BTS. (Sumber gambar: Twitter/@BTS_bighit)

Mantul, Proof Jadi Album Keenam BTS di Puncak Top 200 Albums Billboard

21 June 2022   |   08:21 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

BTS kembali mencetak rekor. Album kompilasi terbaru mereka, Proof, debut di nomor satu tangga lagu Top 200 Albums Billboard. Proof menjadi album keenam BTS yang berhasil bertengger di puncak peringkat mingguan album paling populer di Amerika Serikat itu.

Meskipun sebagian besar lagu dalam album Proof adalah karya-karya BTS yang telah dirilis sebelumnya, Proof berhasil mencapai penjualan album pada minggu pertama terbesar di AS dari album manapun oleh sebuah grup sejauh ini pada 2022.

Meski begitu, penjualan album Proof milik BTS masih menjadi terbesar kedua setelah minggu debut perilisan album Harry House milik Harry Styles.

Baca juga: Charlie Puth & Jungkook BTS Siap Merilis Single Left and Right pada 24 Juni

Menurut laporan analisis musik dari Luminate,  album Proof terjual sebanyak 314.000 kopi selama pekan pertama penjualannya sampai 16 Juni 2022. Total angka tersebut terdiri dari 266.000 kopi penjualan album fisik, 12.000 kopi track equivalent album (TEA) serta 36.000 streaming equivalent album (SEA) sebanyak 52,84 juta streaming audio sepanjang pekan pertama perilisannya.

Lebih dari 259.000 kopi penjualan album fisik yang dicapai oleh album Proof menjadi penjualan CD terbesar pada minggu pertama di Amerika Serikat menggantikan posisi Adele dengan album 30, yang terjual sebanyak 378.000 kopi pada tahun lalu.

Dengan pencapaian ini, Proof menjadi album keenam BTS yang berhasil bertengger di puncak tangga lagu Billboard, serta menjadi musisi pertama dari Korea Selatan yang pernah menduduki puncak tangga lagu dengan enam album berbeda.
 

Sebelum Proof, lima album BTS yang pernah menduduki puncak Top 200 Albums Billboard yakni Love Yourself: Tear pada Juni 2018, diikuti oleh Love Yourself: Answer, Map of the Soul: Persona, Map of the Soul: 7, dan BE.

Selain itu, Proof juga menambah daftar dari 15 album non bahasa Inggris yang berhasil menduduki puncak Billboard 200 dalam sejarah tangga lagu. Dari 15 album tersebut, enam diantaranya merupakan album-album dari BTS.

Adapun, album Proof sendiri telah menempati posisi nomor 1 di tangga lagu iTunes Top Albums di 65 wilayah dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Swedia, Polandia, Italia dan Belanda.

Proof merupakan album studio kompilasi yang menandakan comeback terbaru mereka pada tahun ini. BIGHIT Entertainment menggambarkan album ini sebagai album yang memasukkan sejarah dari BTS sejak awal hingga saat ini. Pada saat yang sama juga menjadi album perayaan ulang tahun debut ke-9.

Berbeda dengan album kompilasi lain, Proof akan hadir dengan tiga buah CD yang menunjukkan diskografi secara kronologis sejak pre-debut (melalui Born Singer) hingga saat ini. Lagu-lagu yang hadir juga merefleksikan ide dan pemikiran dari para anggota BTS di masa lalu, kini, dan kedepannya dari grup.
?grup.
??????
??????Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Bola Resmi Liga Champions Eropa Bakal Dilelang Mulai Rp266 Juta, Minat?

BERIKUTNYA

Cocok Buat Bekal Makan Siang! Yuk Coba Resep Crab Stick Sauce Singapore Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: