Hidangan berbahan dasar rumput laut (sumber gambar : pexels)

Biar Sehat dengan Cara Enak, Yuk Kenali Manfaat Superfood Rumput Laut!

20 June 2022   |   20:36 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Rumput laut atau alga kini menjadi salah satu jenis makanan yang diminati oleh masyarakat. Beberapa jenis rumput laut bahkan di jadikan hidangan premium di Jepang seperti wakame dan kombu karena diyakini kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk vitalitas tubuh.

Meskipun demikian, beberapa jenis mikroalga, terutama dinoflagelata, memiliki kemampuan untuk menghasilkan senyawa racun (toksin) yang tidak baik untuk manusia dan hanya dipergunakan dalam kegiatan riset.

Baca juga: Nikmatnya Roti Panggang Rumput Laut yang Kaya Nutrisi Ini

Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Asep Bayu menjelaskan secara umum alga dibagi menjadi dua berdasarkan ukurannya yaitu alga makro yang bisa terlihat secara langsung dan biasa dikenal sebagai rumput laut, dan alga mikro yang berukuran kecil seperti cholerella dan spirulinna.

Meski ukurannya berbeda, tetapi kedua jenis alga superfood tersebut memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, baik dalam bentuk senyawa-senyawa primer seperti karbohidrat, protein, asam lemak tak jenuh serta senyawa minor seperti mineral dan pigmen.

Nah, untuk mengonsumsi alga ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Dikonsumsi Langsung

Untuk rumput laut jenis alga merah, alga cokelat, dan alga hijau sebetulnya dapat dikonsumsi langsung sebagai hidangan makanan segar seperti manisan dan lalapan. “Tentu saja hidangan segar memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan makanan olahan terutama yang diolah dengan cara pemanasan,” ujarnya.
 

2. Suplemen

Selain dikonsumsi langsung, rumput laut juga sering ditawarkan dalam bentuk suplemen. Begitu pula dengan mikroalga yang umumnya hadir di pasaran dalam bentuk suplemen, baik berupa serbuk sel mikroalga kering ataupun ekstrak senyawa yang dikandungnya.

“Karena ukuran sel mikroalga yang kecil sehingga perlu dilakukan proses pemisahan sel-sel mikroalga dari media pertumbuhannya dan dikeringkan dalam bentuk serbuk. Tentu saja dengan good manufacturing process yang ada di industri. Proses-proses tersebut dapat mempertahankan kandungan nutrisi yang ada pada alga,” jelasnya.
 

3. Makanan Olahan

Alga atau rumput laut saat ini juga banyak dikembangkan untuk industri pangan fungsional (functional foods) sehingga menghasilkan berbagai makanan olahan berbahan baku rumput laut, salah satunya adalah snack atau keripik.

Baca juga: Begini Resep Nasi Kepal Rumput Laut Khas Korea

Mengonsumsi mikroalga selain untuk mendapatkan nutrisi asam lemak PUFA yang baik untuk perkembangan dan peremajaan sel, juga untuk mendapatkan nutrisi vitamin, mineral dan senyawa pigmen serta fenoliknya yang bermanfaat sebagai antioksidan alami dalam mencegah beberapa penyakit degeneratif.

Alga superfood dapat dikonsumsi oleh beragam kalangan karena potensi kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk system pencernaan (tinggi serat alami larut air), peremajaan/peningkatan usia sel (protein tinggi), dan peningkatan imunitas (antioksidan dan asam lemak PUFA tinggi).

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Yuk Intip Desain Bus yang Disulap Jadi Rumah Mewah

BERIKUTNYA

Desain Kursi Unik Futuristik Terinspirasi dari Game

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: