Contoh gigi putih dan sehat. (Sumber gambar : Pexels/Daniel Xavier)

Mau Punya Gigi Putih dan Sehat? Hindari Makanan Ini

27 June 2022   |   09:01 WIB

Gigi yang sehat dan putih menjadi salah satu penunjang penampilan. Dengan kondisi gigi yang sehat itu, kita menjadi lebih percaya diri untuk tersenyum lebar atau mengobrol dengan banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga gigi dari kerusakan dan warna yang menguning.

Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari menjadi cara utama dalam merawat gigi. Namun demikian, penting juga memperhatikan asupan makanan dan minuman yang bisa merusak gigi.  Mengutip Live Science, berikut beberapa makanan yang bisa merusak gigi.


1. Makanan tinggi gula

Permen, kue kering, dan kue tidak hanya menambah berat badan, namun juga buruk untuk gigi. Ketika gula bersentuhan dengan plak pada gigi, itu merangsang produksi asam. Pada gilirannya, asam menyerang lapisan email luar gigi dan membuat kamu rentan terhadap gigi berlubang. 

"Ketika bakteri di mulut memakan gula, itu menghasilkan produk sampingan asam yang menghilangkan enamel dari gigi," kata Spesialis Gigi dr. Victoria Veytsman. 

Baca juga: Amankah Prosedur Kosmetik Gigi Seperti Bleaching?

Sementara penelitian yang terbit di Acta Medica Academica pada 2013 menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi gula dikaitkan dengan tingkat kerusakan gigi yang lebih tinggi. 

Sebagai solusi pengganti camilan manis, Veytsman menyarankan untuk mengunyah permen karet tanpa gula. "Permen karet tanpa gula yang mengandung xylitol dapat membantu mengurangi bakteri di mulut dan meningkatkan produksi air liur," jelasnya. 


2. Karbohidrat sederhana

Keripik kentang dan roti menjadi salah satu makanan yang buruk untuk gigi. Penelitian di Jurnal Kedokteran Gigi Anakpada 2011 menemukan bahwa makan karbohidrat olahan, seperti keripik kentang, dikaitkan dengan tingkat kerusakan gigi yang lebih tinggi. 

Keripik kentang cenderung terjebak di antara gigi. Sisa-sisa makanan ini menyebabkan plak menumpuk, hingga meningkatkan risiko kerusakan gigi. Lain halnya dengan roti, makanan ini membentuk pasta yang melapisi gigi dan dapat meningkatkan kadar plak. 

Ingin alternatif? Cobalah mengganti karbohidrat sederhana untuk karbohidrat kompleks dan gandum utuh, seperti roti gandum, quinoa, kentang rebus, dan oatmeal.


3. Mengunyah es batu

Mungkin kamu pernah atau sering melakukannya. Mengunyah es ternyata dapat membuat gigi terkelupas lho, Genhype. 

Baca juga: 9 Fakta Menarik Seputar Gigi, Ayo Simak!

Periodontist dan ahli gizi di Beverly Hills Dental Health and Wellness dr. Sanda Moldovan mengatakan mengunyah es menciptakan retakan mikro pada enamel, yang dapat menyebabkan gigi sensitif dan terkelupas. Tidak hanya es batu, popcorn juga menyebabkan kondisi tersebut. 


4. Buah sitrus

Lemon, jeruk, dan jeruk bali mengandung asam dan gula dalam jumlah tinggi. Menurut American Dental Association, pukulan asam ganda ini menyebabkan erosi enamel pelindung. Untuk tetap dapat menikmati kandungan gizi buah jeruk, lebih baik menikmatinya dalam jumlah sedang alias jangan berlebihan ya, Genhype. 

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Penelitian Terbaru: Virus Monkeypox Bermutasi 12 Kali Lebih Cepat

BERIKUTNYA

7 Makanan Khas Mesir yang Menggugah Selera

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: