Bola resmi Liga Champions Eropa 2022 (Sumber gambar: adidas)

Bola Resmi Liga Champions Eropa Bakal Dilelang Mulai Rp266 Juta, Minat?

20 June 2022   |   22:28 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Merek fesyen olahraga adidas bekerja sama dengan lembaga pelelangan asal London, Graham Budd Auctions, akan menggelar pelelangan bola resmi Liga Champions Eropa 2022. Pelelangan bersejarah itu akan dilaksanakan pada 20 Juni 2022 tepat pada Hari Pengungsi Sedunia pukul 14.00 BST melalui situs resmi Graham Budd Auctions.

Terbuka bagi seluruh penawar di dunia, pelelangan bola resmi Liga Champions Eropa 2022 akan dibuka dengan penawaran sebesar  15.000 pounds atau sekitar Rp266 juta melalui laman berikut ini.

Halaman donasi juga akan disiapkan pada laman berikut ini untuk penonton dan penawar agar dapat mendukung inisiatif ini walaupun mereka tidak  berpartisipasi ataupun memenangkan lelang secara langsung.

Nantinya, semua hasil penjualan akan didonasikan beberapa organisasi sosial dunia seperti Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), UN Refugee Agency, yang berdedikasi untuk melindungi hak hidup, serta memberikan penghidupan yang lebih baik untuk pengungsi serta masyarakat yang dipindahkan secara paksa termasuk orang-orang yang tidak memiliki  kewarganegaraan.

“Kami bangga dapat ikut serta membuat aksi  nyata dengan pelelangan dari item ikonik dan bersejarah di dunia olahraga, dan kami harap dapat membantu membawa pengaruh untuk mereka yang terdampak dari konflik dan penganiayaan," ujar Urs Kluser dari UEFA Foundation for Children dalam keterangan tertulisnya yang diterima Hypeabis.id, Senin (20/6/2022).
 

G

Bola resmi Liga Champions Eropa 2022 (Sumber gambar: adidas)

Memanfaatkan sepakbola sebagai salah satu olahraga terbesar, kesempatan ini digunakan untuk menyatukan seluruh dunia dengan pesan perdamaian global. Bola yang bertuliskan ' mir | PEACE’ ini tidak tersedia untuk  dijual bebas dan hanya digunakan dalam pertandingan di Paris antara Liverpool dan Real Madrid pada 28 Mei 2022. 

Sebagai informasi, pernyataan dari UEFA ‘mir’ dalam bahasa Cyrillic, dituliskan pada bola dengan huruf tebal dan berada di atas kata ‘PEACE’ yang dalam bahasa Inggris keduanya diterjemahkan sebagai ‘damai’. Bola ini didesain untuk membawa pesan perdamaian, rasa memiliki, serta harapan yang disampaikan antar pemain yang bertanding di Stade de France ke seluruh penjuru dunia.

Adapun, desain bola yang lebih besar dibuat tanpa warna, serta menampilkan panel putih yang melambangkan gencatan senjata dan persatuan. Bola resmi diserahkan pada adidas untuk dilelang atas izin UEFA dan UEFA Foundation for Children.

"Sejak awal, rasa cinta pada olahraga ini telah menyatukan banyak orang dari seluruh dunia melalui satu objek sederhana, yaitu sepak bola. Kini, kami mencoba menggunakan persatuan ini sebagai aksi nyata untuk mendukung tujuan yang membutuhkan perhatian segera," kata Gonzalo Calvo selaku Direktur Global untuk Brand Communication, Communities, dan Culture adidas.

Dengan bola resmi dari Liga Champions Eropa yang tidak dijual bebas, lanjut Calvo, bola resmi ini merepresentasikan kesempatan langka untuk memiliki sebagian kecil dari sejarah, dan untuk membantu mereka yang membutuhkan bantuan di seluruh dunia.

Sementara itu, Liga Champions Eropa 2022 sendiri telah selesai dihelat di Stade de France, Paris, Prancis. Laga final yang berlangsung pada 28 Mei 2022 mencatatkan Real Madrid sebagai pemenang setelah mengalahkan Liverpool dengan skor 1-0.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Mirip Tapi Berbeda, Ini Bedanya Matcha dan Teh Hijau

BERIKUTNYA

Mantul, Proof Jadi Album Keenam BTS di Puncak Top 200 Albums Billboard

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: