Menu Begibung Bali Timbungan (dok. Dewi Andriani)

Yuk Icip Menu Legendaris Khas Kerajaan Bali

14 June 2022   |   16:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tentu sudah tidak asing dengan menu Bebek Betutu khas Bali, tetapi ada satu menu khas Bali lainnya yang saat ini masih cukup langka dan belum banyak diketahui masyarakat secara luas, yaitu Bebek Timbungan. Padahal menu ini merupakan salah satu hidangan tertua dan legendaris dari Bali menurut naskah kuno Dharma Caruban.

Bebek Timbungan juga menjadi salah satu hidangan favorit kerjaan Pulau Dewata. Kunci kenikmatan bebek timbungan terletak pada teknik memasak lambat (slow cook) dengan menggunakan bambu dan asap dari api kecil.

Slow cook menanamkan rasa secara bertahap, menjadikan makanan matang merata dari waktu ke waktu sambil mempertahankan saripati dan kelembapan bahan makanan. Hasil akhirnya adalah kesempurnaan cita rasa bumbu Bali, tekstur daging yang lembut, dan tampilan hidangan yang unik. 

Baca juga: Ayam Sampyok, Masakan Khas Betawi yang Sedap & Nikmat

Salah satu restoran yang menyajikan menu khas Bebek Timbungan adalah Bali Timbungan, restoran khas Bali yang semula bernama Bebek Timbungan The Luwus atau Bebek Timbungan Heritage Cuisine.

Billy Hartono Salim, owner Bali Timbungan sekaligus Secret Garden Village Group mengatakan dalam menyajikan menu Bebek Timbungan, pihaknya mempertahankan resep kuno dan metode slow cook yang sudah diterapkan di dapur kerajaan di Bali sejak berabad-abad silam. 

"Salah satunya dengan mempertahankan penggunaan bumbu khas Bali basa genep yang terdiri dari 15 macam bahan dan proses pemasakan yang panjang," ujarnya saat grand opening Bali Timbungan di Sarinah, Selasa (14/6/2022).

Mulanya hidangan ini tersaji di restoran cabang Bedugul dengan nama Bebek Timbungan The Luwus atau Bebek Timbungan Heritage Cuisine.
Selain itu, terdapat juga menu Balinese Heritage Cuisine lain yang bisa dinikmati, salah satunya adalah Ayam Betutu Gilimanuk yang dihidangkan dengan plecing kangkung dan sambal matah. 

Baca juga: 5 Masakan Indonesia Cocok Untuk Diet

Tak hanya menghadirkan menu otentik, Bali Timbungan juga berupaya melestarikan tradisi megibung, yaitu tradisi makan bersama dalam satu wadah dan duduk dalam posisi melingkar yang penuh dengan nilai kebersamaan.

Menu Megibung disajikan dalam satu wadah Dulang Bali beralas  daun pisang. Suguhan terdiri dari aneka ragam masakan khas Pulau Dewata yaitu Bebek Timbungan, Ayam Suwir Klungkung, Sate Lilit Ikan Karangasem, Sate Bawah Pohon Jambu, Kerang Bumbu Kedonganan, Sudang Lepet Singaraja, Cumi Goreng, Udang Goreng, Urab Paku, Sup Sari Segara, hingga Bakwan Jagung.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mengenal Fibrilasi Atrium, si Penyebab Stroke

BERIKUTNYA

Kenali Sindrom Menopause, Gejala & Cara Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: