Ilustrasi belanja online (Dok. Unsplash)

Makin Selektif, Konsumen Pertimbangkan Hal-Hal Ini saat Belanja Online

27 October 2021   |   14:48 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Jelang akhir tahun sepertinya makin banyak nih e-commerce yang menawarkan berbagai promo. Maraknya promo yang diberikan e-commerce memang mendorong tingkat konsumsi online menjadi lebih tinggi. Namun, bagaimana pengaruhnya pada perilaku konsumen?

Nah, ada insight menarik nih yang bisa ditarik dari Survei Perilaku Belanja Online yang digelar ShopBack pada 11–18 Oktober lalu. Survei ini diikuti oleh 13,358 responden dari rentang usia 18-55+ tahun di seluruh Indonesia.

Menurut survei tersebut, konsumen Indonesia saat ini makin selektif dan cerdas dalam berbelanja. Proses yang dilalui konsumen dari motivasi membeli, membuat keputusan belanja, hingga akhirnya check out cukup panjang dan dilakukan dengan saksama. 

Yuk simak insight-nya dalam rangkuman hasil riset di bawah ini.
 

1. Pengeluaran Belanja Online

Secara umum, terlepas sedang ada periode promo atau tidak, sebanyak 76% responden selalu menentukan budget sebelum berbelanja. 

Rata-rata responden mengeluarkan Rp 500 ribu untuk total transaksi belanja online setiap bulannya, dengan rata-rata pengeluaran per transaksi sebesar Rp100 ribu.
 

2. Riset sebelum Belanja

Saat akan berbelanja, 90% lebih responden selalu melakukan perbandingan harga dan browsing informasi produk serta membaca review produk. Ternyata, 85% responden menganggap review produk sangat penting dalam membuat keputusan berbelanja.

Enggak cuma review produk, 98% memeriksa rating dan review toko, serta 76% responden menilai rating toko juga sangat penting dalam menentukan keputusan belanja mereka.

(Baca juga: Twitter Ungkap 4 Fakta Perilaku Konsumen dalam Belanja Online)
 

3. Faktor yang Menentukan Keputusan Berbelanja

Ada lima faktor utama yang memengaruhi responden saat memutuskan ingin berbelanja, yaitu gratis ongkir, adanya promo diskon atau cashback, kualitas produk yang bagus, harga yang terjangkau, serta bagus/tidaknya review produk.
 

4. Periode dan Waktu Belanja

Mengenai periode belanja, ShopBack mencatat mayoritas responden berbelanja kapan saja mereka butuh, dan tidak serta merta tergantung tanggal atau periode tertentu. Namun berbelanja hanya pada promo tanggal kembar juga menjadi pilihan kedua.

Tak sedikit juga yang berbelanja hanya setiap tanggal gajian (tanggal 25 hingga akhir bulan). Biasanya mereka paling suka berbelanja saat bersantai setelah jam kerja atau menjelang tidur, yaitu pada pukul enam sore sampai tengah malam. Sementara itu pukul 12 siang hingga sore menjadi waktu belanja terfavorit kedua.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Dune (1984) dan Dune (2021), Apa Perbedaannya?

BERIKUTNYA

Iko Uwais Akan Bintangi Film The Expendables 4

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: