita, Yuk Intip Fakta-faktanya

06 July 2022   |   11:53 WIB

Riset berjudul Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia yang keluar pada Juni 2022 menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan di Indonesia memiliki perilaku yang unik saat belanja sejumlah produk di e-commerce. Kira-kira Genhype setuju gak?

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, riset yang memanfaatkan data primer dengan 16 juta sampel transaksi pembayaran yang berasal dari 1,5 juta sampel pengguna Kredivo di 5 e-commerce terbesar di Indonesia selama 2021 itu menemukan fakta-fakta menarik tentang perempuan dan laki-laki saat berbelanja.

Salah satu fakta yang ada adalah konsumen perempuan ternyata mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membeli kategori produk komputer dan gadget. Berikut fakta-fakta menarik tentang perempuan dan pria dalam berbelanja di e-commerce
 

1. Perempuan membeli lebih banyak produk dalam sekali transaksi

Riset yang dilakukan sepanjang 2021 tersebut menemukan bahwa konsumen perempuan lebih banyak membeli produk melalui e-commerce dengan rata-rata pembelian 45 produk per tahun. Sementara konsumen laki-laki membeli rata-rata 42 produk setiap tahun.

Baca jugaRiset Ini Menunjukkan Belanja Online di E-commerce Tidak Lagi Identik Dengan Kaum Hawa


2. Laki-laki mengeluarkan uang lebih banyak dalam setiap transaksi

Konsumen laki-laki menunjukkan bahwa mereka mengelukarn uang dengan jumlah yang lebih besar jika dibandingkan dengan konsumen perempuan saat melakukan transaksi. Konsumen laki-laki rata-rata mengeluarkan jumlah uang di kisaran Rp320.982 dan rata-rata konsumen perempuan mengeluarkan uang di kisaran Rp289.163.


3. Perempuan lebih loyal terhadap 1 platform e-commerce

Survei menunjukkan bahwa sebanyak 57 persen konsumen perempuan cenderung memilih berbelanja melalui 1 platform e-commerce. Sementara konsumen laki-laki cenderung berimbang atau lebih dari 1 platform e-commerce.


4. Otomotif vs Kecantikan

Berdasarkan preferensinya, survei juga menunjukkan bahwa konsumen laki-laki melakukan transaksi hampir dua kali lebih banyak untuk produk-produk kategori otomotif dan elektronik. Sementara konsumen perempuan lebih banyak membeli produk untuk kebutuhan makanan, kesehatan dan kecantikan, serta fashion


5. Produk Favorit

Kategori produk pulsa dan voucher, dalam survei, adalah produk yang menduduki posisi pertama untuk konsumen laki-laki. Kemudian, produk fesyen dan aksesorisnya, serta kesehatan dan kecantikan.

Sementara pada konsumen perempuan, produk fesyen dan aksesoris berada di posisi pertama. Kemudian diikuti oleh produk pulsa dan voucher, serta produk kesehatan dan kecantikan.


6. Perempuan mengeluarkan uang lebih banyak untuk kategori produk komputer dan gadget

Survei ini juga menunjukkan konsumen perempuan menghabiskan sekitar Rp2.892.039 untuk kategori produk komputer, gadget, dan aksesorisnya. Sedangkan konsumen laki-laki menghabiskan sekitar Rp2.108.342 untuk kategori produk yang sama.
Baca jugaSuka Bingung Saat Belanja Online? Kuy Simak Kiat Shopping Hemat & Anti Galau di E-commerce


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Riset Ini Menunjukkan Belanja Online di E-commerce Tidak Lagi Identik Dengan Kaum Hawa

BERIKUTNYA

Film Thor: Love and Thunder Hadirkan 12 Lagu Jadul sebagai Soundtrack, Ini Daftarnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: