Laverbread, panganan lokal Wales, Inggris. (Sumbe gambar : Welsh Food and Drink)

Ini Resep Laverbread, Roti Panggang Rumput Laut yang Kaya Nutrisi

14 April 2022   |   11:39 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Roti panggang telah populer sebagai kudapan praktis dan favorit untuk sarapan di pagi hari. Buat Genhype yang ingin praktis, tentu cukup sedia roti lalu memanggangnya menggunakan panggangan khusus ataupun di atas teflon. Biasanya, saat mengonsumsi, roti ini diberi beberapa topping seperti selai.

Roti ini bisa dilamuri selai kacang, selai buah, selai cokelat, daging panggang, atau telur beserta sayuran untuk membuat rasanya lebih lezat dan menggugah selera.

Namun, uniknya, tepatnya di Wales, Inggris, roti panggang biasa diberi topping rumput laut segar yang telah direbus selama beberapa jam, yang dihaluskan dengan ditumbuk atau dicincang. Rumput laut yang menjadi pasta itu disebut sebagai laver. 

Meskipun sepintas tampilannya mungkin kurang menarik, lantaran warnanya yang hitam, berlendir, dan berbau asin khas laut, tetapi, tahukah kamu bahwa laverbread ini tinggi kandungan protein, iodin, vitamin A, B, B2, C, dan D. 

Baca jugaEnak & Sehat, Yuk Coba 3 Resep Roti Bebas Gluten Ini!

Tidak diketahui secara pasti sejak kapan kuliner lokal itu tercipta. Namun, seorang penulis abad ke-16 William Camden sempat menggambarkan dalam tulisannya bahwa petani di Inggris mengumpulkan Ihaven alias mentega hitam. 

Seperti dikutip dari The National Wales, laverbread ditemukan terutama di pantai barat Inggris dan pantai Irlandia. Roti ini ditetapkan dan diperingati sebagai hidangan tradisional Wales setiap 14 April.

Nah, buat kalian yang ingin menikmati laverbread yang penuh dengan nutrisi ini, bisa kok untuk mencoba membuatnya di rumah. Berikut cara membuatnya:


Resep Laverbread


Bahan

  • 600g rumput laut segar
  • 3 sendok makan minyak zaitun
  • 1-2 sendok teh jus lemon segar
  • garam dan merica, secukupnya
  • 4 potong roti
  • mentega, secukupnya
 


Cara Membuat

1. Cuci dan bilas rumput laut dengan air bersih beberapa kali. Di atas api kecil, atau dalam slow cooker, rebus rumput laut selama 6 jam sampai berubah menjadi bubur atau pasta yang gelap.

2. Campurkan laver dengan minyak zaitun, jus lemon, dan bumbu. 

3. Panggang roti lalu olesi roti dengan mentega sesuai dengan selera. Sendokkan laver ke atas roti panggang panas dan sajikan segera. Selamat mencoba.


 
Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Kiat Memanfaatkan Google Play Store Lebih Optimal

BERIKUTNYA

Diperingati Setiap 14 April, Kenali Penyakit Chagas yang Sebabkan Kematian Mendadak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: