Ilustrasi orang tua (Sumber gambar: Unsplash/Philippe Leone)

Kenali Sindrom Menopause, Gejala & Cara Mengatasinya

14 June 2022   |   16:27 WIB

Gaya Hidup

Satu hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan gaya hidup dan asupan makanan. Hal-hal kecil seperti berkebun, bertamasya, memasak sajian favorit keluarga, yoga, mengikuti kegiatan organisasi, keagamaan, dan bersosial akan membantu meredakan stres menopause.

Sebuah penelitian yang dihelat oleh Physical Fitness Research Institute, Meiji Yasuda Life Foundation of Health and Welfare di Tokyo mengungkapkan, melakukan peregangan (stretching) setidaknya 10 menit/hari bisa meredakan gejala depresi saat menopause.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 40 perempuan paruh baya usia 40 tahun—61 tahun. Dua puluh di antara perempuan tersebut ditugaskan untuk melakukan peregangan selama 10 menit per hari sebelum tidur selama tiga pekan.

Sisanya ditugaskan untuk diam saja sebelum tidur. Untuk diketahui, dua pertiga dari partisipan peneiltian tersebut mengaku mengalami gejala depresi menopause. Sebagian besar dari mereka mengaku cenderung tidak aktif secara fisik selama hidupnya.
 

Manfaat Peregangan

Dari percobaan itu didapatkan hasil bahwa para perempuan yang melakukan peregangan selama 10 menit setiap sebelum tidur membuahkan kemajuan dalam mengatasi gejala depresi dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Perempuan yang kurang gerak cenderung bermasalah dengan kesehatan fisik dan mental, serta mengalami hot flashes. Sebaliknya, gaya hidup aktif terbukti bisa mengurangi dampak hot flashes, meningkatkan mood, dan mencegah risiko penurunan kemampuan kognitif.

Mulai sekarang, lanjutnya, biasakanlah berjalan kaki santai setidaknya 30 menit per hari dan peregangan selama 10 menit untuk meningkatkan kesehatan ragawi, memperbaiki kualitas tidur, serta menanggulangi efek negatif dari sindrom menopause.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Yuk Icip Menu Legendaris Khas Kerajaan Bali

BERIKUTNYA

Selain Al Mumtadz, Ini 10 Masjid Rancangan Ridwan Kamil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: