Ilustrasi medis (Sumber gambar - Unsplash - Online Marketing)

Mengenal Fibrilasi Atrium, si Penyebab Stroke

14 June 2022   |   16:09 WIB

Penggumpalan

Darah di jantung khususnya pada serambi kiri mengalami stasis atau berputar-putar dan melambat sehingga menyebabkan terjadinya penggumpalan. Jika gumpalan darah keluar dari jantung dan sampai pada pembuluh otak akan menyebabkan terjadinya stroke. Apabila gumpalan darah yang terjadi cukup besar, maka dapat mengakibatkan kecacatan yang parah.
 

Jenis Stroke

Ketua 1 Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdossi) Salim Haris mengatakan, terdapat dua jenis stroke yaitu stroke berdarah dan stroke sumbatan dengan faktor risiko usia, jenis kelamin, darah tinggi, diabetes serta FA.

Stroke yang disebabkan oleh FA, jelasnya, memiliki kaitan antara kardiologi dan neurologi. Kardiologi lebih berfokus pada FA secara patogenesis (faktor risiko atau risiko yang ditimbulkan FA) yaitu mengobati FA serta melakukan pencegahan sebelum stroke yang disebut primer prevention.

Namun, jika pasien FA sudah terserang stroke, maka bidang neurologi yang menangani pasien tersebut akan melakukan secondary prevention yaitu mencegah kekambuhan stroke sumbatan serta mencegah risiko stroke berdarah .

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Kelahiran Prematur Berisiko Bisa Ganggu Kejiwaan Ortu, Kok Bisa

BERIKUTNYA

Yuk Icip Menu Legendaris Khas Kerajaan Bali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: