Ilustrasi makanan yang menggunakan tambahan rumput laut- Ponyo Sakana (Dok. Pexels)

7 Manfaat Mengonsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh

08 August 2021   |   09:29 WIB

Bagi kamu yang menyukai makanan seperti sushi atau onigiri, sudah pasti tidak asing lagi dengan rumput laut alias seaweed. Sesuai dengan namanya, tanaman satu ini banyak dibudidaya di laut khususnya perairan yang tenang. Hasil budidaya rumput laut banyak dijadikan bahan dasar makanan karen nutrisinya yang cukup tinggi.

Rumput laut atau seaweed merupakan kelompok alga yang terdiri dari beberapa jenis seperti alga cokelat, merah, dan hijau. Makanan laut satu ini biasanya sering dikonsumsi di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea dan China. 

Tak hanya sekadar enak, rumput laut juga kaya akan kandungan gizi seperti serat, mineral, dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Melansir dari Healthline, simak beberapa manfaat atau khasiat rumput laut bagi kesehatan tubuh berikut ini.

1. Membantu kesehatan fungsi tiroid
Rumput laut mengandung yodium yang bisa membantu kelenjar tiroid melepaskan hormon untuk membantu mengontrol pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak dalam tubuh. Kandungan yodium dari rumput laut sangat bervariasi tergantung pada jenisnya, di mana dan bagaimana itu diproses. Tak hanya itu, rumput laut juga mengandung asam amino yang disebut tirosin--digunakan bersama yodium--untuk membuat dua hormon utama yang membantu kelenjar tiroid melakukan tugasnya dengan sempurna.

2. Sumber vitamin dan mineral yang baik
Bukan hanya menambah rasa dan tekstur pada makanan, mengonsumsi rumput laut juga bisa meningkatkan asupan vitamin dan mineral. Pasalnya, dalam satu sendok makan rumput laut (7 gram) terdapat beberapa nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin A, C, E, dan K, folat, seng, natrium, kalsium, hingga magnesium. Selain itu, protein yang ada di beberapa rumput laut seperti spirulina dan chlorella juga mengandung semua asam amino yang esensial.

3. Mengandung berbagai antioksidan pelindung
Selain mengandung vitamin antioksidan A,C, dan E, rumput laut juga menawarkan berbagai macam senyawa tanaman yang bermanfaat termasuk flavonoid dan karotenoid yang telah terbukti melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Banyak penelitian telah difokuskan pada satu karotenoid tertentu yaitu fucoxanthin yang terbukti melindungi membran sel lebih baik daripada vitamin A. Meskipun begitu, rumput laut tetap mengandung berbagai macam senyawa tanaman yang memiliki efek sebagai antioksidan yang kuat.
 

Ilustrasi rumput laut kering- Patrick Perkins (Dok. Unsplash)

Ilustrasi rumput laut kering- Patrick Perkins (Dok. Unsplash)


4. Menjaga kesehatan usus
Rumput laut juga adalah sumber serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Lebih tinggi dari  kebanyakan buah dan sayuran, rumput laut bisa memiliki 25-75 persen kandungan serat yang dapat menahan pencernaan dan digunakan sebagai sumber makanan bagi bakteri di usus besar. Selain itu, kandungan gula tertentu pada rumput laut yang disebut polisakarida sulfat juga telah terbukti meningkatkan pertumbuhan bakteri usus baik.

 
1
2


SEBELUMNYA

Pengembang Game Lokal Lokapala Gaet Penyanyi Jinan Laetitia Rilis Skin Anyar

BERIKUTNYA

Meghan Markle Rayakan Ultah dengan Mentoring Perempuan agar Kembali Bekerja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: