Menggunakan makeup atau riasan wajah tentu sudah menjadi rutinitas banyak orang untuk melengkapi penampilannya (Sumber gambar: Tamara Bellis/Unsplash)

5 Bahan Kandungan Makeup yang Wajib Dihindari untuk Kulit Kering

07 June 2022   |   09:12 WIB

Menggunakan makeup atau riasan wajah  tentu sudah menjadi rutinitas banyak orang untuk melengkapi penampilannya. Namun, tanpa disadari, beberapa kandungan dalam makeup sebenarnya tidak cocok untuk jenis kulit kalian. Misalnya untuk tipe kulit kering, harus menghindari beberapa bahan kandungan makeup untuk menjaga kulit tetap sehat.

Penting untuk mengetahui formula apa yang cocok untuk jenis kulit kering. Kamu dapat melakukannya dengan cara mengenali bahan-bahan yang direkomendasikan untuk jenis kulit kering. Para dokter kulit cenderung akan merekomendasikan bahan-bahan yang menghidrasi untuk kulit kering.

Tentu saja, untuk setiap bahan kandungan makeup yang baik, ada juga yang merugikan untuk kulit kering. Melansir dari Byrdie, Selasa (7/6/2022), berikut adalah 5 bahan kandungan makeup yang harus dihindari untuk kulit kering menurut dokter kulit.

Baca jugaYuk Ikuti Trik Ini agar Makeup Tahan Seharian


1. Alkohol

Menurut Rhonda Klein, seorang dokter kulit di Modern Dermatology, kandungan alkohol dalam bentuk apapun berpotensi untuk mengeringkan kulit. Walau ada beberapa kandungan alkohol yang cukup bermanfaat, termasuk alkohol dalam kadar rendah bisa membantu memberikan efek matte dan membuat tekstur produk lebih lightweight.

Namun bagi kalian pemilik kulit kering, sebaiknya hindari kandungan alkohol secara keseluruhan karena bisa memicu berbagai masalah kulit seperti eksim, rosacea, dan psoriasis.

Baca juga5 Tools Makeup Ini Wajib Dimiliki Pemula


2. Fragrance (wewangian)

Wewangian sintetis maupun alami sering ditambahkan ke dalam produk makeup supaya harum. Padahal, wewangian bisa merusak kulit yang cenderung sensitif atau kering karena kulit meresponnya sebagai iritasi. Dokter Klein menyarankan untuk menghindari produk yang memiliki wewangian dalam bentuk apapun untuk kulit kering.

“Wewangian adalah iritasi kulit yang umum dan dapat mengiritasi kulit kering dan memicu timbulnya eksim,” kata Dokter Klein.
 

Raphael Lovaski

Hindari bahan kandungan wewangian dalam makeup untuk kulit kering (Sumber gambar: Raphael Lovaski/Unsplash)

3. Paraben

Paraben merupakan kandungan bahan pengawet dan sintetis yang ditambahkan dalam produk makeup untuk memperpanjang umur penyimpanan produk tersebut. Adarsh Vijay Mudgil, pendiri Mudgil Dermatology menjelaskan bahwa paraben merupakan salah satu jenis kandungan yang rentan bagi kulit kering karena mudah mengakibatkan iritasi serta alergi.

Kandungan ini juga dinilai berbahaya sehingga saat ini paraben sudah dilarang digunakan di negara-negara Uni-Eropa.


4. Glycolic Acid (asam glikolat)

Glycolic acid atau asam glikolat juga sebaiknya dihindari untuk tipe kulit kering. Kandungan ini berupa exfoliant kimia yang umumnya digunakan untuk mengurangi dan membersihkan komedo serta pori-pori tersumbat.

Meskipun asam glikolat penting untuk menjaga sel-sel kulit mati, jika kalian memiliki kulit kering, kalian tidak memerlukannya dalam bahan kandungan makeup.


5. Salicylic Acid (asam salisilat)

Bahan ini umumnya ditemukan dalam produk perawatan kulit untuk kulit berminyak dan berjerawat. Kandungan asam ini digunakan untuk mengurangi masalah minyak pada kedua jenis kulit tersebut.

Untuk pemilik kulit kering, sebaiknya hindari penggunaan makeup yang mengandung bahan asam salisilat karena bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering. 


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Resep Popcorn Chicken, Menu Praktis untuk Lauk Makan di Rumah

BERIKUTNYA

Logitech G Boyong Headset Gaming Nirkabel Terbaru, Intip Spek & Harganya 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: