Ilustrasi photocard K-pop. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Laurensia Felise)

Hati-hati Scammer, Ini 5 Cara Membedakan Photocard K-pop Asli dan Palsu

25 June 2022   |   07:25 WIB

"Terus kalau kasusnya photocard benefit [sebagai bonus pre-order (pre-order benefit/POB) dan fansign], dilihat dari kualitas bahan dan print hasil photocard-nya. Kalaupun gambarnya enggak HD (high definition atau jernih) tapi asli, kualitas keseluruhannya akan berbeda," jelas Ars (24), penggemar dan kolektor photocard boy group ATEEZ dari Jerman.

Meski warna dan saturasi bisa menentukan keaslian, Jo yang juga merupakan penggemar dan kolektor photocard boy group ATEEZ menambahkan bahwa dua hal ini harus diklarifikasi dan diperiksa kembali kepada sesama penggemar. Alasannya adalah bisa saja warna ini disebabkan karena perbedaan pada versi cetakan album first press dan second press.
 

3. Ketebalan photocard

Ketebalan dari photocard asli umumnya cenderung tebal seperti kartu nama, bahkan beberapa di antaranya setebal kartu uang elektronik atau kartu identifikasi karyawan sebuah perusahaan. Meski ketebalan ini sulit diukur dengan kasat mata, umumnya photocard palsu memiliki bahan yang lebih tipis dibandingkan dengan photocard asli.
 

4. Detail printing 

 
@aeyoung04 How to know if a pc is official or fake #fyp #kpop #photocard #nct ♬ UN Village - BAEKHYUN

Photocard asli umumnya hadir dalam variasi detail printing, mulai dari yang paling dasar seperti finishing glossy dan doff. Lalu ada juga yang lebih kompleks seperti detail finishing hologram yang memberikan efek warna pelangi saat dipancarkan cahaya untuk beberapa jenis photocard. Biasanya, photocard asli memiliki kualitas finishing yang halus dan rapi.

Selain finishing photocard, satu detail yang paling bisa membedakan photocard asli dan palsu adalah adanya noise atau pola titik yang membentuk kotak untuk PC doff dan glossy. Biasanya, hal ini baru bisa dideteksi ketika foto dari photocard dilihat dengan kamera ponsel yang di-zoom.

Baca jugaSuka Berburu Produk yang Berkaitan dengan Idola? Ini Kata Psikolog
 

5. Tulisan pada photocard

Pembeda lain yang bisa menentukan keaslian photocard ada pada detail tulisan yang meliputi ukuran, warna, dan detail lain seperti kejernihan tanda tangan dan tata letak tulisan pada photocard. Biasanya, photocard asli akan memiliki font yang jernih dan tidak pecah sedangkan photocard palsu cenderung memiliki detail yang pecah serta warna dan ukuran yang berbeda dengan versi aslinya.


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Bullying di Tempat Kerja? Begini Cara Unilever Menghadapinya

BERIKUTNYA

2 Rekomendasi Laptop Premium Buat Para Content Creator

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: