Cuplikan film Ranah 3 Warna (Sumber gambar: MNC Pictures)

Tayang 30 Juni, Cek 5 Fakta Menarik Film Ranah 3 Warna

26 June 2022   |   23:04 WIB

Satu lagi film Indonesia yang akan tayang di bioskop yakni Ranah 3 Warna. Film ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya penulis Ahmad Fuadi. Disutradarai oleh Guntur Soeharjanto, film Ranah 3 Warna akan menampilkan kisah tentang persahabatan dan perjuangan meraih impian. 

Film Ranah 3 Warna berkisah tentang Alif Fikri (Arbani Yasiz), yang tamat bersekolah di Pondok Madani. Dia sekuat tenaga mewujudkan impiannya untuk sukses seperti BJ Habibie dan hijrah ke Amerika Serikat.

Di tengah perjalanannya meraih pendidikan, dia bertemu dengan Raisa (Amanda Rawles). Diam-diam, dia menaruh hati pada Raisa. Saat Alif sudah meniti karier di Amerika, justru Raisa menantangnya untuk langsung menikahinya. Namun, Randai (Teuku Rassya), sahabat Alif, hadir di tengah-tengah mereka.

Baca juga: Selain Maxime Bouttier, Ini 9 Aktor Indonesia yang Pernah Bermain Film Hollywood

Sebelum menonton filmnya di bioskop, yuk simak beberapa fakta menarik film Ranah 3 Warna seperti yang telah dirangkum Hypeabis.id.
 

1. Lanjutan film Negeri 5 Menara

Ranah 3 Warna merupakan novel kedua dari trilogi Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Sama seperti novelnya, film Ranah 3 Warna juga akan melanjutkan kisah dari film Negeri 5 Menara yang dirilis pada 2012 silam. Film Negeri 5 Menara pun terbilang sukses di pasaran dengan meraup sebanyak 762.206 penonton.
 

2. Syuting hingga ke Eropa

Cerita film Ranah 3 Warna akan melanjutkan kisah Alif yang baru selesai menamatkan sekolah pesantren di Pondok Madani. Dia pun melanjutkan studinya di Institut Teknologi Bandung untuk mewujudkan mimpinya menjadi sosok BJ. Habibie, hingga merantau ke Amerika Serikat.

Dengan kebutuhan cerita tersebut, pengambilan gambar film ini pun dilalkukan di beberapa kota di Indonesia seperti Karawang, Bandung, Maninjau hingga beberapa negara di benua Eropa. Proses syutingnya dilakukan pada September-Oktober 2019. 
 

Poster

Poster film Ranah 3 Warna (Sumber gambar: MNC Pictures)
 

3. Gunakan dialog bahasa Minang

Sebagai film yang berlatar di Sumatera Barat, sebagia dialog dalam film Ranah 3 Warna menggunakan bahasa Minang. Hal ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi para pemain, tak terkecuali Arbani Yasiz yang berperan sebagai Alif. Dia mengaku kesulitan dalam mempraktikkan bahasa Minang karena dirinya bukan berasal dari Sumatera Barat.
 

4. Sempat tertunda penayangannya

Awalnya, film Ranah 3 Warna direncanakan untuk tayang di bioskop pada 25 Juni 2020. Namun, penayangan itu harus tertunda karena pandemi Covid-19 seiring penutupan sementara bioskop. Setelah sempat tertunda selama 2 tahun, MNC Pictures pun mengumumkan bahwa film Ranah 3 Warna akan tayang pada 30 Juni 2022 di bioskop.

Baca juga: Yayan Ruhian Akan Adu Akting dengan Bill Skarsgård & Samara Weaving di Boy Kills World
 

5. Jadi film pembuka di Jakarta Film Week 2021

Sebelum resmi tayang di bioskop, Ranah 3 Warna lebih dulu ditayangkan secara perdana di Jakarta Film Week 2021 sebagai film pembuka pada 18 November 2021 lalu. Jakarta Film Week merupakan festival film bertaraf internasional yang digarap oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.
 


Editor: Dika Irawan 
SEBELUMNYA

Kram Usai Olahraga? Jangan Langsung Kompres Air Hangat

BERIKUTNYA

Nayeon TWICE Tunjukkan Sisi Baru Dirinya dalam Mini Album Im Nayeon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: