Punya Usaha Makanan? Ini 4 Strategi Promosi Jitu untuk Bisnis Laris Manis
15 June 2022 |
07:00 WIB
Dalam mengelola bisnis makanan, memiliki produk dengan kualitas bagus saja tidak menjamin suatu usaha bisa meraih kesuksesan. Banyak faktor yang menjadikan bisnis tersebut laku di pasaran, salah satunya yakni tergantung dari strategi promosi yang digunakan.
Promosi adalah kunci kesuksesan dalam suatu usaha. Ketika promosi yang dijalankan sudah tepat, biasanya pelanggan akan setia untuk terus membeli produk yang ditawarkan. Agar bisnis makanan kalian cuan, berikut adalah empat strategi promosi yang bisa dicoba menurut Go Biz.
(Baca juga: Kenali 4 Aspek Penting dalam Digital Marketing Agar Konsumen Mau Membeli Produk Kalian)
1. Ajak teman/keluarga untuk promosi
Cara yang pertama dan paling mudah, kalian bisa mengajak teman atau keluarga untuk ikut mempromosikan bisnis dengan mengunggah foto produk di media sosial. Metode ini bisa menjadi alternatif promosi yang tidak membutuhkan banyak biaya.Kalian dapat mengirimkan materi konten untuk diunggah melalui media sosial mereka. Sebagai alternatif, kalian juga bisa memuat berbagai testimoni dari mereka yang telah mencoba produk yang dijual melalui akun media sosial kalian. Meskipun terlihat sederhana, cara ini sebenarnya bisa membuat banyak orang penasaran karena telah mendengar langsung testimoni dari orang yang mereka kenal.
Promosi bisnis makanan bisa lewat medi sosial (Sumber gambar: Helena Lopes/Pexels)
2. Menggunakan jasa KOL
Key Opinion Leader merupakan orang-orang yang memiliki platform di media sosial dengan jumlah pengikut yang cukup banyak. Kalian bisa menggunakan jasa KOL untuk mengulas produk yang dijual.Selain itu, kalian pun bisa berkolaborasi dengan KOL untuk turut mempromosikan campaign resto yang sedang dijalankan. Meskipun membutuhkan biaya yang tidak murah, cara ini bisa berdampak besar pada penjualan bisnis kalian. Oleh karena itu, penting untuk memilih profil KOL yang tepat sesuai dengan target bisnis kalian.
3. Promosi di akun khusus Food & Beverages
Kini, banyak akun media sosial yang menyediakan promosi khusus produk makanan dan minuman. Hal ini bisa menjadi salah satu cara promosi yang menguntungkan, karena biasanya akun tersebut sudah memiliki pengikut yang merupakan konsumen penyuka makanan dan minuman. Oleh karena itu, promosi yang kalian lakukan bisa memiliki peluang yang lebih tinggi untuk menjaring banyak calon pembeli.
4. Pasang iklan di media sosial
Berbagai media sosial kini sudah memiliki fitur untuk memasang iklan. Kalian bisa memanfaatkan fitur iklan tersebut untuk menjaring lebih banyak calon pembeli. Pastikan bahwa pengaturan iklan yang kalian gunakan sudah sesuai dengan karakteristik dan sasaran pelanggan bisnis kalian ya. Dengan begitu, produk yang dijual pun bisa lebih disadari oleh banyak calon pembeli. Editor: Nirmala Aninda
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.