Ilustrasi TikTok (dok: Unsplash/Alexander Shatov)

Wow, TikTok Makin Banyak Diadaptasi dalam Smart TV

24 November 2021   |   08:53 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Seakan tak mau kalah dengan YouTube, kini TikTok membuat aplikasinya bisa diakses di lebih banyak televisi pintar atau smart TV. Tentu saja upaya tersebut membuat para pengguna lebih mudah menemukan video- video pendek yang menarik buatan para kreator konten dari berbagai belahan dunia.

Melansir Variety pada Rabu (24/11/2021), pplikasi yang diklaim telah memiliki 1 miliar pengguna bulanan itu meluncurkan TikTok TV di Google TV, LG Smart TV, dan Samsung Smart TV di kawasan Amerika Utara. Adapun, tiga pekan sebelumnya TikTok bahkan telah masuk ke platform Fire TV Amazon di Amerika Serikat dan juga Kanada.

Langkah tersebut menekankan posisi TikTok sebagai platform utama bukan hanya media sosial tapi juga sebagai pusat hiburan. Kehadiran TikTok TV terlihat ingin mengikuti jejak YouTube yang juga tersedia di TV, maka dari itu di 2022 TikTok menyiapkan durasi maksimum video menjadi 3 menit.

Hal tersebut diharapkan bisa mendorong para kreator konten untuk mengunggah video yang lebih panjang sehingga tontonan yang tersedia bisa disaksikan lebih lama.

Di tengah kontroversinya di beberapa pasar terkait upaya pengawasan terhadap platform, popularitas TikTok terus melonjak, terutama selama pandemi. Bahkan, beberapa perusahaan teknologi raksasa berupaya menghadirkan layanan serupa dengan versinya masing-masing. 

Ini termasuk platform Instagram yang belum lama ini resmi meluncurkan layanan Reels. Begitu juga dengan YouTube yang memulai debut layanan serupa bernama YouTube Shorts. Ada juga Snapchat dengan fitur Spotlight.

Kendati begitu, TikTok terus berkembang menjadi platform hiburan yang digunakan oleh banyak pengguna di dunia. Bahkan, laporan dari firma riset App Annie menyatakan bahwa orang lebih banyak menghabiskan waktunya di TikTok ketimbang YouTube dalam periode sebulan.

Per Juni 2021, pengguna di Amerika Serikat menghabiskan waktu sekitar 24 jam dalam sebulan untuk menonton konten TikTok, lebih banyak ketimbang konten di YouTube dengan total waktu 22 jam 40 menit.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Jangan Mendengarkan Musik saat Bersepeda Motor, Ini Risikonya!

BERIKUTNYA

Bahaya Nyeri Panggul, Ini Deretan Penyebabnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: