Remote tv (Sumber gambar: Unsplash/Piotr Cichosz)

4 Rekomendasi Aplikasi Remote TV Terbaik 2022, Cocok Buat Kalian yang Sering Kehilangan Remote Teve

02 April 2022   |   22:10 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Televisi masih menjadi perangkat yang banyak digunakan oleh masyarakat. Terlebih dengan adanya teknologi teve pintar (smart tv) yang memungkinkan penggunanya menyaksikan siaran digital dan layanan berbasis internet lain. 

Salah satu perangkat yang biasanya disertakan dalam paket pembelian teve adalah remot. Alat yang digunakan untuk mengontrol atau mengendalikan interaksi dengan teve, termasuk mengganti saluran, menaik-turunkan volume, dan lain sebagainya. 

Akan tetapi, tidak jarang hilang dan sulit ditemukan atau bahkan rusak karena berbagai alasan. Dalam situasi tersebut, kalian tidak perlu panik karena saat ini sudah banyak aplikasi ponsel yang memungkinkan kalian mengoperasikan teve tanpa remot. Berikut beberapa di antaranya : 
 

1. Android TV Remote Control 

Android TV Remote Control merupakan aplikasi perangkat seluler pengontrol teve yang dikembangkan langsung oleh Google. Ini dapat dipakai secara khusus untuk perangkat Android TV, yang belakangan juga cukup populer. 

Menariknya, selain bisa dipakai secara normal seperti pada remot konvensional, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol Android TV memakai fitur suara sehingga memberikan lebih banyak kemudahan.
 

2. Universal TV Remote Control 

Aplikasi ini merupakan salah satu perangkat lunak pengontrol televisi paling populer. Pasanya, seperti namanya, aplikasi memungkinkan substitusi remot televisi untuk berbagai televisi, baik TV pintar, LED TV, maupun TV LCD biasa. 

Cara memakai aplikasi ini juga cukup mudah. Pengguna cuma perlu memilih opsi Smart TV Remotes untuk mengendalikan televisi pintar atau opsi IR TV Remotes untuk mengoperasikan televisi biasa atau konvensional. 


3. UniMote 

Aplikasi yang dikembangkan oleh Sensus Tech LCC ini terbilang populer untuk dipakai sebagai perangkat lunak pengontrol televisi. Bagi para pengguna smart TV, kalian bisa memakainya langsung menggunakan sambungan internet Wi-Fi. 

Sementara itu, bagi kalian yang masih menggunakan TV konvensional atau TV tabung, kalian memerlukan ponsel pintar yang telah dilengkapi dengan fitur Infra Red Blaster, supaya bisa mengontrol interaksi teve menggunakan perangkat lunak ini. 
 

4. Mi Remote 

Para pengguna ponsel Xiaomi pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Ya, Mi Remote dikembangkan oleh vendor tersebut, yang memungkinkannya untuk mengontrol hampir semua jenis teve. Ini juga bisa dijadikan remot untuk perangkat lain seperti AC, kipas angin, proyektor, dan lain-lain. 

Kendati merupakan perangkat lunak buatan Xiaomi, aplikasi ini sejatinya bisa diunduh oleh semua jenis ponsel berbasis Android. Sebagai pengecualian, ini tidak tersedia untuk mereka para pengguna iOS atau Apple. 

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Catat! Ada 7 Game Epik yang Rilis pada April 2022 

BERIKUTNYA

Ini Negara dengan Jam Puasa Terpendek & Terpanjang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: