Model SUV baru itu akan diekspor (sumber gambar ilustrasi: unsplash/ Nicola Brasetti)

SUV Baru Hasil Perkawinan Toyota & Suzuki Segera Diproduksi

25 June 2022   |   14:37 WIB

Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Suzuki Motor Corporation (Suzuki) akan memulai produksi mobil model sport utility vehicle (SUV) baru yang dikembangkan oleh Suzuki di Toyota Kirloskar Motor Pvt. Ltd. (TKM) mulai Agustus 2022.

Dilansir dari laman Toyota Global, Presiden Suzuki Toshihiro Suzuki mengatakan produksi SUV baru yang dilakukan di TKM adalah proyek yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan di India melalui penyediaan kendaraan ramah lingkungan yang dibutuhkan oleh pelanggan.

“Kami menghargai dukungan dari Toyota, dan pada saat yang sama, akan mengeksplorasi sinergi dan peluang bisnis baru melalui kolaborasi berkelanjutan pada masa depan," katanya.

Baca juga: Simak Perjalanan 3 Generasi Suzuki Karimun di Indonesia

Sementara Presiden Toyota Akio Toyoda mengatakan sangat senang mengumumkan SUV baru kerja sama dengan Suzuki, sebuah perusahaan yang memiliki sejarah panjang keterlibatan lokal dalam bisnis otomotif di India.

Saat ini, ujarnya, industri otomotif menghadapi berbagai tantangan seperti elektrifikasi dan netralitas karbon. Perusahaan berharap dapat berkontribusi pada pengurangan emisi karbon dioksida atau CO2 dengan memanfaatkan kekuatan dari Toyota dan Suzuki.

Tidak hanya itu, lanjutnya, kerja sama ini juga diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang maju dan dapat bergerak dengan bebas.  

Maruti Suzuki India Limited dan TKM, dalam laman tersebut, disebutkan akan memasarkan model baru tersebut di India masing-masing sebagai model Suzuki dan Toyota. Selanjutnya, kedua perusahaan juga berencana untuk mengekspor model baru itu ke pasar di luar India termasuk Afrika.

Kemudian, powertrain model baru yang akan dilengkapi dengan mild hybrid yang dikembangkan oleh Suzuki dan strong hybrid yang dikembangkan oleh Toyota.

Dengan menyatukan kekuatan Toyota dan Suzuki melalui kolaborasi, kedua perusahaan akan dapat menyediakan berbagai macam teknologi elektrifikasi kendaraan kepada pelanggan dan berkontribusi terhadap percepatan elektrifikasi dan realisasi masyarakat netral karbon di India.  

Baca juga: Suzuki Baleno Gen1 Harganya Sudah Menarik

Toyota dan Suzuki disebut akan tetap berkomitmen untuk mencapai inisiatif kendaraan Make in India yang dipromosikan oleh pemerintah dan berkontribusi pada paertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, serta pada visi pencapaian emisi nol gas rumah kaca pada 2070.

Untuk diketahui, Toyota dan Suzuki menandatangani nota kesepahaman untuk menjalin aliansi bisnis pada 2017. Sejak itu, kedua perusahaan telah menyatukan kekuatan Toyota dalam teknologi elektrifikasi dengan kekuatan Suzuki dalam teknologi untuk kendaraan kompak. Hal ini mencakup kolaborasi dalam produksi dan dalam mempopulerkan kendaraan listrik secara luas.

Toyota dan Suzuki mempromosikan dan saling memasok kendaraan secara global, yang merupakan salah satu kolaborasi dalam kemitraan bisnis.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Yuk Cari Tahu Seputar Crypto Art, Karya Seni Digital yang Masih Trending!

BERIKUTNYA

7 Jurusan Kuliah Paling Diminati Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: