Tren interior dengan nuansa earth tone. (Sumber gambar : Freepik/Rawpixels)

Tip Ciptakan Interior Ciamik Buat Lebaran dengan Nuansa Earth Tone

17 April 2023   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Menghadirkan suasana baru di rumah pada saat Hari Raya Idulfitri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengubah interior hunian mulai dari warna cat tembok hingga menciptakan sirkulasi udara yang baik.

Jika bicara tren interior, rumah dengan nuansa earth tone masih menjadi favorit yang cocok untuk menghangatkan suasana Lebaran. Warna-warna yang berasa dari elemen bumi atau alam seperti batu, hutan, laut dan tanah ini dianggap dapat memberikan kesan lebih homey, khususnya di ruang tamu yang menjadi pusat aktivitas saat bercengkrama bersama keluarga. 

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika bereksperimen dengan dekorasi ruangan bernuansa earth tone ini. Agar tidak salah aplikasi, berikut tips menciptakan interior ciamik dengan nuansa earth tone di rumah. 

Baca juga: Ide Dekorasi Ruang Tamu & Ruang Makan yang Ciamik Untuk Sambut Lebaran
 

1. Pilih Warna Dinding yang Terang

Pemilihan warna cat atau wallpaper cerah memudahkan kalian memadupadankan perabot dalam ruangan maupun aksesori pelengkap. Warna cerah juga membuat suhu ruangan lebih sejuk karena warna-warna ini dapat memantulkan panas. Pemakaian warna krem kecokelatan, ungu muda, hijau muda, abu-abu terang, dan biru muda dapat menjadi opsi untuk nuansa Lebaran kali ini. 


2. Manfaatkan Peralatan Rumah Tangga Estetik

Ketika memilih perabot, tentunya fungsi menjadi pertimbangan paling utama. Namun banyak juga yang tetap ingin memperhatikan sisi estetika. 

Kombinasi antara kecanggihan teknologi dan perkembangan desain memungkinkan peralatan rumah tangga kini dapat mencakup keduanya, yakni cantik sekaligus fungsional.
 

3. Perkuat Aksen dengan Tekstur

Untuk memberikan keseimbangan, perpaduan material tekstil halus dan kasar menjadi pelengkap ketika warna netral earth tone mendominasi ruangan. Sebagai contoh, pemakaian serat kain yang bertekstur pada sarung bantal atau karpet bersanding dengan bahan sofa yang lembut.

Penggunaan material kayu pada meja atau kursi juga dapat mendukung. Opsi lainnya, tempatkan tanaman segar atau rangkaian bunga dengan pada posisi dan proporsi yang pas.


4. Perhatikan Sirkulasi dan Kebersihan Udara

Ruangan yang menyejukkan secara visual tidak lengkap tanpa kenyamanan yang berasal dari sirkulasi udara dan kualitas udara yang baik. Aliran udara dari sistem ventilasi silang memungkinkan terjadinya pertukaran udara secara terus-menerus di dalam dan luar ruangan. 

Ventilasi juga berfungsi menjadi saluran keluarnya polusi dari asap kendaraan atau gas berbahaya. Debu yang berasal dari furnitur atau material tekstil, mikroorganisme dari tanaman hias, alergen, hingga bulu halus dari hewan peliharaan dapat mempengaruhi kualitas udara dalam ruangan.

Nah, untuk menjaga kualitas udara bersih dan sehat terutama saat hari raya, kalian bisa menggunakan air purifier dengan fitur Air Quality Indicator.  Fitur ini memberikan informasi mengenai kualitas dalam ruangan lewat empat indikator warna. 

Jika kualitas udara di ruangan baik, maka indikator akan berwarna biru. Warna hijau menunjukan kualitas udara normal. Warna kuning berarti kualitas udara kurang baik dan akan berganti warna merah apabila kualitasnya memburuk. Penting juga memilih air purifier yang menggunakan HEPA Filter karena dapat menonaktifkan SARS-CoV-2 Varian Omicron dan H1N1 Human Coronavirus (HCov-OC43). 

Baca juga: Inspirasi Tren Dekorasi Rumah Sambut Lebaran, Ini Kata Desainer Interior

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Seberapa Siap Anak Masuk SD? Orang Tua, Pastikan 5 Aspek Ini Terpenuhi

BERIKUTNYA

Dibintangi Tony Leung & Wang Yibo, Film Hidden Blade Siap Tayang Mei 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: